Sukses

Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

Memiliki rasa yang manis, buah srikaya ternyata memiliki manfaat selama kehamilan. Apa saja manfaat buah srikaya untuk ibu hamil? Simak di sini.

Srikaya, atau dalam nama Latin disebut Annona squamosa, dikenal dengan banyak nama. Ada yang menyebutnya custard apple, sweet apple, sugar apple, atau sweetsop

Buah ini berbentuk nyaris bulat dengan permukaan kulit kasar bergelombang. Daging buah srikaya lembut dan manis sehingga sering dimakan langsung tanpa diolah terlebih dahulu. 

Tidak hanya enak, buah yang kerap dijadikan selai ini juga punya kandungan nutrisi yang tinggi.

Buah tropis ini antara lain mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1 dan B6, folat, kalsium, magnesium, serta tembaga. Melihat kandungan gizi srikaya tersebut, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berikut beberapa potensi manfaat srikaya untuk ibu hamil:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, salah satu manfaat buah srikaya untuk ibu hamil adalah dapat membantu menjaga daya tahan tubuh selama kehamilan. Ibu bisa lebih terhindar dari penyakit dan risiko kehamilan lainnya.  

Artikel Lainnya: Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu hamil

“Buah srikaya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil karena kaya akan vitamin C dan tinggi antioksidan,” ucap dr. Devia.

Kekurangan vitamin C dikaitkan dengan gangguan kekebalan dan peningkatan risiko infeksi. 

Konsumsi buah srikaya dan makanan lain yang kaya vitamin C adalah cara mudah untuk memastikan kesehatan dan kekebalan tubuh yang memadai selama kehamilan.

1 dari 4 halaman

2. Mencegah Sembelit

Melansir Healthline, satu cangkir srikaya seberat 160 gram menawarkan hampir 5 gram serat makanan

Asupan tinggi serat dapat melembutkan feses sehingga dapat memudahkan untuk proses buang air besar.

“(Makan srikaya juga) mencegah masalah pencernaan seperti sembelit, karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu, serat juga berperan sebagai makanan bagi bakteri baik di saluran pencernaan,” ucap dr. Devia.

3. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Dijelaskan oleh dr. Devia, srikaya memiliki kandungan nutrisi yang baik dalam mendukung tumbuh kembang janin. 

Srikaya mengandung semua vitamin esensial, termasuk vitamin A dan C. Dua vitamin ini penting selama mengandung.

Vitamin A berperan penting untuk perkembangan penglihatan, sementara vitamin C membantu ibu memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

2 dari 4 halaman

4. Mengurangi Morning Sickness

Selama kehamilan, umumnya ibu sering merasa mual dan muntah pada awal kehamilan, atau disebut morning sickness.

Mual dan muntah selama kehamilan bisa diatasi dengan konsumsi buah srikaya. Kandungan vitamin B6 di dalamnya dapat mengurangi sensasi mual dan muntah selama kehamilan.

5. Membantu Pertumbuhan Saraf dan Otak Janin

Khasiat buah srikaya untuk ibu hamil juga termasuk mendukung perkembangan otak dan saraf janin. 

Disampaikan dr. Devia, kandungan vitamin B6 pada buah srikaya bisa membantu pertumbuhan saraf dan otak janin dalam kandungan.

6. Pencegahan Persalinan Dini

Mineral tembaga sangat penting bagi ibu hamil, yang membutuhkan dosis kurang lebih 100 mg mineral. Kekurangan mineral pada ibu hamil sering dikaitkan dengan kelahiran prematur.

Nah, kabar baiknya, buah srikaya punya kandungan mineral tembaga. Artinya, mengonsumsi buah srikaya selama kehamilan dapat mengurangi kemungkinan kelahiran prematur dan menekan risiko keguguran.

Artikel Lainnya: Manfaat Aprikot untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

3 dari 4 halaman

7. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Dikutip dari Firstcry Parenting, tekanan darah cenderung berfluktuasi selama kehamilan. 

Mengonsumsi srikaya yang kaya akan nutrisi, seperti kalium dan magnesium, dapat membantu mengatur tekanan darah pada ibu hamil.

Kalium dan magnesium meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang pada gilirannya membantu menurunkan tekanan darah. 

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, dan juga dapat membahayakan janin dalam kandungan ibu.

Itu dia sejumlah manfaat buah srikaya untuk ibu hamil. Sebelum mengonsumsinya, pastikan ibu tidak memiliki alergi pada buah srikaya. Cobalah mengonsumsi dengan takaran kecil terlebih dahulu, lalu lihat reaksi yang terjadi.

Jika selama satu minggu setelah konsumsi tidak ada tanda-tanda alergi, itu artinya ibu aman mengonsumsi buah srikaya. Pastikan selalu kontrol kehamilan ke dokter kandungan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Konsultasi dengan dokter kandungan bisa ibu lakukan dengan lebih mudah melalui layanan LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar