Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Awas, Kebanyakan Makan Pisang Ambon Bisa Sebabkan Hal Ini!

Awas, Kebanyakan Makan Pisang Ambon Bisa Sebabkan Hal Ini!

Konsumsi pisang ambon memang bagus untuk kesehatan. Namun, kalau kebanyakan makan pisang ambon, sejumlah gangguan kesehatan justru mengintai Anda!

Salah satu varian pisang yang paling populer di Indonesia adalah pisang ambon. Dagingnya yang lunak membuat buah ini sering dimakan langsung, dijadikan smoothies, dan dikonsumsi bersama es krim. 

Meski begitu, kebanyakan makan pisang ambon juga tak baik, lho, untuk kesehatan! 

Rata-rata pisang ambon berukuran sedang dengan berat 118 gram mengandung 105 kalori, 3 gram serat, 27 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. 

Vitamin dan mineralnya pun beragam, seperti vitamin C, vitamin B6 (terbanyak),  kalium, mangan, dan magnesium. Walau kandungan nutrisi pisang ambon banyak, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. 

Jika tidak diperhatikan, mengonsumsi pisang ambon berlebihan bisa memberikan dampak yang merugikan. Berikut adalah efek samping makan pisang ambon terlalu banyak: 

1. Penambahan Berat Badan

Pisang merupakan buah yang sangat popular di kalangan olahragawan maupun orang yang sedang berusaha menurunkan berat badannya. Serat yang tinggi pada pisang ambon dapat membuat seseorang merasa kenyang. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa rata-rata kandungan kalori dari 1 buah pisang ambon mencapai sekitar 100-150 kalori. 

Apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan untuk menghindari nasi atau snack, maka akan sama saja. Bukannya mengurangi asupan kalori tetapi justru malah menambah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Artikel lainnya: Belasan Manfaat dalam Buah Pisang

1 dari 3 halaman

2. Peningkatan Kadar Gula Darah

Salah satu efek samping makan pisang ambon kebanyakan adalah dapat menaikkan kadar gula darah.

Karena mengandung kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi, pisang sering kali dijadikan santapan menjelang olahraga sebagai asupan energi agar tidak mudah lemas

Namun, sering kali pisang tidak dimakan hanya utuh buahnya saja tetapi dicampur dengan bahan lain seperti susu kental manis, cokelat meses, roti atau bahkan es krim. 

Dengan demikian, hal ini dapat semakin meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, per 100 gram pisang mengandung sekitar 12 gram gula.

3. Sakit Kepala Migrain

Suatu penelitian mendapatkan bahwa pisang mengandung asam amino tirosin yang nantinya akan diubah oleh tubuh kita menjadi zat tiramin. 

Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa konsumsi tiramin berlebihan dapat memicu terjadinya serangan sakit kepala migrain

Jadi, coba diingat-ingat lagi, apakah Anda pernah merasakan sakit kepala setelah mengonsumsi pisang terlalu banyak? 

Artikel lainnya: Langka Tapi Sehat, Ini Manfaat Pisang Merah untuk Tubuh

2 dari 3 halaman

4. Gangguan Irama Jantung

Efek samping dari terlalu banyak konsumsi pisang ambon berkaitan dengan organ jantung. Kok bisa?

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. 

Kalium memang sangat penting untuk sel-sel tubuh, khususnya sel otot yang memerlukan asupan kalium yang cukup untuk dapat berkontraksi dengan baik. 

Sayangnya, jika berlebihan, kalium dapat memengaruhi irama jantung. Kondisi ini disebut juga dengan hiperkalemia

Jika hiperkalemia terjadi, hal ini dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang berbahaya.

5. Kerusakan Gigi

Karena kandungan gula yang cukup tinggi dalam pisang, khususnya pisang ambon, mengonsumsinya kebanyakan dapat mengancam kesehatan gigi Anda. 

Ketika mengonsumsi makanan yang tinggi gula, hal ini dapat memicu kerusakan pada lapisan gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang.

6. Sembelit

Perlu diperhatikan bahwa pada penderita irritable bowel syndrome di mana terjadi konstipasi atau bahkan diare, ketika menghadapi suatu stresor, pisang harus dihindari. 

Sama halnya dengan pisang lainnya, pisang ambon termasuk dalam jenis makanan yang harus dihindari penderita IBS karena dapat memperparah konstipasi atau sembelit.

Meskipun pisang ambon memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, konsumsinya pun harus dibatasi dan tidak boleh sembarangan. 

Agar terhindar dari efek samping buah pisang, khususnya pisang ambon yang sangat populer di Indonesia, sebaiknya konsultasi terlebih dulu dengan profesional untuk mendapatkan manfaat terbaik dari konsumsi buah-buahan. 

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan, Anda bisa berkonsultasi langsung lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar