Sukses

Sederet Manfaat Kacang Merah untuk Menu MPASI Bayi

Kacang merah adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak nutrisi. Mari ketahui manfaat kacang merah untuk menu MPASI bayi.

Orangtua dianjurkan untuk menyajikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) dari berbagai jenis bahan makanan, termasuk kacang-kacangan.

Selain kacang hijau atau kacang tanah, ibu bisa menyiapkan MPASI yang terbuat dari kacang merah. Apa saja manfaat makan kacang merah untuk bayi? Mari simak ulasan berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Kandungan Gizi Kacang Merah

Sebagian besar kacang merah terdiri dari nutrisi berupa karbohidrat, serat, dan beberapa sumber protein yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, kacang merah cocok dijadikan MPASI untuk bayi.

Melansir dari Healthline, 100 gram kacang merah rebus memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 127
  • Air: 67 persen
  • Protein: 8,7 gram
  • Karbohidrat: 22,8 gram
  • Gula: 0,3 gram
  • Serat: 6,4 gram
  • Lemak: 0,5 gram

Menanggapi soal nutrisi kacang merah, dr. Atika menambahkan, "Kacang merah juga bisa menjadi sumber protein nabati, zat besi, magnesium, folat, kalium, zinc, serat, serta omega-3 bagi bayi.” 

Artikel lainnya: Bolehkah Menambah Bawang untuk MPASI Bayi?

2 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Merah untuk MPASI

Ada beragam manfaat sehat yang bisa didapat bayi ketika mendapat asupan kacang merah. Berikut deretan manfaat kacang merah untuk bayi yang harus orangtua tahu.

  1. Mengoptimalkan Proses Tumbuh Kembang Bayi

Kandungan protein di dalam kacang merah memiliki peran penting untuk membentuk jaringan dan organ tubuh. Protein juga mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak serta memperkuat daya tahan tubuh pada bayi.

Oleh karena itu, kacang merah punya manfaat baik untuk proses tumbuh kembang bayi. 

  1. Mendukung Perkembangan Otak dan Mata Bayi

Selain protein, di dalam kacang merah juga terdapat gizi, seperti kolin. Protein dan kolin merupakan nutrisi penting yang penting untuk mendukung tumbuh kembang otak si kecil. Selain itu, kolin juga baik untuk menunjang kesehatan mata bayi.

Artikel lainnya: Bolehkah Memberi MPASI bagi Bayi yang Belum Tumbuh Gigi?

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kacang merah mengandung fosfor, magnesium, dan kalsium. Kandungan ini jelas bagus untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi bayi.

  1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Kandungan serat di dalam kacang merah terbilang cukup tinggi. Serat berfungsi menjaga kesehatan dan menjaga saluran pencernaan bayi.

Tak hanya itu, kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalam kacang merah juga dapat berperan sebagai prebiotik. Prebiotik mendukung fungsi dan pertumbuhan bakteri baik di usus sehingga pencernaan bayi menjadi lebih lancar. 

  1. Mencegah Anemia

Tubuh bayi membutuhkan zat besi dan folat untuk menghasilkan sel darah merah dalam jumlah cukup. Bila asupan zat besi serta folat di dalam tubuh bayi tidak mencukupi, si kecil bila kekurangan sel darah merah dan mengalami anemia.

Artikel lainnya: MPASI Bayam untuk Bayi, Ini Manfaat dan Tips Membuatnya!

Lalu, seberapa banyak porsi kacang merah untuk MPASI bayi? Menurut dr. Atika, tidak ada aturan baku mengenai frekuensi dan kuantitas makan kacang merah.

"Hanya yang paling baik memang harus divariasikan jenis sumber protein untuk bayi Anda. Untuk permulaan, bisa diperkenalkan satu sendok makan dulu, baru jumlahnya ditambahkan bertahap," jelasnya. 

Selain itu, jangan berikan bayi MPASI mengandung kacang merah jika ia punya riwayat alergi terhadap kacang-kacangan. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai sumber makanan yang baik diberikan kepada si kecil. 

Itu dia beberapa manfaat makan kacang merah untuk bayi. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, konsultasikan kepada dokter anak melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar