HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

dr. Valda Garcia, 22 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak kalah dari telur ayam, telur puyuh juga memiliki khasiat bagus untuk kesehatan. Apa saja manfaat makan telur puyuh bagi tubuh? Intip di sini.

10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang menghindari telur buruh puyuh karena dikenal memiliki banyak kalori dan dianggap memicu kolesterol tinggi. Padahal, manfaat telur puyuh juga bagus untuk kesehatan selama dikonsumsi dalam batas wajar.

Apa saja kandungan telur puyuh dari segi nutrisi? Satu butir telur puyuh (sekitar 9 gram) mengandung kalori sebanyak 14 kkal, 1 gram protein, dan 1 gram lemak. 

Sebutir telur puyuh juga kaya 4 persen kolin, 6 persen riboflavin, 2 persen folat, dan 3 persen asam pantotenat.  Tidak lupa, terdapat 2 persen vitamin A, 6 persen vitamin b12, 2 persen zat besi, 2 persen fosfor, dan 5 persen selenium di dalam 9 gram telur puyuh.

Karena mengandung nutrisi yang baik, berikut ini beberapa khasiat makan telur puyuh bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Membentuk Massa Otot

Bagian putih telur puyuh bisa memberikan manfaat untuk membentuk massa otot. Hal ini berkat kandungan protein yang ada di dalam telur puyuh.

Karena itu, telur puyuh bagus bagi Anda yang ingin menambah massa otot. Tapi jangan makan terlalu banyak karena kandungan telur pyuh yang bisa memicu kolesterol. 

Artikel Lainnya: Benarkah Telur Puyuh Bisa Tingkatkan Kolesterol dalam Tubuh?

2. Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Protein di dalam putih telur puyuh juga sangat baik untuk pembentukan atau regenerasi sel-sel tubuh. Hal ini menyebabkan telur burung puyuh bermanfaat untuk proses penyembuhan.

Sebab, kandungan telur puyuh dapat membantu proses regenerasi sel tubuh yang rusak. 

3. Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Telur puyuh menurunkan risiko tekanan darah dan penyakit jantung. Hal itu tak lepas dari kandungan kandungan kalium di dalam telur puyuh.  

Fungsi kalium adalah mengontrol tekanan darah dan membantu melebarkan pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Manfaat Telur Puyuh untuk Menu MPASI

4. Memperbaiki Sel yang Rusak

Telur puyuh kaya nutrisi dan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan. Mengonsumsinya dapat membantu memulihkan kerusakan sel pada tubuh.

Antioksidan juga berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas berlebih. Dengan demikian Anda terhindar dari stres oksidatif.

5. Terhindar dari Gejala Alergi Makanan

Sebuah penelitian pada tikus dan dipublikasikan dalam situs jurnal ilmiah Nature menemukan bagian kuning telur puyuh meredakan gejala esofagitis eosinofilik. 

Esofagitis eosinofilik adalah kondisi peradangan parah yang disebabkan oleh alergi makanan. Namun, studi tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya terhadap manusia.

Artikel Lainnya: Telur Puyuh vs Telur Ayam, Mana yang Kolesterolnya Lebih Tinggi?

6. Menghindarkan Diri dari Bakteri Salmonella

Menurut studi yang diunggah oleh National Library of Medicine telur puyuh sedang dipelajari sebagai pengobatan potensial untuk infeksi bakteri Salmonella. Pasalnya, telur ini diketahui mengandung antibodi anti-salmonella yang unik.

Antibodi tersebut diduga memberi khasiat telur puyuh untuk mencegah infeksi bakteri Salmonella.

7. Bagus untuk Kesehatan Mata

Di dalam kuning telur puyuh, Anda bisa mendapatkan vitamin A, lutein, dan zinc. Semua nutrisi ini diperlukan untuk kesehatan mata.

Lutein menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia. Sementara, vitamin A membantu menjaga kesehatan kornea dan zinc bermanfaat untuk kesehatan retina.

8. Menjaga Fungsi Tiroid

Selenium dan riboflavin merupakan nutrisi penting. Fungsi keduanya membantu tubuh untuk memecah makanan yang dikonsumsi serta mengubahnya menjadi energi. 

Selenium juga membantu memastikan fungsi tiroid bekerja dengan baik.

Artikel Lainnya: Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Menyusui

9. Tinggi Vitamin B

Vitamin B12 dan zat besi meningkatkan fungsi sistem saraf yang sehat. Vitamin B12 juga membantu menjaga tingkat energi yang optimal melalui perannya dalam pembentukan sel darah merah.

Nah, karena kandungan tersebut, salah satu manfaat telur burung puyuh adalah baik bagi kesehatan mata. 

10. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kolin sangat penting untuk membantu tubuh membuat asetilkolin, yaitu neurotransmitter yang mengirimkan pesan dari sistem saraf ke otot. Kandungan telur puyuh ini bisa membantu komunikasi antara organ tubuh. 

Dengan demikian koordinasi gerak tubuh akan terjaga kecekatannya.

Itu dia sederet manfaat makan telur puyuh yang luar biasa. Akan tetapi, Anda tetap tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi telur puyuh agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan.

Bila Anda ingin makan telur puyuh namun masih ragu dengan kondisi tubuh, konsultasi ke dokter lewat Tanya Dokter.

(OVI/JKT)

makanantelur

Konsultasi Dokter Terkait