Sukses

Manfaat Kiwi untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Makan kiwi bisa membuat kulit Anda tampak awet muda dan bebas jerawat. Ingin tahu manfaat lainnya untuk kulit? Cek di sini.

Kiwi merupakan salah satu buah yang punya banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. 

Rasanya yang asam manis menyegarkan juga membuat buah khas Selandia Baru ini kerap menjadi pencuci mulut yang nikmat.

Tahukah Anda? Rutin mengonsumsi kiwi dalam porsi cukup dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan cantik.

1 dari 3 halaman

Nutrisi Kiwi

Dengan makan kiwi, Anda bisa mendapatkan beberapa asupan nutrisi di antaranya:

  • Kalori 
  • Kalium
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Vitamin A
  • Folat
  • Gula alami

Selain itu, kiwi memiliki vitamin B6 dan zat besi. Tak ketinggalan kandungan antioksidannya yang tinggi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Kiwi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun karena kandungan vitamin C. 

Artikel Lainnya: Khasiat Makan Mangga untuk Kesehatan Kulit

2 dari 3 halaman

Manfaat Kiwi untuk Kulit

Kiwi punya manfaat baik untuk kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat kiwi untuk kulit:

  1. Mengencangkan Kulit 

Produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan kulit perlahan kehilangan elastisitasnya. 

Nah, makan kiwi bisa membantu mengencangkan kulit agar tidak tampak menua. 

Kiwi mengandung banyak vitamin C yang membantu tubuh memproduksi kolagen, yaitu protein jaringan ikat yang membantu mengencangkan kulit. 

  1. Melembutkan Kulit 

Kandungan vitamin C di dalam kiwi juga dapat melembutkan kulit. Faktanya, buah kiwi memiliki lebih banyak vitamin C dibanding jeruk, lho. 

Vitamin C membantu menyembuhkan luka serta mencegah kulit kering dan kasar. 

Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit mengandung ekstrak kiwi. Lalu, kombinasikan dengan konsumsi kiwi segar, stroberi, dan irisan jeruk untuk membantu melindungi kulit dari dalam lebih maksimal.

Artikel Lainnya: Manfaat Hebat Buah Duku untuk Kecantikan Kulit

  1. Mengurangi Garis Halus di Wajah 

Kiwi adalah sumber vitamin E. Studi dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, mengatakan vitamin E oles dapat mengurangi garis wajah. Namun, studi ini masih butuh penelitian lebih lanjut. 

Selain itu, vitamin E diketahui mampu mengurangi kanker kulit yang diproduksi sinar UV pada hewan percobaan. Penelitian pada manusia tetap dibutuhkan untuk mengonfirmasi efektivitasnya.

Untuk hasil lebih optimal, kombinasikan konsumsi atau skincare kiwi dengan penggunaan tabir surya setiap harinya agar kulit tetap sehat meski terpapar sinar UV.

  1. Kulit Tampak Awet Muda 

Antioksidan menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat dan mempercepat proses degenerasi. Hal ini meliputi elastisitas dan kekencangan kulit. 

Anda harus mendapatkan antioksidan dari sumber makanan seperti kiwi. Buah ini mengandung vitamin C dan E, likopen, serta zat lain yang melawan radikal bebas.

  1. Membantu Atasi Jerawat 

Kiwi juga memiliki kandungan antiinflamasi yang cukup efektif membantu mengatasi jerawat

Selain rajin mengonsumsi kiwi, Anda juga disarankan untuk menggunakan produk skin care mengandung ekstrak kiwi untuk meredakan dan mencegah munculnya jerawat. 

Itulah beberapa khasiat kiwi untuk kecantikan kulit. Meski begitu, Anda tetap perlu membatasi asupan kiwi setiap harinya. Kombinasikan konsumsinya dengan jenis buah lain. 

Artikel Lainnya: Butuh Kolagen untuk Mempercantik Kulit Wajah? Coba 5 Buah Ini!

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan, “Kiwi bisa memicu alergi pada sebagian orang. Karenanya, beberapa orang mungkin harus waspada juga dengan buah yang satu ini.”

“Selain itu, kiwi juga tinggi gula. Bagi orang dengan risiko diabetes, sebaiknya konsumsinya dibatasi. Secara umum, batasi konsumsi kiwi di bawah 140 gram agar aman,” jelasnya.

Nikmatilah buah kiwi dalam porsi yang tidak berlebihan agar manfaatnya dapat lebih terasa. Jangan lupa lakukan rutinitas skincare lainnya demi memaksimalkan kesehatan kulit.

Anda bisa konsultasi ke dokter kulit di LiveChat Klikdokter untuk mengetahui produk atau treatment yang tepat sesuai jenis kulit.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar