HomeIbu Dan anakKehamilanManfaat Pisang Ambon untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Manfaat Pisang Ambon untuk Ibu Hamil

Krisna Octavianus Dwiputra, 07 Apr 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pisang ambon adalah salah satu buah favorit semua kalangan, termasuk ibu hamil. Berikut adalah manfaat pisang ambon untuk ibu hamil.

Manfaat Pisang Ambon untuk Ibu Hamil

Pisang ambon “dibekali” sejumlah nutrisi penting, yang bukan hanya baik untuk orang secara umum, tapi juga ibu hamil. Kandungan nutrisi buah berwarna kuning cerah ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan pisang lainnya.

Per 100 gram pisang ambon (cavendish banana), antara lain mengandung karbohidrat 23 gram, kalori sebanyak 89, kalium 358 miligram, dan gula 12 gram. 

Dengan nutrisi tersebut, berikut manfaat pisang ambon untuk ibu hamil:

1. Redakan Mual

Keluhan mual dan muntah kerap mendera ibu di awal kehamilan. Nah, konsumsi pisang ambon rupanya bisa membantu meringankan keluhan tersebut. Hal itu yang disampaikan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

"Vitamin B6 yang ada di dalam pisang ambon bisa bantu redakan mual dan muntah yang kerap dialami ibu hamil pada trimester awal kehamilan," ungkap dr. Astrid.

2. Meredakan Kram Tungkai

Bumil mungkin kerap mengeluh akibat kram kaki. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penumpukan cairan tubuh akibat perubahan hormon ibu hamil. 

Pengaruh gravitasi menyebabkan cairan tersebut terakumulasi di kaki. Tungkai atau kaki pun jadi bengkak. Untuk mengatasi dan mencegah kram tungkai, konsumsi pisang ambon bisa bermanfaat.

"Pisang secara umum baik kaya akan kalium atau potassium yang membantu mencegah serta redakan kram tungkai yang kerap dialami ibu hamil," tutur dr. Astrid.

3. Menurunkan Kemungkinan Cacat Lahir pada Bayi

Selama kehamilan, asam folat sangat penting bagi perkembangan otak janin serta sumsum tulang belakang. Kekurangan asam folat juga dikaitkan dengan risiko cacat bawaan dan kelahiran prematur

Kabar baiknya, pisang ambon adalah sumber asam folat yang baik dan meminimalkan risiko masalah ini.

4. Mencegah Sembelit

Sembelit adalah masalah umum selama kehamilan. Mengonsumsi pisang dapat membantu Anda terhindar dari masalah ini karena kandungan seratnya yang tinggi. 

Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat. Itu sebabnya, makan pisang bisa melancarkan buang air besar.

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Menurut dr. Astrid Wulan, buah pisang juga punya kandungan vitamin C. Vitamin tersebut sudah dikenal luas membantu daya tahan tubuh yang baik. 

Dengan mengonsumsi pisang secara teratur, imunitas ibu hamil tetap terjaga dan tidak mudah jatuh sakit.

Artikel lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

6. Membantu Pengembangan Sistem Saraf Bayi

Selain untuk meredakan mual dan muntah, vitamin B6 di dalam pisang ambon dibutuhkan bagi perkembangan dan pertumbuhan sistem saraf pusat bayi. 

Artinya, makan pisang secara rutin di trimester pertama bermanfaat untuk perkembangan otak bayi.

7. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Ibu hamil harus menjaga tekanan darahnya dalam batas yang normal. Tekanan darah yang tinggi berisiko menyebabkan komplikasi membahayakan bagi ibu dan janin.

Untuk memastikan tekanan darah terjaga, Anda dapat memasukkan pisang ambon dalam diet harian. Pasalnya, semua jenis pisang adalah sumber kalium, mineral penting untuk mengontrol tekanan darah.  

8. Membantu Pertumbuhan Tulang sampai Memperbaiki Jaringan 

Sudah disebutkan sebelumnya, pisang adalah sumber vitamin C yang baik. Selain memperkuat daya tahan tubuh, vitamin ini penting untuk membantu penyerapan zat besi. 

Nutrisi tersebut turut berperan dalam pertumbuhan tulang, menjaga kesehatan kulit, serta memperbaiki jaringan. 

Artikel lainnya: Awas, Kebanyakan Makan Pisang Ambon Bisa Sebabkan Hal Ini!

Semua jenis pisang pada dasarnya aman untuk ibu hamil dan membawa banyak sekali manfaat kesehatan. Namun, untuk mendapatkan manfaat pisang ambon untuk ibu hamil di atas, pastikan Anda tidak mengonsumsinya berlebihan.

Pisang adalah buah yang manis karena kandungan gula di dalamnya. Diet tinggi gula yang berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti berat badan berlebih pada ibu dan janin.

Sering makan asupan manis juga bisa merusak gigi apabila Anda tidak menjaga kebersihan rongga mulut.

Bumil dengan diabetes gestasional sebaiknya juga tidak makan pisang ambon kebanyakan karena akan mengerek kadar gula dengan cepat. Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum makan pisang secara rutin.

Anda yang punya riwayat alergi pisang wajib pula menghindari buah yang satu ini. Pisang punya kandungan kitinase, alergen penyebab sindrom buah lateks. 

Itulah beberapa manfaat pisang ambon untuk ibu hamil. Bila Anda masih ingin berdiskusi seputar diet sehat saat hamil, manfaatkan layanan Tanya Dokter dari Klidokter.

[HNS/JKT]

Kehamilanbuah

Konsultasi Dokter Terkait