Sukses

Daftar Buah Tinggi Antioksidan yang Baik bagi Kesehatan

Antioksidan dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Jika ingin memperoleh manfaatnya, konsumsilah buah-buahan di bawah ini.

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat memperlambat atau bahkan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. 

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penumpukan radikal bebas di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis. Sebut saja kanker, penyakit jantung, dan sebagainya. 

Demi memperoleh khasiat antioksidan, kini sudah banyak tersedia suplemen yang mengandung antioksidan. Namun, tentu saja sumber alami jauh lebih baik.

Banyak sekali makanan yang kaya akan antioksidan, salah satu yang kerap menjadi rekomendasi adalah buah-buahan. Berikut ini jenis-jenis buah yang mengandung antioksidan yang bisa kamu cicipi:

1 dari 16 halaman

1. Blueberry

Blueberry terkenal sebagai buah dengan antioksidan tinggi. Buah ini mengandung berbagai jenis antioksidan, salah satunya antosianin. 

Antosianin bisa mencegah peningkatan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) serta menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam blueberry mampu mencegah penuaan dini, meningkatkan fungsi otak, dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. 

Artikel Lainnya: Antioksidan, Ini Fungsinya untuk Tubuh

2 dari 16 halaman

2. Bit

Bit merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi, terutama grup antioksidan bernama betalain. Senyawa ini juga lah yang memberikan warna merah pada buah bit.

Kandungan betalain pada buah bit dapat mencegah kanker kolon serta meredakan peradangan, termasuk peradangan pada sendi.

Konsumsi buah bit juga bisa membantu melancarkan pencernaan kamu, sehingga mencegah konstipasi maupun divertikulitis.

3 dari 16 halaman

3. Alpukat

Jika kamu pencinta alpukat, berbahagialah! Karena buah ini banyak mengandung nutrisi baik, mulai dari vitamin, lemak baik, hingga senyawa bioaktif. 

Zat-zat tersebut memiliki peran sebagai antioksidan, sehingga mengonsumsi alpukat secara rutin akan membantu fungsi kognitif dan menjaga kesehatan jantungmu.  

4 dari 16 halaman

4. Raspberry

Di dalam buah ini, terdapat sumber serat, vitamin C, mineral, dan antioksidan yang baik. 

Sama seperti blueberry, raspberry juga mengandung antosianin dan berbagai antioksidan lainnya.

Efek antiinflamasi dan kandungan antioksidannya dapat mencegah kanker lambung, kanker kolon, dan kanker payudara dalam tabung percobaan di sebuah penelitian.

5 dari 16 halaman

5. Stroberi

Si Mungil ini mengandung antosianin di dalamnya. Oleh karena itu, efeknya sama dengan buah beri lainnya, seperti blueberry dan raspberry.

Selain itu, buah stroberi memiliki asam elagik. Kandungan tersebut adalah antioksidan yang selain mencegah kanker, juga biasa digunakan dalam produk-produk kecantikan.

Artikel Lainnya: Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Hati

6 dari 16 halaman

6. Anggur

Dua jenis antioksidan yang tersimpan di dalam anggur, yaitu antosianin dan proantosianidin. Keduanya bisa mencegah risiko penyakit jantung dan kanker.

Konsentrasi antioksidan tertingginya ditemukan di kulit serta biji anggur. Meski demikian, manfaat buah anggur sebagai antioksidan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

7 dari 16 halaman

7. Plum

Contoh buah lainnya yang banyak mengandung antioksidan adalah plum.

Jika dikonsumsi secara rutin, buah plum dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

Selain antioksidan, buah plum juga mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A,C, K, B1, serat, kalium, fosfor, dan lainnya.

8 dari 16 halaman

8. Delima

Antioksidan yang banyak terdapat dalam buah delima, di antaranya tanin terhidrolisis, antosianin, dan punikalagin. Mereka bersifat antiinflamasi, antihipertensi, dan antiatherogenik. 

Jus delima juga merupakan buah dengan antioksidan tertinggi di antara jus buah lainnya, lho.

Karena itu, konsumsi delima bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan serta mencegah penyakit. 

9 dari 16 halaman

9. Jeruk

Jeruk merupakan buah kaya antioksidan yang mudah ditemukan. Kandungan dalam jeruk sangat beragam, mulai dari protein, kalsium, kalium, vitamin C, serat, dan lemak. 

Buah ini juga tinggi antioksidan flavonoid dan karotenoid. Hal ini menjadikan konsumsi jeruk berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, hingga menambah daya tahan tubuh. 

Artikel Lainnya: Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

10 dari 16 halaman

10. Kiwi

Untuk kamu yang senang buah dengan rasa asam manis yang segar, kiwi bisa menjadi pilihan. Kiwi juga termasuk buah yang banyak mengandung antioksidan.

Zat vitamin C yang ada di dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan. Tak hanya dapat meningkatkan sistem imun, tetapi juga berperan untuk membentuk kolagen serta neurotransmiter. 

11 dari 16 halaman

11. Mangga

Sebagian besar orang menyukai mangga karena sangat tasty dan memiliki aroma yang tropikal dan manis. Mangga mengandung vitamin yang tinggi dan serat yang baik untuk tubuh.

Salah satu antioksidan di dalamnya adalah beta-karoten. Zat ini tak hanya memberikan warna kuning-oranye pada mangga, tetapi juga dapat membantu melawan radikal bebas.

12 dari 16 halaman

12. Cranberry

Buah lain yang mengandung antioksidan adalah cranberry. Zat antioksidan dalam cranberry masih lebih unggul ketimbang stroberi, raspberry, dan anggur. 

Bahkan, kandungannya juga lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa sayuran hijau. 

Karena itu, cranberry bisa kamu masukkan ke dalam menu sehari-hari, di samping buah lainnya.

13 dari 16 halaman

13. Persik

Persik mungkin cukup jarang menjadi buah yang dipilih oleh orang Indonesia. Namun, persik sering kali digunakan sebagai campuran olahan makanan atau sebagai perisa.

Kandungan vitamin dalam buah persik dapat berperan sebagai sumber antioksidan. Manfaatnya beragam, mulai dari untuk menjaga kesehatan jantung dan kulit hingga mengurangi gejala alergi.

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan Tinggi Antioksidan Agar Anda Cepat Hamil

14 dari 16 halaman

14. Goji Berry

Goji berry merupakan salah satu makanan yang bisa dijuluki sebagai superfood. Selain mengandung antioksidan tinggi, buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral. 

Antioksidan yang tersimpan di dalamnya adalah lycium barbarum polysaccharide. Antioksidan ini mampu menghindarkan kamu dari  kanker, penyakit jantung, serta mengatasi penuaan pada kulit. 

Namun, penelitian mengenai efek ini pada manusia masih belum banyak.

15 dari 16 halaman

15. Buah-buahan Kering

Siapa sangka, ternyata buah-buahan kering memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan, buah-buahan kering mempunyai kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar. 

Namun, buah-buahan kering juga mengandung kalori yang cukup banyak. Jadi, bagi kamu yang sedang diet, lebih baik mengonsumsi buah-buahan segar, ya!

Sudah tahu, ‘kan, apa saja buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi? Pastikan kamu mengombinasikan buah-buahan di atas dengan sumber antioksidan lainnya, supaya asupan nutrisi juga optimal.

Mari #JagaSehatmu dengan konsumsi buah-buahan dan makanan bergizi seimbang!

Informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan bisa kamu baca di aplikasi KlikDokter. Kamu juga dapat berkonsultasi seputar masalah kesehatan kepada dokter melalui fitur Live Chat

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar