Sukses

Gejala Kanker Tulang Rahang yang Harus Diwaspadai

Kanker tulang rahang adalah kondisi langka. Namun, gejalanya harus cepat dideteksi agar kanker tak semakin menyebar. Kenali lima gejalanya berikut ini!

Menurut laman Kementerian Kesehatan Indonesia, kanker serviks, kanker payudara, dan kanker paru adalah keganasan yang paling rentan terjadi. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa sel kanker bisa muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk di tulang rahang.

Dilansir dari Mayo Clinic, kanker rahang bisa diawali dari munculnya tumor yang disebut sebagai kista odontogenik. Tumor tulang rahang biasanya bersifat jinak, tetapi bisa menjadi agresif. Akibatnya, tumor tersebut dapat berubah menjadi kanker yang menyerang tulang dan jaringan di sekitarnya.

Dokter Arina Heidyana mengatakan, semakin cepat terdeteksi, maka angka kesembuhan kanker tulang rahang juga semakin tinggi. Untuk itu kenali lima gejala kanker tulang rahang berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Pembengkakan di Area Mulut

Gejala paling umum dari kanker tulang rahang adalah pembengkakan di bagian dalam mulut. Pembengkakan bisa terjadi di langit-langit mulut atau di bawah gigi Anda.

Selain itu, pembengkakan juga bisa muncul di bagian rahang yang menopang gigi, tergantung dari lokasi tumor.

2. Nyeri di Bagian Rahang

Kanker bisa menyebar ke bagian mulut lainnya dan menyebabkan gigi Anda bergeser. Akibat kondisi tersebut, bisa timbul rasa nyeri dan sakit di bagian rahang.

Jika merasakan nyeri rahang tanpa penyebab yang pasti, segera temui dokter gigi untuk memeriksakan diri lebih lanjut.

Bila dicurigai adanya tanda-tanda kanker, dokter akan melakukan tindakan biopsi untuk mendiagnosis dan merencanakan perawatan secepat mungkin.

Artikel Lainnya: 4 Gejala Kanker Tulang yang Tak Boleh Anda Sepelekan

2 dari 4 halaman

3. Benjolan di Rahang

Dijelaskan oleh dr. Arina, salah satu gejala dari kanker rahang adalah timbulnya benjolan di area mulut.

“Bisa timbul benjolan di bagian rahang atas, bawah, gusi, atau langit-langit mulut,” jelas dr. Arina. Jika muncul benjolan baru di dalam mulut dan tidak mengempis dengan sendirinya dalam waktu dua minggu, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Gigi Goyang

Kanker di tulang rahang juga dapat menyebabkan gigi jadi mudah goyang. Bahkan, kanker tulang rahang dapat mendorong gigi keluar atau lepas dari tempatnya. Bila melihat gigi Anda copot atau posisinya bergeser, segera periksakan diri ke dokter.

Artikel Lainnya: Kena Kanker Tulang, Masih Bolehkah Olahraga?

3 dari 4 halaman

5. Mati Rasa di Sekitar Rahang

Dijelaskan oleh dr. Arina, tumor yang sudah berubah menjadi kanker bisa menyebabkan area sekitar mulut atau rahang menjadi mati rasa. Selain itu Anda mungkin akan sulit untuk membuka mulut dan mengunyah makanan.

Kondisi nyeri, bengkak, benjolan di rahang, atau gigi goyang, memang dapat disebabkan oleh kondisi mulut lainnya. Akan tetapi, gejala tersebut tidak boleh diabaikan karena bisa saja merupakan tanda kanker tulang rahang yang harus diwaspadai.

Di samping itu, pilihan pengobatan kanker rahang bervariasi, tergantung keparahan dan gejala yang Anda alami.  

Menurut dr. Arina, pengobatan kanker tulang rahang bisa dilakukan dengan cara kemoterapi, radiasi, atau operasi.

Untuk tahu informasi mengenai penyakit kanker lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.  Anda juga bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter melalui layanan Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar