Kehamilan

Manfaat Makan Kurma untuk Ibu Hamil

Krisna Octavianus Dwiputra, 20 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kurma menjadi salah satu buah kaya nutrisi. Bahkan, punya manfaat yang baik untuk ibu hamil. Apa saja manfaat kurma untuk kehamilan?

Manfaat Makan Kurma untuk Ibu Hamil

Buah kurma identik dengan bulan Ramadan dan kerap disajikan sebagai makanan utama berbuka puasa. Buah kurma ternyata juga punya manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, lho!

Apa saja manfaatnya? Simak daftar manfaat makan kurma untuk ibu hamil lewat ulasan berikut ini.

Mengenal Nutrisi Kurma

Buah asal Timur Tengah ini bisa dikonsumsi secara segar atau dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Untuk menentukan segar atau tidaknya buah kurma, hal itu dapat dilihat dari kulitnya.

Apabila tekstur kulit kurma halus tanpa kerutan, buah ini bisa dikatakan segar. Sedangkan bila kulit buahnya keriput atau berkerut, kurma tersebut sudah kering. Kendati begitu, kurma kering dan segar tetap sehat untuk dikonsumsi.

Di dalam 100 gram buah kurma, Anda bisa mendapatkan manfaat nutrisi berikut:

  • Kalori: 227 Kkal
  • Serat: 6,7 gram
  • Protein: 1,8 gram
  • Zat Besi: 0,9 mg
  • Folat: 15 mcg
  • Lemak: 0,2 gram
  • Vitamin K: 2,7 mcg
  • Kalium: 696 mg
  • Magnesium: 54 mg

Artikel Lainnya: Benarkah Konsumsi Kurma Muda Bikin Promil Sukses?

Manfaat Kurma untuk Bumil

Berikut adalah beberapa manfaat buah kurma yang bisa didapat untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

1. Mencegah Sembelit

Menurut dr. Devia Irine Putri, kandungan serat buah kurma menghadirkan manfaat kesehatan tersendiri untuk kehamilan. Serat dari buah kurma merupakan sumber nutrisi baik untuk mencegah sembelit yang sering dialami ibu hamil.

2. Mencegah Anemia dan Sumber Energi

Dokter Devia juga mengatakan, "Zat besi dari buah kurma bagus untuk mencegah anemia saat hamil. Selain itu kalorinya yang tinggi juga bisa menjadi sumber energi bagi ibu.”

Perlu diketahui, zat besi merupakan nutrisi penting bagi tubuh guna menghasilkan asupan darah yang cukup. Saat hamil, tubuh ibu harus menyediakan pasokan darah dua kali lipat untuk dirinya sendiri dan juga janin. Apabila kekurangan darah, ibu rentan mengalami anemia.

Artikel Lainnya: Kurma Dapat Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

3. Membantu Pertumbuhan Tulang Janin

"Sumber vitamin K dalam buah kurma bisa bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dalam janin. Tak hanya itu, sumber vitamin K bisa menjaga kekuatan otot dan fungsi saraf ibu," jelas dr. Devia Irine.

Dilansir dari Pregnancy Birth and Baby, kekurangan vitamin K dapat menyebabkan bayi mengalami perdarahan. Untuk ibu hamil, atau ibu yang sedang menyusui, Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin K harian dengan mengonsumsi buah kurma.

4. Menjaga Tekanan Darah Stabil

Dokter Devia menjelaskan, buah kurma bisa menjadi sumber kalium agar tekanan darah ibu hamil agar tetap stabil. Apabila tekanan darah tak stabil, misalnya lebih tinggi dari batas normal, ibu rentan mengalami komplikasi kehamilan.

Salah satu bahaya tekanan darah tinggi saat hamil adalah persalinan prematur dan melahirkan lewat operasi caesar.

5. Menjaga Keseimbangan Garam dan Air dalam Tubuh

Nutrisi kalium dalam buah kurma berguna untuk mengatur tekanan darah, mencegah kram otot, dan menjaga kadar garam serta air saat hamil.

6. Mencegah Cacat Lahir

Kurma merupakan sumber asam folat yang baik. Nutrisi asam folat dapat mencegah risiko cacat bawaan bayi yang berhubungan dengan otak dan sumsum tulang belakang.

Artikel Lainnya: 5 Bekal Penting Bagi Ibu Hamil Trimester Akhir Saat Naik Pesawat

Bumil, Perhatikan Hal Ini Sebelum Makan Kurma

Meskipun bermanfaat untuk kehamilan, ada beberapa efek samping yang bisa dirasakan apabila ibu kebanyakan makan kurma. Berikut bahaya yang harus bumil waspadai:

  • Berat badan bertambah saat hamil karena jumlah kalori kurma cukup besar.
  • Meningkatnya kadar gula darah saat hamil.
  • Risiko mengembangkan diabetes gestasional.
  • Kerusakan gigi apabila ibu tidak rajin membersihkan mulut.

Selain itu, menurut dr. Devia, tetap ada risiko alergi kalau makan kurma, tetapi ini sangat jarang terjadi.

"Tidak ada takaran atau porsi ideal makan kurma. Namun, kurma sebaiknya dikonsumsi sebanyak 3-6 biji per hari saja, itu sudah cukup. Karena kurma mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi," kata dr. Devia.

Bila mengonsumsi kurma terlalu banyak, ibu bisa kekenyangan dan malah tak berselera makan makanan bernutrisi lain.

Itu dia manfaat makan kurma saat hamil, apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, Anda bisa konsultasi dengan dokter langsung melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

Ibu Hamil

Konsultasi Dokter Terkait