HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi5 Manfaat Istimewa Daun Kratom bagi Kesehatan
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Istimewa Daun Kratom bagi Kesehatan

dr. Theresia Rina Yunita, 17 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mungkin daun kratom terdengar masih asing di telinga kamu. Namun, ada banyak manfaat daun kratom bagi kesehatan, lho! Apa saja, sih?

5 Manfaat Istimewa Daun Kratom bagi Kesehatan

Pernah mendengar tentang daun kratom? Pohon tropis yang masuk dalam famili kopi ini banyak tumbuh di Indonesia, Malaysia, Thailand, hingga wilayah Asia Selatan. Di Indonesia, daun hijau ini dikenal dengan nama daun purik ataupun ketum. 

Tanaman dengan nama latin Mitragyna speciosa ini biasa dikeringkan dan diseduh sebagai teh. Terkadang, ekstrak daun ketum dijual sebagai suplemen. Oleh beberapa orang, daun kratom kering juga sering dihisap seperti tembakau.

Bagi kesehatan, daun ini juga kerap dipakai untuk mengatasi keluhan dan penyakit tertentu. 

Sebelum membahas khasiat daun kratom lebih jauh, kita bahas dulu kandungannya. Dua kandungan yang paling aktif dari daun kratom adalah mitragynine dan 7-hydroxymitragynine.

Dengan kandungan itu, berikut manfaat daun kratom:

1. Meredakan Rasa Nyeri

Ada tiga varietas daun kratom berbeda, yakni varietas vena putih, vena hijau, dan vena merah. Meski berbeda, semuanya adalah pereda nyeri kronis yang efektif.  

Senyawa 7-hydroxymitragynine di dalam daun kratom bahkan diketahui 13 kali lebih kuat daripada morfin.

2. Meningkatkan Libido

Kegunaan daun kratom sudah diteliti sebagai suplemen peningkat hasrat seksual yang potensial.

Peneliti memeriksa beberapa studi klinis. Mereka melaporkan temuan mengenai efek afrodisiak (peningkat hasrat seks) dari kratom. Mereka menyimpulkan bahwa kratom adalah penambah seksual nabati yang efektif.

3. Meningkatkan Mood

Daun kratom punya efek meningkatkan mood. Menurut sebuah laporan, kratom adalah pengobatan yang efektif untuk kecanduan opioid. Herbal ini sudah terbukti membantu meringankan efek putus obat.

Penelitian lain menunjukkan, daun kratom berpotensi sebagai antidepresan dan penekan rasa lapar. Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti menentukan bahwa kratom menurunkan kadar kortikosteron pada tikus. 

Tingginya kadar kortikosteron berhubungan dengan depresi. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian kepada manusia untuk memastikan manfaat daun kratom ini.

Artikel Lainnya: Tak Cuma Jadi Obat Ambeien, Ini Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan

4. Meningkatkan Fokus

Salah satu fungsi daun kratom adalah meningkatkan fokus. Mengonsumsi herbal ini diketahui bisa membantu melepaskan asetilkolin.

Asetilkolin adalah neurotransmitter yang berperan penting dalam meningkatkan fokus dan mengurangi nyeri, kontraksi otot, serta pengaturan sistem endokrin. 

Menurut penelitian, asetilkolin meningkatkan memori dan fokus dengan meningkatkan kemampuan sirkuit kortikal untuk merespons rangsangan sensorik.

Daun kratom juga menginduksi pelepasan serotonin dan dopamin. Keduanya berhubungan dengan peningkatan fokus dan rentang perhatian.

Namun manfaat-manfaat di atas belum diteliti secara mendalam. Khasiat daun kratom di atas, menurutnya, juga belum diterima dalam pengobatan medis.

5. Mengatasi gangguan tidur

Pada dosis yang lebih tinggi, kratom memiliki efek sedatif yang menenangkan dan memicu rasa kantuk. Namun, penggunaannya harus hati-hati. Jika digunakan berlebihan dan dalam jangka panjang, justru bisa memicu insomnia. 

Meski masih legal di Indonesia, penggunaan daun kratom nyatanya dilarang di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.

Penggunaan kratom memang masih menjadi kontroversi di seluruh dunia. Dikutip dari Healthline, dalam dosis rendah, kratom bekerja seperti stimulan. Penggunanya akan merasa lebih banyak energi.

Artikel Lainnya: Bahaya Konsumsi Daun Kratom bagi Kesehatan Tubuh

Namun, dalam dosis tinggi, efek daun kratom seperti obat penenang, menghasilkan kesan euforia, serta menghilangkan emosi.

Selain itu, ada pula beberapa efek samping yang bisa muncul setelah mengonsumsi daun ini, yakni:

Meski ada beberapa manfaat daun kratom untuk kesehatan, herbal ini belum bisa disebut sebagai obat. Penelitian pendukung masih dibutuhkan untuk membuktikan khasiat kratom lebih besar dibandingkan risiko kesehatannya. 

Bila kamu masih penasaran soal manfaat dan efek samping kratom, dapat berdiskusi langsung dengan dokter melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

NutrisimakananDaun Kratom

Konsultasi Dokter Terkait