Kesehatan Umum

Manusia Bisa Tetap Hidup Tanpa Organ Tubuh Ini

Tri Yuniwati Lestari, 15 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Organ tubuh manusia memiliki fungsinya masing-masing. Namun, manusia tetap dapat hidup meski tak lagi memiliki beberapa organ. Cek selengkapnya!

Manusia Bisa Tetap Hidup Tanpa Organ Tubuh Ini

Organ tubuh manusia memiliki fungsi yang berbeda-beda. Beberapa organ tersebut berperan penting dalam mempertahankan kelangsungan hidup.

Namun, tahukah Anda, terdapat beberapa organ tubuh manusia yang berfungsi hanya sebagai pendukung?

Artinya, tanpa organ tersebut, Anda bisa tetap menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa organ tubuh manusia yang Anda bisa tetap hidup tanpanya:

 

1. Lambung

Lambung merupakan bagian dari sistem pencernaan, dengan 4 fungsi utama. Fungsi tersebut adalah pencernaan mekanis untuk menghancurkan makanan, pencernaan kimiawi dengan melepaskan asam untuk membantu memecah makanan, penyerapan, dan sekresi.

Meski fungsinya penting, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa lambung adalah salah satu bagian tubuh manusia yang bisa bikin Anda tetap hidup tanpanya.

Namun, tanpa lambung, Anda bisa mengalami masalah terkait pencernaan.

“Bisa muncul keluhan, seperti mudah lapar dan sering buang air besar (BAB). Karena seharusnya, makanan akan dicerna oleh lambung dahulu baru masuk ke usus. Namun, kalau tidak ada lambung, makanan akan langsung masuk ke usus,” jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: 8 Hal yang Bisa Terjadi pada Organ Intim Wanita Usai Berhubungan Seks

2. Limpa

Saat seorang wanita dalam keadaaan hamil, limpa bertugas memproduksi darah dan sel pertahanan untuk janin yang sedang berkembang.

Setelah bayi lahir, fungsi limpa akan kembali normal, yaitu menjadi tempat menyimpan trombosit darah, membuat antibodi, dan menghancurkan sel-sel abnormal dalam darah.

Karena menjadi organ tubuh manusia yang punya fungsi tersebut, limpa bisa saja cedera dan perlu diangkat. Menurut dr. Devia, hal tersebut bukannya mematikan, namun malah menyelamatkan.

Walau demikian, seseorang yang tidak punya limpa lebih berisiko terkena penyakit infeksi di kemudian hari.

3. Organ Reproduksi

Terdapat beberapa penyakit yang dapat muncul di organ reproduksi, salah satunya kanker.

Berdasarkan dr. Devia, kasus tersebut membuat organ reproduksi harus diangkat guna meningkatkan peluang hidup pasien.

Meski tanpa organ reproduksi, seseorang bisa tetap hidup dengan normal. Hanya saja, orang tersebut tidak akan bisa lagi memiliki keturunan dengan proses alami, dan cenderung memiliki libido rendah lantaran minimnya hormon seks.

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Ini Organ Tubuh yang Terdampak Virus Corona

4. Usus Buntu

Merujuk John Hopkins Medicine, dokter masih belum 100 persen yakin mengapa tubuh manusia membutuhkan usus buntu.

Sejauh ini, fungsi bagian tubuh manusia tersebut diketahui untuk menghasilkan imunoglobulin, protein yang membantu sistem kekebalan melawan infeksi.

Namun, fungsi tersebut sebenarnya bisa dilakukan oleh organ lainnya. Atas dasar itu, usus buntu tidak sepenuhnya diperlukan untuk bertahan hidup.

Dijelaskan oleh dr. Devia, hingga kini belum ditemukan adanya komplikasi yang muncul akibat pengangkatan usus buntu.

“Namun, bisa ada komplikasi operasi pengangkatan usus buntu, yaitu perlengketan usus dengan bagian lain maupun organ sekitarnya. Jadi, yang menimbulkan masalah adalah operasi, bukan karena usus buntunya hilang,” tegas dr. Devia.

5. Satu Paru-paru

Tugas utama paru-paru adalah mengambil oksigen dari luar untuk ditransfer ke aliran darah.

Bagian tubuh ini juga bertugas mengeluarkan gas limbah karbondioksida dari dalam tubuh.

Walau begitu, seseorang tetap dapat hidup meski hanya memiliki satu paru-paru di dalam tubuhnya. Pasalnya, paru-paru sebelah kiri dan kanan dilengkapi dengan semua bagian yang diperlukan untuk berfungsi.

Oleh karena itu, Anda tetap dapat bernapas meski hanya memiliki satu paru-paru. Hanya saja, napas Anda mungkin akan terasa berbeda dan tubuh juga cenderung mudah lelah.

Artikel Lainnya: Fungsi Organ Reproduksi Wanita yang Mungkin Belum Anda Tahu

6. Amandel

Anda mungkin sudah tidak asing dengan operasi pengangkatan amandel. Maka, sudah tidak kaget dengan kabar bahwa seseorang dapat tetap hidup meski tak memiliki amandel.

Seperti organ lain dalam sistem limfatik, tugas utama amandel adalah untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit.

Organ tersebut bekerja dengan menangkap kuman yang masuk ke tubuh melalui mulut, dan mengingatkan tubuh untuk memproduksi sel darah putih.

Namun, amandel bukan satu-satunya organ yang bekerja untuk hal tersebut. Fungsinya dapat dibantu atau digantikan dengan organ lain yang masih berhubungan.

7. Ginjal

Ginjal adalah sepasang organ yang memiliki bentuk berbeda, dan terletak di sistem saluran kemih. Bagian tubuh manusia tersebut berperan dalam menyaring racun, dan memproduksi hormon untuk mengatur tekanan darah.

Jika kehilangan kedua ginjal, Anda perlu melakukan cuci darah atau dialisis seumur hidup. Jika tidak demikian, peluang untuk bertahan hidup sangat tipis.

Meski begitu, seseorang yang kehilangan satu ginjal tetap dapat bertahan hidup tanpa harus cuci darah. Asalkan, orang tersebut menerapkan gaya hidup sehat sehingga satu ginjal yang tersisa dan fungsinya dapat terus optimal.

Seseorang dapat tetap hidup meski tak memiliki organ tubuh manusia yang lengkap. Namun, dengan absennya organ tertentu, penyakit mungkin akan lebih mudah menyerang.

Ingin lebih jelas atau punya pertanyaan tentang fungsi organ manusia? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter menggunakan LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Organ tubuh

Konsultasi Dokter Terkait