HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTak Hanya untuk Ikan Cupang, Ini Manfaat Daun Ketapang bagi Manusia
Diet dan Nutrisi

Tak Hanya untuk Ikan Cupang, Ini Manfaat Daun Ketapang bagi Manusia

dr. Valda Garcia, 09 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Daun ketapang ternyata juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia, lho. Yuk, cari tahu apa saja manfaat daun ketapang!

Tak Hanya untuk Ikan Cupang, Ini Manfaat Daun Ketapang bagi Manusia

Tahukah kamu apa itu daun ketapang? Daun dari pohon Terminalia catappa ini biasa digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di sekitar akuarium ikan cupang.

Tak hanya sebatas itu, manfaat daun ketapang juga bagus untuk kesehatan kita, lho. Daun ini dinilai mengandung antioksidan yang tinggi dan memiliki sifat antiradang.

Selain itu, kandungan daun ketapang lainnya adalah flavonoid. Senyawa ini dikenal baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam jenis penyakit. 

Berikut ini beberapa khasiat daun ketapang untuk kesehatan tubuh:

1. Baik untuk Ibu Hamil

Air rebusan daun ketapang dianggap bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Daun ketapang memiliki kandungan asam folat yang baik bagi ibu hamil untuk menunjang perkembangan otak janin.

Namun, ibu hamil tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari daun ketapang maupun herbal lainnya. Pasalnya, tidak semua kondisi kehamilan memungkinkan untuk mengonsumsi ramuan herbal.

Konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air rebusan daun ketapang. Pastikan juga tidak mengonsumsinya berlebihan, ya!

Artikel lainnya: Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

2. Melawan Pertumbuhan Kanker

Daun ketapang memiliki sifat antikarsinogenik. Kemampuan tersebut disinyalir dapat menurunkan kemungkinan terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

Ekstrak air daun ketapang diteliti memiliki potensi menekan kanker paru-paru. Penelitian pada tikus menemukan penurunan tumor sebesar 2,6 kali setelah 30 hari diberi ramuan tersebut.

Namun, kegunaan daun ketapang dalam mencegah pembentukan sel kanker perlu diteliti lebih lanjut khususnya pada manusia.

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Pengujian ekstrak dari daun ketapang yang masih segar pada tikus menemukan, manfaat daun ketapang untuk manusia dapat melawan efek negatif diabetes.

Peneliti mengamati penurunan kadar gula darah yang bergantung pada dosis 25-62 persen, dengan efek maksimum terlihat setelah 15 hari pengobatan. Namun, penggunaannya pada manusia membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Membantu Pengobatan Hepatitis

Daun ketapang berwarna cokelat dan bertekstur kering banyak digunakan untuk ikan hias dalam mengobati penyakit yang disebabkan oleh patogen (bakteri, virus, atau kuman).

Nah, daun ketapang yang gugur dari pohonnya juga dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan hepatitis atau peradangan yang terjadi pada liver (hati).

Meski begitu, pengobatan hepatitis dari dokter tetap menjadi pilihan utama dibanding herbal.

Artikel lainnya: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

5. Menjaga Imunitas Tubuh

Kandungan daun ketapang yaitu antioksidan baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Dengan demikian, risiko kamu terserang penyakit menjadi lebih minimal.

Namun, manfaat tersebut juga harus diimbangi dengan pola makan sehat dengan gizi seimbang, rutin berolahraga, dan cukup beristirahat. 

Konsumsi suplemen ataupun bahan herbal tambahan sebaiknya dikonsultasikan dulu sebelumnya kepada dokter.

6. Mengobati Peradangan Sendi

Ekstrak daun Terminalia catappa dinilai dapat meredakan penyakit rheumatoid artritis alias radang sendi. Manfaat daun ketapang ini dinilai dapat dirasakan dengan cara topikal (oles).

Kemudian, teh yang terbuat dari daun ketapang juga diduga dapat menenangkan dan melemaskan sistem saraf. 

7. Menguatkan Tulang

Khasiat daun ketapang lainnya adalah menyehatkan tulang. Sifat antioksidan daun tersebut dapat mencegah kerusakan kromosom dan menunjukkan efek antiklastogenik. 

Namun, fungsi daun ketapang ini akan lebih optimal dirasakan jika kamu juga memenuhi kebutuhan asupan untuk kesehatan tulang, seperti vitamin D dan kalsium.

Artikel lainnya: Manfaat Daun Jeruk untuk Kesehatan

8. Mengobati Sakit Perut

Kegunaan daun ketapang yang dijadikan jus disinyalir dapat mengatasi parasit yang ada di dalam usus.

Jus dari daun ketapang muda juga banyak digunakan di Filipina untuk menyembuhkan sakit kepala dan sakit perut.

Itu dia sederet manfaat daun ketapang untuk kesehatan. Kamu perlu ingat, beberapa di antaranya masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan.

Atas dasar itu, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika tertarik menggunakan daun ketapang untuk kesehatan. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan efek samping yang merugikan.

Jika terlanjur terjadi efek samping atau tanda-tanda alergi setelah mengonsumsi daun ketapang, hentikan pemakaian dan segera berobat ke dokter.

Punya pertanyaan tentang manfaat daun ketapang ataupun herbal lainnya? Tanya dokter online yang lebih praktis dan mudah. 

Download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui beragam info kesehatan menarik lainnya. KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu! 

(FR/JKT)

herbalObat HerbalPengobatan Alami

Konsultasi Dokter Terkait