Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Alasan Tepat untuk Memindahkan Sekolah Anak Menurut Psikolog

Alasan Tepat untuk Memindahkan Sekolah Anak Menurut Psikolog

Keputusan untuk anak pindah sekolah tidak bisa sembarangan. Orangtua harus tahu kapan dan alasan yang tepat, apa saja pertimbangannya?

Memindahkan anak ke sekolah baru merupakan salah satu keputusan besar. Orangtua sebaiknya memiliki pertimbangan yang matang mengenai hal itu.

Ketika anak pindah sekolah, berarti ia harus menyesuaikan diri lagi dan beradaptasi dari awal dengan guru dan teman-teman baru. Kebutuhan sekolah anak dan dananya juga pasti akan memiliki perbedaan.

Untuk itu, keputusan mencari sekolah baru tidak bisa sembarangan. Hal-hal apa saja yang mesti dipikirkan orangtua sebelum memindahkan anak ke sekolah lainnya?

1 dari 3 halaman

Alasan Tepat untuk Memindahkan Anak ke Sekolah Baru

Berikut ini beberapa alasan mengapa memindahkan sekolah anak merupakan pilihan terbaik untuk si kecil:

1. Anak Di-bully

Urusan bullying memang tidak boleh disepelekan. Kalau sudah dilakukan beberapa upaya mediasi dengan guru konseling dan pelaku bullying tapi anak tetap terus jadi korban, sebaiknya pindahkan ke sekolah lain.

"[Pindah sekolah] ketika anak merasa tidak nyaman dengan sekolahnya saat ini. Rasa tidak nyaman itu didapatkan karena ada teman-temannya yang selalu mengganggu si anak," ungkap Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog.

2. Fasilitas Sekolah Kurang Baik

"Bisa juga karena ada fasilitas-fasilitas dari sekolah yang tidak dapat memenuhi kebutuhan si anak," kata psikolog Ikhsan.

Baik sarana maupun prasarana sekolah, keduanya harus menunjang kegiatan belajar anak. Kalau ternyata fasilitasnya buruk, Anda bisa mulai memikirkan untuk memindahkan ia ke sekolah yang lebih memadai.

Artikel lainnya: Hati-hati, Bullying Juga Bisa Terjadi Meski Sekolah di Rumah

3. Pertimbangkan Finansial Keluarga

Pikirkan juga masalah finansial keluarga. Mungkin ada keluarga yang keadaan finansialnya berubah karena terdampak pandemi dan akhirnya merasa kurang mampu membiayai anak di sekolah yang sekarang.

"Daripada dipaksakan, akan lebih baik anak sekolah di tempat yang lebih sesuai [secara finansial]," saran Ikhsan.

Pilih sekolah yang biaya bulanannya lebih murah. Bisa juga cari sekolah yang dapat memberikan beasiswa kepada murid yang terdampak finansialnya akibat pandemi COVID-19.

4. Anak Tidak Mampu Mengikuti Pelajaran dengan Baik

Beberapa sekolah memang menerapkan standar penilaian dan pembelajaran yang sangat tinggi dan ketat. Hal itu bisa saja berimbas pada anak yang mungkin menjadi sulit mengikutinya.

"Anak terlihat kurang mampu mengikuti gaya belajar di sekolah tersebut. Anak itu gaya belajarnya berbeda-beda. Bisa saja sekolah alam lebih cocok buat si anak, maka daftarkan ke sekolah alam," saran Ikhsan.

Untuk itu, Anda perlu banyak mencari informasi mengenai standar dan kurikulum sekolah-sekolah lainnya. 

Artikel lainnya: Pilih Sekolah Umum atau Homeschooling untuk Anak Disleksia?

5. Anak Tidak Bahagia

Kalau anak berangkat sekolah atau hendak memulai pelajaran dengan malas-malasan dan tampak tidak bahagia, pikirkan juga untuk memindahkannya.

Tanda lainnya yang menandakan anak harus pindah sekolah adalah bila dia melakukan sesuatu yang melanggar disiplin atau melakukan tindak kekerasan di sekolah karena tidak bahagia. 

Selain itu, coba dengarkan keluh kesah anak. Bila ia sudah mengungkapkan bahwa dirinya tidak bahagia, tanya penyebabnya dan jangan abaikan curhatnya.

Artikel Lainya: Anak Lebih Nyaman Sekolah Online, Bisa Jadi Ini Alasannya!

2 dari 3 halaman

Bantu Anak Beradaptasi Pindah Sekolah

Beradaptasi di sekolah baru kadang tidak mudah. Oleh karena itu, orangtua harus benar-benar membantu dan mendampingi anak di masa tersebut.

Berikut cara-cara membantu anak beradaptasi di sekolahnya yang baru:

  • Pertama, jangan langsung buru-buru memindahkan anak ke sekolah baru. Hal ini harus dibicarakan jauh-jauh hari sehingga anak siap.
  • Ajak anak ke opsi sekolah yang akan jadi calon tempat ia belajar. Jadi, ia bisa memilih sendiri dan mengetahui gambaran tempat sekolah barunya.
  • Jelaskan kepada anak seperti apa sekolah yang akan dituju.
  • Ajak anak berkenalan dengan guru dan teman-temannya di sekolah baru. 
  • Bantu anak mengenali peraturan-peraturan baru di sekolah yang dituju.

Sah-sah saja bila ingin memindahkan sekolah anak. Hanya saja, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan pastinya alasannya harus tepat.

Bila ingin konsultasi ke psikolog dan dokter spesialis anak seputar tumbuh kembang dan pendidikan anak, gunakan Live Chat KlikDokter. Anda juga bisa cari tahu bakat si kecil lebih mudah.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar