Sukses

Manfaat Makan Kurma Untuk Kecantikan Kulit

Selain baik untuk tubuh, buah kurma juga punya segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini.

Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadan. Tak heran jika setiap berbuka puasa, buah yang rasanya manis dan berwarna cokelat ini selalu hadir di meja makan.

Buah kurma memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan, salah satunya untuk kecantikan kulit. Apa saja manfaat kurma untuk kulit? Simak penjelasannya lewat ulasan berikut ini.

 

1 dari 5 halaman

1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen merupakan protein penting yang membentuk berbagai jaringan di dalam tubuh, salah satunya kulit.

Ketika produksi kolagen meningkat, maka kesehatan kulit pun akan terjaga maksimal. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi kolagen adalah dengan makan buah kurma.

Sebab, buah kurma mengandung vitamin C dan vitamin D yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

2. Menangkal Radikal Bebas

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, kandungan vitamin C dan vitamin D di dalam kurma dapat membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan gangguan di kulit.

Gangguan kulit tersebut, seperti munculnya kerutan, garis halus, tanda-tanda penuaan, dan flek hitam.

Namun, dr. Devia menyarankan Anda untuk megimbangi konsumsi kurma dengan melakukan gaya hidup sehat lain, seperti berolahraga, rajin membersihkan wajah, dan rutin memakai skincare.

2 dari 5 halaman

3. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Melansir dari Vogue, dr. Chiranjiv Chhabra, dermatolog dari Skin Alive di India mengatakan bahwa kurma mengandung asam pantotenat.

Zat asam pantotenat dapat memperbaiki kulit dari dalam dan membuatnya tampak bersinar.

Kurma juga mengandung nutrisi yang meningkatkan kekuatan jaringan subkutan sehingga membuat kulit jadi lembut dan halus.

4. Melembutkan Kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E di dalam buah kurma diyakini melembutkan tekstur kulit.

Nantinya, buah kurma yang dikonsumsi secara langsung atau dijadikan masker wajah ini bekerja membantu proses regenerasi kulit.

Kendati begitu, Anda tetap harus mengimbangi makan buah kurma dengan rutin melakukan eksfoliasi dan perawatan lainnya agar tekstur kulit lembut maksimal.

Artikel Lainnya: Manfaat Kurma Cina untuk Kesehatan Tubuh Anda

3 dari 5 halaman

5. Memperbaiki Tekstur Kulit

Tidak sedikit orang yang memiliki tekstur kulit wajah kasar atau bruntusan. Tetapi jangan khawatir, makan buah kurma disebut-sebut bisa jadi solusi untuk memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Vitamin B yang ada di dalam buah kurma bisa membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit jadi tampak lebih halus dari sebelum-sebelumnya.”

6. Mencegah Penuaan

Hormon di dalam tubuh berperan penting untuk memicu munculnya tanda-tanda penuaan di kulit.

Ekstrak kurma diketahui memiliki fitohormon yang menunjukkan efek antipenuaan secara signifikan.

Ekstrak kurma diyakini juga dapat memerangi munculnya kerutan di wajah. Namun, penelitian tentang manfaat kurma untuk mencegah penuaan masih membutuhkan studi yang lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Kurma untuk Ibu Hamil

4 dari 5 halaman

7. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin D yang ada di dalam buah dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Bahkan, buah ini turut dipercaya mampu membantu mengatasi masalah kulit seperti gatal atau ruam.

Itu dia beberapa manfaat makan kurma untuk kecantikan kulit yang perlu Anda tahu. Tak hanya itu, buah kurma juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jadi, jangan ragu lagi untuk mencoba makan kurma saat berbuka puasa, ya. Untuk tahu manfaat kurma atau tips perawatan kulit lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar