Sukses

Berbagai Pilihan Bahan Makanan Pengganti Santan

Santan kelapa identik dengan kolesterol jahat. Namun, ada beberapa jenis pengganti santan yang lebih sehat dan bisa digunakan untuk masakan Lebaran nanti.

Hari raya Idulfitri atau Lebaran identik dengan kegiatan makan bersama keluarga. Hidangan yang wajib ada saat Lebaran adalah opor ayam dan rendang. Jarang ada orang yang menolak kedua makanan lezat tersebut. 

Bila ada yang menolak, pasti orang tersebut memiliki pantangan makan santan atau bermasalah dengan kadar kolesterol tinggi. Santan merupakan hasil olahan buah kelapa yang digunakan untuk memberikan rasa gurih pada makanan.

Hanya saja, terlalu banyak makan santan bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti kolesterol tinggi atau perut kembung. Nah, agar setiap orang bisa makan opor ayam atau rendang, Anda bisa menggunakan bahan lain pengganti santan yang lebih sehat. Berikut pilihannya!

1. Susu Kacang Mete 

Melansir Healthline, susu kacang mete memiliki tekstur yang halus dan lebih lembut daripada susu kacang-kacangan lainnya. Bahkan, konsistensi susu kacang mete mirip susu sapi.

Susu kacang mete memiliki kalori dan protein yang rendah. Akan tetapi, kandungan lemak dari susu kacang ini cukup banyak. Selain itu, Anda bisa menggunakan krim kacang mete yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi dan halus seperti santan.

Artikel Lainnya: Makan Serat, Cara Nikmat Hidup Sehat

1 dari 5 halaman

2. Susu Gandum

Susu gandum bisa dijadikan pilihan pengganti santan yang sehat. Susu gandum memiliki kandungan lemak dalam jumlah sedang. Secara alami, susu ini juga mengandung zat beta glucan, yakni serat yang memberikan efek busa pada beberapa minuman seperti kopi.

Susu gandum tidak dapat mengental, namun tetap dapat dimasak di atas suhu panas yang tinggi.

3. Susu Kedelai 

Susu kedelai adalah alternatif pengganti santan yang paling direkomendasikan. 

Menurut dr. Devia Irine Putri, susu kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah dan sehat untuk tubuh. Namun, Anda perlu memerhatikan pemilihan daging rendang atau opor ayam. 

“Susu kedelai memang rendah lemak jika dibandingkan dengan santan. Tapi tetap saja kalau menggunakan daging yang berlemak, maka makanan tersebut tetap bisa memiliki lemak yang tinggi. Jadi harus pintar juga dalam pemilihan dagingnya,” saran dr. Devia.

Artikel Lainnya: Teknologi UHT Jamin Kualitas Keamanan Santan Kelapa

2 dari 5 halaman

4. Susu Kacang Almond

Alternatif pengganti santan lainnya adalah susu almond tanpa pemanis. Susu kacang almond memiliki kandungan kalori yang rendah dan memiliki rasa yang agak hambar. 

Kendati begitu, susu kacang almond tidak bisa membuat kuah makanan jadi kental. Alhasil, Anda membutuhkan zat pengental tambahan agar tekstur bumbu rendang atau kuah opor ayam semakin nikmat. 

5. Susu Beras 

Susu beras terbuat dari campuran air dengan beras putih atau beras merah. Selain itu, susu beras ini memiliki risiko alergi yang rendah. 

Anda perlu mempertimbangkan lagi jika ingin menggunakan susu beras untuk membuat makanan yang berlemak seperti rendang. Sebab, susu beras memiliki kandungan cairan yang tinggi sehingga sulit untuk mengental. 

Artikel Lainnya: Sehatkah Bubur Kacang Hijau Pakai Santan?

3 dari 5 halaman

6. Heavy Cream

Heavy cream bisa menjadi alternatif pengganti santan untuk hidangan Lebaran. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kental sangat cocok diolah menjadi makanan seperti rendang atau opor ayam. 

Sayangnya, heavy cream mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga penggunaannya harus dibatasi atau tidak boleh terlalu sering. 

7. Greek Yoghurt 

Greek yoghurt bisa menjadi pengganti santan yang lebih sehat. Bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasi ini mempunyai tekstur yang kental dan rasa asam.

Karena teksturnya kental, Anda bisa mencampurkan beberapa sendok greek yoghurt dan beberapa sendok air terlebih dahulu. Tujuannya agar yoghurt di dalam kuah masakan tidak menggumpal. 

Artikel Lainnya: Cara Sehat Nikmati Opor Ayam Saat Lebaran

4 dari 5 halaman

8. Tahu Sutra

Tahu sutra yang dihaluskan dengan cara diblender juga bisa diolah menjadi pengganti santan. Karena kandungan airnya tinggi, tahu sutra juga bisa dicampur dengan beberapa sendok susu kedelai supaya teksturnya semakin lembut. 

9. Susu Evaporasi

Susu evaporasi merupakan susu sapi tanpa pemanis yang diawetkan ke dalam kaleng. Bahan makanan ini diproses dengan cara merebus susu sapi segar di atas api kecil. Susu akan direbus sampai 60 persen kandungan airnya menguap. 

10. Susu Rempah-Rempah

Susu ini terbuat dari susu sapi yang dicampurkan beberapa rempah, seperti kayu manis, pala, bubuk kari, atau bubuk cabai. Susu ini sangat cocok dijadikan pengganti santan karena rasanya kaya akan rempah dan teksturnya lembut. 

Itu dia beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan pengganti santan. Meski beberapa di antaranya terlihat kurang lazim, tapi tidak salahnya dicoba. 

Mungkin saja rasa makanan Anda jadi lebih nikmat dan pastinya sehat. Untuk tahu tips memasak sehat lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar