Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Punya Pasangan Tapi Merasa Kesepian, Mungkin Ini Alasannya

Punya Pasangan Tapi Merasa Kesepian, Mungkin Ini Alasannya

Punya pacar tapi kok tetap merasa kesepian ya? Jangan keburu bingung, coba simak kemungkinan penyebabnya menurut psikolog.

Punya pasangan umumnya dapat membuat seseorang lebih bahagia dan merasa tidak sendirian. Karena, sang kekasih biasanya kerap menemani keseharian, menjadi teman cerita, dan memberi support saat dibutuhkan.

Namun, bagaimana bila hal sebaliknya yang justru terjadi? Anda malah merasa kesepian meski punya pacar. Kira-kira, apa yang salah?

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Merasa Kesepian meski Punya Pacar

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengungkapkan, adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi bisa menjadi penyebab utama seseorang sering merasa kesepian meski sudah memiliki pacar.

Kebutuhan apa saja? Hal tersebut bisa berupa bentuk perhatian, kasih sayang, dan penghargaan dari pasangan. Nyatanya, sering menghabiskan waktu berdua tidak menjamin semua kebutuhan tersebut akan dipenuhi.

“Selain itu, kurangnya interaksi dan komunikasi terbuka juga jadi penyebab lainnya kenapa seseorang bisa merasa kesepian meski sudah punya pasangan,” ujar Ikhsan.

“Akibatnya, saat bertemu pun tidak ada getaran cinta atau topik perbincangan yang akan dibahas. Padahal, ketika dua orang sudah saling nyaman, mereka tidak perlu mencari ide topik untuk membangun perbincangan,” jelasnya.

Bila Anda jadi salah satu orang yang mungkin sering merasa kesepian walau sudah punya pasangan, jangan biarkan keadaan berlarut begitu saja. Depresi mungkin akan mengintai.

Artikel lainnya: Dampak Sering Kesepian dan Galau bagi Kesehatan

Ikhsan menjelaskan, rasa hampa selama berpacaran bisa membuat seseorang merasa tersiksa dan akhirnya depresi. Selain itu, emosi juga jadi lebih tidak stabil dari biasanya.

Hal ini jelas bisa memicu konflik dalam hubungan. Lalu, tidak menutup kemungkinan akan terjadi perselingkuhan.

2 dari 3 halaman

Harus Bagaimana agar Tidak Kesepian Lagi?

Nah, agar dampak buruknya tidak menimpa Anda atau pasangan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu:

1. Bina Kembali Hubungan

Jangan sungkan untuk membina lagi hubungan yang sudah ada. Ungkapkan apa yang sedang Anda rasakan seputar hubungan yang terjalin.

Beritahu pasangan tentang keinginan Anda. Jangan lupa juga dengarkan isi hati pasangan. Saling terbuka dan mulailah dari nol.

2. Habiskan Waktu Bersama

“Menghabiskan waktu berdua juga bisa meningkatkan bonding antara pasangan. Coba lakukan kegiatan yang Anda sukai dan ajak dia,” saran Ikhsan.

“Sama juga sebaliknya, ajak pasangan melakukan kegiatan yang ia sukai dan jangan lupa berpartisipasi.”

Artikel lainnya: Perhatikan, Ini 8 Ciri-ciri Hubungan Cinta Akan Kandas!

3. Jangan Paksakan Diri Sendiri

Apabila kondisi ini terjadi saat pacaran, coba introspeksi diri dan pasangan. Apalah kalian benar-benar cocok satu sama lain atau hanya takut kehilangan?

Bila Anda terus merasa kesepian, bukan tidak mungkin jadi kehilangan perasaan pada pasangan.

Jadi, coba komunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan. Apabila sudah tidak ada solusi, mungkin memutuskan untuk sendiri bisa jadi jalan tepat untuk sekarang.

4. Lakukan Me Time

Sebisa mungkin lakukan me time meski sudah memiliki pasangan. Anda bisa menghabiskan waktu ke salon, berbelanja ke mall, traveling, dan sebagainya.

Sesekali coba pikirkan diri sendiri. Minta pasangan untuk mengerti kondisi yang sedang dilalui. Setelah me time, biasanya hubungan akan terasa lebih baik.

5. Minta Bantuan Psikolog

“Kalau sebelum menikah pun sudah pernah merasa demikian, coba hubungi tenaga profesional untuk dicari tahu apa akar masalahnya,” ujar Ikhsan.

“Biasanya terapis akan memberikan sesi terapi untuk beberapa kali guna mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi,” tutupnya.

Jangan langsung terburu-buru ambil keputusan untuk berpisah. Sebaiknya, usahakan yang terbaik dulu untuk menyelamatkan hubungan Anda dan pasangan.

Untuk mengetahui tips seputar kehidupan asmara lainnya dari psikolog, download aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar