Sukses

Manfaat Habbatussauda untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Sedang ingin meningkatkan kesuburan? Coba konsumsi habbatussauda atau jintan hitam. Berbagai penelitian mengungkap manfaatnya untuk kesuburan, lho!

Pamor jintan hitam atau habbatussauda sedang naik daun. Rempah terkenal dari Tanah Arab ini sejak lama sudah dipercaya memiliki banyak khasiat kesehatan, seperti sakit kepala, radang sendi, hidung tersumbat, dan masalah pencernaan. 

Tidak berhenti di sana. Beberapa penelitian mengungkap bahwa habbatussauda bermanfaat untuk kesuburan pria dan wanita.

1 dari 3 halaman

Seputar Jintan Hitam atau Habbatussauda

Habbatussauda atau jintan hitam punya ciri khas rasa pedas dan sedikit pahit. Kalau digambarkan, aromanya mirip seperti lada dan oregano.

Rempah ini diketahui memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Sejak lama, jintan hitam dikenal bisa digunakan untuk mengatasi masalah sesak napas.

Menurut dr. Devia Irine Putri, kandungan jintan hitam yang paling utama adalah antioksidan thymoquinone.

"Namun, di sisi lain tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat termasuk asam oleat dan asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, dan kalium," ungkap dr. Devia Irine.

Selain itu, dinukil dari Web MD, jintan hitam juga mengandung: 

  • zinc
  • tembaga
  • Thiamin
  • Niacin
  • Fosfor
  • Asam folat

Artikel lainnya: Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?

2 dari 3 halaman

Manfaat Habbatussauda untuk Kesuburan Suami-Istri

Dengan deretan nutrisi tersebut, tak heran ada banyak manfaat habbatussauda untuk kesuburan pria dan wanita. Berikut daftarnya untuk Anda: 

  1. Memperbaiki Kualitas Sperma

"Iya dari hasil penelitian itu memang bisa memperbaiki kualitas sperma. Dalam hal ini memperbaiki gerakan sperma pada pria," ungkap dr. Devia Irine.

Dalam penelitian berjudul “Effects of Nigella sativa (Habbatus sauda) Oil and Nicotine Chronic Treatments on Sperm Parameters and Testis Histological Features of Rats”, jintan hitam terbukti membantu sperma tikus menjadi lebih berkualitas.

  1. Meningkatkan Jumlah Sperma

Selain soal kualitas, kuantitas sperma juga meningkat sebagai dampak mengonsumsi habbatussauda. Dalam sebuah studi klinis “The use of Nigella sativa as a single agent in treatment of male infertility” (2013), 55 pria infertil dengan rentang usia 18-40 tahun diobati dengan jintan hitam kapsul 2 gr per hari. 

Hasilnya, setelah 3 bulan pengobatan, jumlah sperma mereka meningkat secara signifikan. Selain peningkatan pergerakan sperma secara signifikan, volume semen juga meningkat drastis setelah 3 bulan pengobatan.

Artikel lainnya: Manfaat Buah Parijoto Untuk Kesuburan

  1. Cegah Ejakulasi Dini

Tidak ada satu pun pria yang ingin mengalami ejakulasi dini. Nah, habbatussauda bisa membantu mencegah hal ini dengan mendorong kinerja otot dan sistem pembuluh darah di arena penis.

  1. Peredaran Darah di Penis Menjadi Baik

Lagi-lagi kandungan kalium di dalam habbatussauda juga sangat membantu kesuburan. Kali ini, mineral tersebut bisa membantu peredaran darah di penis semakin baik atau lancar.

  1. Meningkatkan Stamina Pria

Kandungan magnesium di dalam habbatussauda membantu pria dalam hal stamina. Ketika berhubungan intim, stamina dibutuhkan agar aktivitas seks bisa bertahan lama.

  1. Menjaga Keseimbangan Hormon

Magnesium masih berperan di dalam hal ini. Ketika hormon dalam kondisi seimbang, efeknya juga akan positif pada organ reproduksi Anda. Hal tersebut bisa membuat peluang kehamilan lebih tinggi.

Manfaat habbatussauda untuk hormon kesuburan pria dan wanita juga pernah diuji dalam penelitian tahun 2019 yang berjudul “The effect of Nigella sativa on infertility in men and women: a systematic review”.

Dalam kesimpulan penelitian tersebut, selain meningkatkan jumlah cairan semen pria, jintan hitam juga meningkatkan kadar hormon seks seperti testosteron dan progesteron pada wanita.

Artikel lainnya: Madu Bisa Menyuburkan Kandungan, Benarkah?

  1. Libido Meningkat

Ketika libido meningkat, aktivitas seks juga akan semakin menyenangkan. Kandungan zat besi di dalam jintan hitam ternyata dapat membantu meningkatkan libido. Zat besi akan meningkatkan hemoglobin yang baik untuk libido.

  1. Menjaga Sel Telur dalam Kondisi Baik

Sudah dijelaskan di atas bahwa kandungan utama dari jintan hitam adalah antioksidan. Nah, kandungan ini bisa menjaga kualitas sel telur pada wanita tetap dalam kondisi yang bagus.

Anda sedang merencanakan kehamilan? Manfaatkan habbatussauda untuk promil Anda dan pasangan.

Boleh saja Anda mengonsumsi jintan hitam untuk meningkatkan kesuburan sekaligus menjaga kesehatan organ reproduksi. 

"Namun, konsumsi habbatussauda tetap harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti rutin olahraga dan berhenti merokok, agar kualitas sperma terjaga," saran dr. Devia.

Jika Anda masih ingin bertanya soal khasiat habbatussauda untuk cepat hamil dan kesehatan organ reproduksi, manfaatkan fitur Live Chat dari Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar