Covid-19

Perlukah Pakai Dua Masker Medis Sekaligus untuk Cegah COVID-19?

Tamara Anastasia, 02 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Merasa kurang maksimal memakai satu, Anda jadi pakai dua masker medis sekaligus untuk menghalau paparan COVID-19. Apakah cara ini efektif?

Perlukah Pakai Dua Masker Medis Sekaligus untuk Cegah COVID-19?

Sedia masker sebelum keluar rumah. Ungkapan ini boleh jadi sangat cocok di masa pandemi seperti sekarang. Pemakaian masker memang terbukti bisa menurunkan risiko terpapar virus corona.

Bahkan, tak cukup satu, banyak orang pakai dua masker medis sekaligus! Namun, efektifkah cara ini? Atau jangan-jangan, cuma menambah sesak saja saat bernapas?

 

Efektifkah Pakai Masker Double untuk Cegah COVID-19 

Dilansir dari CNN Health, kemunculan varian baru virus corona yang mudah menular di Amerika Serikat membuat pemerintah setempat meminta masyarakat untuk meningkatkan perlindungan diri.

Anthony Fauci, Kepala Penasihat Medis Presiden Joe Biden mengatakan, “Memakai satu lapis masker, lalu menambahkan satu lapisan masker lagi, adalah tindakan yang sangat masuk akal dan mungkin akan lebih efektif dalam menangkal virus corona.”

Presiden Biden dan Wapres Kamala Harris memang telah menerapkan cara ini sebelum keduanya dilantik. Pada hari pelantikan, Biden dan Harris beserta masing-masing pasangan juga memakai dua masker untuk menambah proteksi diri. 

Faktanya, penelitian menunjukkan masker satu lapis tidak terlalu efektif dalam memblokir aerosol. Bahkan, masker kain 2-3 lapis buatan sendiri hanya memiliki efektivitas 50-60 persen.

Masker bedah, juga disebut masker medis, terbuat dari tiga lapis kain. Bagian terluar adalah lapisan antiair.

Artikel lainnya: Masker Scuba Dianggap Tak Efektif Atasi Virus Corona, Ini Alasannya!

Sementara itu, lapisan tengah berperan sebagai filter atau penyaring kuman, virus, debu, dan lainnya. Terakhir, lapisan dalam berfungsi menyerap cairan yang keluar dari hidung ataupun mulut.

Menanggapi hal ini, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan, “Rekomendasi WHO untuk masker adalah tiga lapis. Dan, masker bedah itu standarnya sudah tiga lapis. Jadi, memang dianjurkannya satu masker bedah saja sudah cukup,” ujarnya. 

Menambahkan pernyataan tersebut, dr. Sepriani Timurtini Limbong mengutarakan, “Masker medis satu buah kalau digunakan dengan benar sebenarnya sudah efektif.”

“Tetapi, kalau Anda mau menggunakan dua masker medis, juga tidak masalah. Yang terpenting, benar cara penggunaannya, yaitu menutupi area hidung dan mulut, tidak ada gap antara kulit wajah dan masker,” tegasnya.

Artikel lainnya: Tren Gunakan Tisu untuk Penyaring di Masker Kain, Benarkah Efektif?

Tips Memakai Masker 2 Lapis Sekaligus 

Jadi, kuncinya ada di cara memakai masker medis. Mau memakai satu atau lebih masker, kalau penggunaannya keliru, tidak akan maksimal memproteksi Anda dari virus corona.

Berikut beberapa tips cara memakai masker:

  • Pastikan pemakaian masker dilakukan dengan benar. Anda harus memastikan masker menutupi area hidung, mulut, dan tidak ada jarak antara kulit wajah dan masker.
  • Jika Anda ingin menggunakan masker kain sebagai lapisan paling luar, lapisi lagi dengan masker bedah di dalamnya. Anda juga diminta untuk memilih bahan dasar kain dengan tenunan yang ketat.
  • Pastikan untuk mencuci masker kain setiap kali selesai dipakai, lalu segera buang masker bedah. Jangan gunakan masker bedah dua kali karena bisa menurunkan efektivitas masker.

Masker bedah yang kotor justru berpotensi membuat penggunanya jadi sulit untuk bernapas dan memudahkan virus masuk. 

  • Saat mencuci masker kain, jangan gosok masker terlalu kencang. Rendam dalam air sabun lalu bilas hingga bersih. Setelahnya, keringkan masker hingga setiap bagiannya kering merata. 

Artikel Lainnya: Kenali Jenis Masker Kain Sesuai SNI dan Cara Membuatnya

Kapan Harus Memakai Masker 2 Lapis?

Anda tidak selalu harus memakai masker dua lapis, apalagi jika sudah menggunakan masker medis dengan benar. Namun, jika Anda tetap ingin pakai masker dua lapis, gunakanlah di tempat yang berventilasi buruk. 

“Kapan dianjurkan pakai menggunakan masker berlapis? Kalau Anda di berada di tempat dengan ventilasi yang buruk dan tidak memungkinkan jaga jarak, tinggal di daerah dengan angka COVID-19 yang tinggi, serta bersama orang usia lanjut atau komorbid tertentu,” ujar dr. Sepriani.

Selain itu, saat sedang berkumpul dengan teman atau kerabat, Anda juga bisa meningkatkan proteksi diri dengan menggunakan masker dua lapis.

Meski teman Anda terlihat sehat, bukan berarti mereka tidak terinfeksi virus corona. Ingat, tidak semua orang yang positif virus corona itu bergejala, jadi tetap waspada ya! 

Pantau info terbaru seputar virus corona dan cara penularannya dengan men-download aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

virus corona

Konsultasi Dokter Terkait