Sukses

Diet Tanpa Olahraga Benarkah Bikin Kulit Bergelambir?

Benarkah diet tanpa olahraga dapat membuat kulit bergelambir? Yuk, kita simak penjelasan dokter mengenai penyebab kulit kendur berikut.

Sekarang ini program diet sudah sangat bervariasi. Namun, rata-rata tujuannya yang sama, yaitu menurunkan berat badan untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Sayangnya, setelah berhasil memangkas berat badan cukup banyak pasca-diet, sering ada permasalahan lanjutan yang tidak diinginkan. Salah satunya kulit gelambir setelah diet. 

Kulit bergelambir tersebut sering kali membuat keki dan tidak percaya diri. Namun, apakah benar kulit bergelambir itu akibat diet tanpa olahraga? Simak penjelasan dokter berikut.

1 dari 3 halaman

Benarkah Diet Tanpa Olahraga Bikin Kulit Bergelambir?

Selain membuat tidak percaya diri kulit kendur juga dapat menyebabkan lecet, iritasi, dan ketidaknyamanan. Kulit mengalami kendur bisa terjadi pada semua usia, tapi para lansia lebih sering mengalami permasalahan ini. 

Pada umumnya, kulit kendur bisa terjadi di hampir semua bagian tubuh. Area kulit yang sering bergelambir—khususnya setelah diet—meliputi area lengan bagian atas, paha, perut, dan leher. Kondisi tersebut kerap dikaitkan dengan hilangnya lemak.

Lantas, apakah benar kulit kendur setelah turun berat badan karena tidak diimbangi dengan olahraga?

Dijelaskan oleh dr. Valda Garcia penyebab kulit kendur setelah diet bisa saja disebabkan oleh diet yang tidak dibarengi dengan olahraga. Namun, tidak olahraga bukan penyebab satu-satunya kulit kendur setelah diet.

Artikel lainnya: Inilah Hal yang Membuat Anda Gagal Menurunkan Berat Badan

Menurut dr. Valda, orang yang melakukan diet dengan olahraga juga bisa mendapatkan kulit kendur di area tertentu.  Hal ini biasanya disebabkan oleh penurunan berat badan yang cepat.

“Terlebih yang menurunkan berat badan terlalu drastis. Paling sering pada penderita obesitas yang menurunkan berat badan terlalu cepat sehingga elastisitas kulit tidak bisa menyesuaikan dengan baik,” ucap dr. Valda.

Dikutip dari Healthline, penyebab terjadinya kulit kendur setelah diet tergantung pada seberapa banyak berat badan yang diturunkan. Selain itu, usia saat penurunan berat badan dan seberapa cepat bobot tubuh berkurang bisa menjadi penyebabnya.

Anda dapat menghindari kulit kendur yang dialami dengan strategi penurunan berat badan tertentu, misalnya salah satu contohnya diet sehat yang diterapkan dengan olahraga. Tetapi kulit kendur tidak dapat dihindari ketika terjadi penurunan berat badan yang ekstrem.

Masih dalam Healthline, lapisan paling dalam dari kulit terdiri dari protein, termasuk kolagen dan elastin. Kolagen bekerja membentuk 80 persen struktur kulit serta memberikan kekencangan dan kekuatan.

Sementara itu, elastin bekerja untuk memberikan elastisitas dan membantu kulit untuk tetap kencang.

Selama berat badan bertambah, kolagen dan elastin mengembang demi memberikan ruang untuk peningkatan pertumbuhan di area perut dan bagian lainnya. 

Saat terjadi penurunan berat badan yang ekstrem, kolagen dan elastin menjadi rusak sehingga kulit kehilangan kekencangannya. Kulit pun jadi kendur di area tertentu.

Artikel lainnya: Langkah Sehat untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Kulit Gelambir Pasca-Diet

Jadi, adakah cara mencegah kulit bergelambir setelah diet? Tentu ada! Berikut caranya:

  1. Lakukan Diet Perlahan dan Bertahap

Dikutip dari Very well, untuk mencegah kulit kendur setelah diet cobalah penurunan berat badan yang perlahan dan bertahap. Idealnya menurunkan 1-2 pon seminggu untuk tetap menjaga elastisitas kulit Anda. 

Menurunkan berat badan secara perlahan dapat memberi elastin dan kolagen waktu untuk beradaptasi. Semakin cepat Anda menurunkan berat badan, semakin besar kemungkinan Anda memiliki masalah dengan kulit kendur.

  1. Imbangi dengan Olahraga

Selain menurunkan berat badan secara perlahan dan stabil, diet yang dilakukan juga perlu diimbangi dengan olahraga. Tujuan dari olahraga untuk membangun otot dan membentuk jaringan di bawah kulit agar menghindari kulit kendur.

“Jadi penting untuk menurunkan berat badan secara perlahan dan diimbangi antara menjaga pola makan dengan gizi seimbang dan rutin olahraga,” kata dr. Valda

  1. Pola Makan yang Bergizi dan Sehat

Cara lainnya adalah dengan menjalani diet sehat, yaitu memperhatikan jumlah nutrisi yang dikonsumsi. Nutrisi penting untuk membangun jaringan otot sehingga kekurangan nutrisi juga dapat membuat tubuh lemas dan membentuk diet yang tidak sehat.

Diet tanpa olahraga memang berisiko menyebabkan kulit bergelambir. Untuk menghindarinya, lakukan tiga hal di atas. 

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar diet, konsultasi ke dokter langsung melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar