HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan Tubuh Anda
Diet dan Nutrisi

Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan Tubuh Anda

dr. Valda Garcia, 13 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bunga lawang dikenal sebagai rempah-rempah untuk penguat rasa. Tidak disangka, manfaat bunga lawang untuk kesehatan juga sangat luar biasa. Cek faktanya.

Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bunga lawang (star anise) adalah salah satu rempah yang biasa digunakan untuk membuat semur, kari, dan sup. Meski ukurannya kecil, rempah ini ternyata punya banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Bunga lawang terkenal akan kandungan flavonoid dan polifenol yang berlimpah. Selain itu, rempah ini juga menyimpan senyawa lain di dalamnya, seperti kuersetin, linalool, asam galat, dan sebagainya. 

Kandungan tersebut menjadikan bunga lawang memiliki khasiat yang beragam untuk kesehatan. Mulai dari untuk mengatasi flu hingga menyehatkan kulit.

Untuk lebih jelasnya, mari simak sejumlah manfaat bunga lawang yang bisa Anda peroleh berikut ini: 

1. Sebagai Antioksidan

Berbagai senyawa yang ada di dalam bunga lawang dapat berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari masalah akibat radikal bebas. 

2. Melawan Radikal Bebas

Setiap hari kita sering kali dihadapkan dengan berbagai polusi. Kandungan antioksidan di dalam bunga lawang juga dapat membantu melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

3. Bersifat Antiradang

Bunga lawang juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Misalnya, ketika sedang mengalami suatu infeksi. Itu karena  kandungan antioksidan di dalam bunga lawang bersifat sebagai antiradang. 

Artikel lainnya: Efek Samping Daun Sambiloto Jika Dikonsumsi Sembarangan

4. Berpotensi sebagai Antikanker

Salah satu penelitian yang terbit dalam National Library of Medicine (PubMed) tahun 2013 mengatakan, antioksidan dalam bunga lawang memiliki sifat antikanker. 

Sayangnya, penelitian tersebut masih sebatas pada hewan, sehingga efeknya pada manusia belum diketahui secara pasti.

5. Mengatasi Flu

Salah satu manfaat bunga lawang untuk kesehatan adalah dapat mengatasi flu. Ini berkat senyawa di dalamnya yang disebut asam shikimat. Senyawa tersebut biasa ditemukan dalam obat yang digunakan untuk mengobati flu.

6. Meredakan Gangguan Pencernaan

Bunga lawang dapat membantu meredakan perut kembung. Selain itu, rempah yang satu ini juga dapat mengatasi kram dan menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus untuk membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

7. Menangani Infeksi Saluran Pernapasan

Siapa sangka, bunga lawang ternyata berkhasiat untuk kesehatan saluran pernapasan Anda? 

Jadi, jika Anda mengalami batuk, sakit tenggorokan, atau merasakan gejala awal flu, secangkir teh bunga lawang dapat mengatasi peradangan dan menetralkan infeksi yang mendasari keluhan tersebut. 

Artikel lainnya: Manfaat Chasteberry untuk Kesehatan Sistem Reproduksi Wanita

8. Sebagai Antijamur

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Korean Journal of Medical Mycology, ekstrak bunga lawang dan minyak esensial dapat secara efektif melawan Candida albicans.

Candida albicans merupakan penyebab infeksi jamur di area genital, mulut, dan kulit. 

9. Menghilangkan Stres

Memasukkan bunga lawang dalam masakan bermanfaat untuk menghilangkan stres dan kecemasan, lho.  

Dalam penelitian berjudul Neurotropic Components from Star Anise (Illicium verum HOOK. fil.), bunga lawang dikenal memiliki beberapa sifat obat penenang. 

10. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bersamaan dengan efek menenangkan, hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan dan magnesium di dalamnya.

Bunga lawang dikenal dapat merangsang pelepasan neurotransmiter di otak, yang akan membuat Anda lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. 

11. Antibakteri

Sebuah penelitian yang dimuat dalam National Library of Medicine (PubMed) tahun 2013 mendapati bahwa ekstrak bunga lawang bermanfaat untuk menghalangi pertumbuhan E. coli. E. coli merupakan sejenis bakteri yang dapat menyebabkan diare dan pneumonia.

12. Baik untuk Kesehatan Kulit

Karena memiliki kandungan antioksidan tinggi, bunga lawang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. 

Dengan demikian, bunga lawang dapat membantu menurunkan risiko munculnya kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan menutupi bekas luka. Kulit Anda pun akan tetap terlihat awet muda dan cerah terawat.

Tertarik dengan manfaat bunga lawang untuk kesehatan? Jika ya, Anda wajib mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Hindari berlebih-lebihan, karena malah dapat berefek buruk bagi tubuh Anda. 

Jika dikonsumsi secara berlebihan, bunga lawang bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit perut, mual, jantung berdebar, sampai diare.

Butuh saran dan masukan agar bisa menikmati manfaat bunga lawang sepenuhnya? Anda bisa mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter dengan mengandalkan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

bungaherbal

Konsultasi Dokter Terkait