Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Hanya untuk Ikan Cupang, Ini Manfaat Daun Ketapang bagi Manusia

Tak Hanya untuk Ikan Cupang, Ini Manfaat Daun Ketapang bagi Manusia

Banyak digunakan untuk merawat ikan cupang, daun ketapang ternyata juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia, lho. Yuk, cari tahu apa saja manfaat daun ketapang!

Daun ketapang banyak dicari, karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk merawat ikan cupang. Daun ini disinyalir dapat menurunkan kadar asam (pH) air, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di sekitar akuarium.

Namun, manfaat daun ketapang ternyata tak hanya sebatas itu. Daun dari pohon Terminalia catappa ini juga punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, lho!

 

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi dalam Daun Ketapang

Menurut World Agroforestry Centre, asal-usul pohon ketapang pertama kali ditemukan di Australia, Kamboja, India, Jepang, Laos, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Namun, karena dipercaya memiliki banyak manfaat, pohon ketapang kini telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia.

Pohon ketapang bisa tumbuh setinggi 30 hingga 35 meter. Cabang-cabangnya cenderung tumbuh secara horizontal dan berjenjang dengan jarak sekitar 1 hingga 2 meter. Daunnya berukuran sedang hingga besar dan memiliki lebar hingga 24 centimeter.

Daun ketapang berwarna hijau tua, kasar, dan mengilap, tetapi berubah warna menjadi merah atau kuning saat memasuki musim gugur.

Menurut dr. Arina Heidayana daun ketapang atau dikenal juga dengan nama Terminalia Catappa mengandung antioksidan yang tinggi dan memiliki sifat antiradang.

Tidak hanya itu, daun ketapang juga memiliki kandungan flavonoid. Senyawa ini dikenal baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam jenis penyakit. 

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

2 dari 3 halaman

Potensi Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun ketapang untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Baik untuk Ibu Hamil

Dijelaskan oleh dr. Arina, rebusan daun ketapang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan.

“Daun ketapang memiliki kandungan asam folat yang baik bagi ibu hamil untuk menunjang perkembangan otak janin,” jelas dr. Arina.

Namun, ibu hamil tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari daun ketapang maupun herbal lainnya. Pasalnya tidak semua kondisi kehamilan memungkinkan untuk mengonsumsi ramuan herbal.

Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum mengonsumsi rebusan daun ketapang. Pastikan juga Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

2. Melawan Pertumbuhan Kanker

Daun ketapang memiliki sifat antikarsinogenik. Senyawa tersebut disinyalir dapat menurunkan kemungkinan terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

Terdapat sebuah dugaan bahwa ekstrak air daun ketapang memiliki potensi menekan kanker paru-paru. Penelitian pada tikus menemukan adanya penurunan tumor sebesar 2,6 kali setelah 30 hari dipaparkan ramuan tersebut.

Artikel Lainnya: Manfaat Istimewa Daun Binahong untuk Kesehatan

3. Menurunkan Diabetes

Pengujian ekstrak dari daun ketapang yang masih segar pada tikus menemukan fakta, daun ketapang dapat melawan efek negatif diabetes.

Peneliti mengamati penurunan kadar gula darah yang bergantung pada dosis 25 hingga 62 persen, dengan efek maksimum terlihat setelah 15 hari pengobatan.

4. Membantu Pengobatan Hepatitis

Daun ketapang berwarna cokelat dan bertekstur kering banyak digunakan untuk ikan hias dalam mengobati penyakit yang disebabkan oleh patogen.

Melasir dalam herbpathy, daun ketapang yang gugur dari pohonnya juga dapat digunakan untuk pengobatan hepatitis atau peradangan yang terjadi pada liver (hati).

5. Baik untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Dijelaskan oleh dr. Arina, daun ketapang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Dengan demikian, risiko Anda terserang penyakit menjadi lebih minimal.

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Kecapi yang Katanya Punya Efek Antibakteri

6. Mengobati Peradangan Sendi

Ekstrak daun Terminalia catappa digunakan secara topikal untuk meredakan penyakit Rheumatoid artritis alias radang sendi.

Teh yang terbuat dari daun ketapang juga diduga dapat menenangkan dan melemaskan sistem saraf. 

7. Menguatkan Tulang

Manfaat daun ketapang lainnya yang dijelaskan oleh dr. Arina adalah dapat menyehatkan tulang.

Sifat Antioksidan daun tersebut dapat mencegah kerusakan kromosom dan menunjukkan efek antiklastogenik. 

8. Mengobati Sakit Perut

Daun ketapang yang dijadikan jus disinyalir dapat mengatasi parasit yang ada di dalam usus.

Jus dari daun ketapang muda juga banyak digunakan di Filipina untuk menyembuhkan sakit kepala dan sakit perut.

Itu dia sederet manfaat daun ketapang untuk kesehatan. Di antara manfaat tersebut, beberapa di antaranya masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan.

Atas dasar itu, jika tertarik dengan fungsi daun ketapang untuk kesehatan, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan efek samping yang merugikan.

Jika telanjur terjadi efek samping atau tanda-tanda alergi setelah mengonsumsi daun ketapang, hentikan pemakaian dan segera berobat ke dokter.

Punya pertanyaan terkait manfaat daun ketapang? Anda bisa mengandalkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi langsung kepada dokter secara daring.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar