Covid-19

Daftar Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19

dr. Arina Heidyana, 29 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mau tahu apa saja makanan sehat setelah vaksin COVID-19 yang bisa ikut memberikan perlindungan optimal? Yuk, simak di sini!

Daftar Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19

Tak hanya soal efek samping yang perlu diatasi, beberapa makanan setelah vaksin COVID-19 perlu diperhatikan. Ada sejumlah makanan yang memang terbukti membantu membangun antibodi dan imunitas tubuh.

Sebenarnya memang tidak ada pola makan khusus setelah vaksin. Namun, beberapa jenis makanan setelah vaksin COVID dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh sesudah disuntik.

Inilah daftar makanan sesudah vaksin virus corona yang sebaiknya dikonsumsi:

1. Aneka Buah dan Sayur

Makanan setelah vaksin COVID yang dianjurkan tentunya adalah buah dan sayur. Buah dan sayuran kaya nutrisi sehingga dapat memperkuat sistem imunitas dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.

Asupan yang satu ini kaya vitamin C dan mampu membantu produktivitas sel darah putih. Aneka sitrus bahkan paprika bisa kamu makan setelah divaksinasi.

Lalu, sayuran hijau mengandung banyak antioksidan. Kandungan ini akan melindungi diri dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

Jika tak ditangkal, maka radikal bebas akan merusak DNA dan protein di dalam sel, lalu berujung pada stres oksidatif. Kalau sudah begitu, risiko terserang penyakit akan tinggi.

Artikel lainnya: Reaksi Tubuh Saat Terlalu Sering Suntik Vaksin COVID-19

2. Kacang-Kacangan

Kacang juga merupakan salah satu pilihan makanan sesudah vaksin yang memiliki sumber vitamin dan mineral untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Bonusnya, kacang-kacangan juga akan memelihara kesehatan jantung dengan lebih baik.

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition (2016) melaporkan, orang yang mengonsumsi kacang secukupnya secara rutin cenderung jarang mengalami inflamasi (peradangan).

Kacang sehat yang direkomendasikan yaitu almond, kenari, pecan, mete, dan pistachio

3. Ikan Berlemak Sehat

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna kaya omega-3, yakni lemak yang menyehatkan jantung dan mengurangi peradangan tubuh. Nutrisi tersebut akan menurunkan tekanan darah dan penyumbatan arteri. 

Karena manfaat tersebut, ikan berlemak menjadi salah satu makanan setelah vaksin yang bisa dikonsumsi. Omega-3 juga membantu mengelola penyakit autoimun, misalnya lupus dan rheumatoid arthritis.

4. Sup Ayam

Makanan sehat lainnya yang bisa disantap setelah menerima vaksin COVID-19 yaitu sup ayam. Hidangan ini menyediakan protein tinggi yang membantu memperkuat antibodi dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bahan pelengkap di dalam sup ayam umumnya wortel, bawang, dan seledri. Bahan-bahan ini membantu memasok mineral seperti kalium dan zat besi, serta sumber beta-karoten yang bertindak sebagai antioksidan.

Kemudian, kaldu di dalam sup ayam juga mampu menghidrasi dan melegakan saluran pernapasan.

Artikel lainnya: Syarat Terima Vaksin COVID-19 untuk Penderita Hipertensi

5. Air Putih

Tak hanya makanan, minuman setelah vaksin juga perlu diperhatikan. Hidrasi tubuh dengan banyak minum air putih. 

Air memastikan tubuh dapat melawan sel-sel asing dan penyakit. Pasalnya, ketika seseorang sakit, tanpa sadar tubuhnya kehilangan banyak cairan.

Selain itu, CDC pun merekomendasikan minum banyak air setelah menerima suntikan vaksin coronavirus. Karena, air menambah oksigen ke dalam darah, sehingga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.

6. Tiram

Tiram kaya akan zinc yang merupakan mineral penghilang patogen dari tubuh dan meningkatkan produksi protein untuk melawan infeksi virus.

Itulah mengapa tiram menjadi makanan yang baik dikonsumsi ketika kamu membutuhkan gizi ekstra. Tentunya seafood ini dapat menjadi salah satu pilihan makanan setelah vaksin COVID yang baik.

7. Makanan yang Bersifat Anti-Peradangan

Kunyit ialah salah satu bumbu dapur dengan sifat antiinflamasi (antiradang) yang kuat. Bahan tersebut baik untuk dimasukkan dalam makanan ataupun minuman herbal. 

Pola makan antiinflamasi juga bermanfaat untuk mencegah sakit kepala dan kelelahan. Dua keluhan ini merupakan efek samping yang dialami beberapa orang setelah menerima vaksin COVID-19.

8. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang sering digunakan sebagai penyedap makanan. Rempah ini juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional sejak dulu karena kandungan nutrisinya yang baik.

Jahe juga penting dikonsumsi sebagai bahan makanan sesudah vaksin COVID. Karena, jahe dapat membantu meredakan mual dan muntah yang bisa timbul sebagai efek samping vaksin COVID-19. 

Kamu dapat meminum air rebusan jahe atau teh jahe yang dicampur irisan lemon untuk meredakan mual.

Artikel lainnya: Bolehkah Terima Vaksin COVID-19 saat Haid? Ini Kata Dokter

9. Jamur

Jamur juga bisa menjadi pilihan makanan setelah vaksin. Bahan makanan yang satu ini menyediakan selenium, tembaga, dan semua vitamin B yang tentunya baik untuk tubuh.

Jamur juga kaya akan fenol dan antioksidan yang menciptakan efek antiinflamasi di dalam tubuh.

Di sisi lain, makanan yang tidak disarankan dimakan setelah disuntik vaksin virus corona antara lain makanan olahan tinggi gula, garam, pengawet, dan bahan-bahan tak sehat lainnya.

Usahakan jangan sampai gula darah kamu tinggi, ya. Tingginya kadar gula di dalam darah justru akan melemahkan daya tahan tubuh. Begitu pula dengan minuman beralkohol, sebaiknya dijauhi karena bisa menekan imunitas tubuh.

Itulah makanan dan minuman setelah vaksin yang sebaiknya kamu konsumsi. Jangan biarkan vaksin COVID-19 bekerja sia-sia. 

Tingkatkan imunitas tubuh dengan makan bergizi dan pola hidup sehat lainnya. Ayo, #JagaSehatmu!

Mau tahu tips makanan dan minuman sehat lebih lengkap? Download aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa langsung tanya dokter online untuk konsultasi cepat.

(FR/JKT)

Makanan Sehatdaya tahan tubuhvaksin virus corona

Konsultasi Dokter Terkait