Sukses

Nutrisi dan Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh

Buah pala kerap dimanfaatkan sebagai penambah rasa masakan. Lebih dari itu, ternyata rempah ini punya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah pala sudah cukup populer di Indonesia. Rempah ini sering kali dicari untuk menambah kelezatan dan aroma masakan, misalnya semur atau kari.

Tak cuma makanan, beberapa jenis minuman pun dapat dicampur dengan buah pala. Anda bisa mencobanya ketika meminum mulled wine atau chai tea yang hangat. Minuman ini cocok dinikmati di musim hujan seperti saat ini.

Tahukah Anda? Buah pala nyatanya juga memiliki nutrisi dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, lho. Apa saja?

1 dari 3 halaman

Nutrisi Istimewa Buah Pala

Dilansir dari WebMD, berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung di dalam buah pala:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Mangan
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Fosfor
  • Zinc
  • Zat besi

Satu sendok teh buah pala dapat mengandung:

  • Kalori: 12
  • Lemak: 1 gram
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Gula: 1 gram

Pala biasanya aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Meski begitu, 2 sdt atau 5 g buah pala terkadang dapat menimbulkan gejala keracunan.

Dalam jumlah yang lebih besar, gejala dapat menjadi lebih buruk. Komplikasi serius atau bahkan kematian pun bisa terjadi bila tidak cepat ditangani.

Kasus keracunan buah pala umumnya terjadi pada orang-orang yang mencoba menggunakan rempah-rempah untuk mendapatkan efek halusinasi rekreasional (teler atau high) atau anak-anak yang tidak sengaja mengonsumsinya.

Artikel lainnya: Ini Manfaat Biji Pala untuk Kecantikan Kulit Wajah

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Kalau penggunaannya tepat, buah pala bisa mendukung kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa khasiat yang dapat diperoleh:

1. Mengandung Antioksidan

Menurut dr. Devia Irine Putri, buah pala mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Manfaat ini juga meliputi pencegahan terhadap kerusakan sel tubuh.

2. Efek Antiradang

"Buah pala diketahui memiliki efek antiinflammatory karena kandungan monoterpenes, yang meliputi sabinene, terpineol, dan pinene,” jelas dr. Devia.

Namun, ia mengungkapkan penelitian mengenai efek tersebut masih sebatas pada hewan. Jadi, diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Artikel lainnya: Kenali Efek Negatif di Balik Manfaat Pala

3. Bersifat Antibakteri

Dokter Devia mengatakan, buah pala dapat melawan bakteri E. coli dan Streptococcus mutans pada penelitian test tube. Akan tetapi, khasiatnya bagi manusia tetap perlu diteliti lebih lanjut. 

4. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Buat Anda yang punya masalah tekanan darah tinggi, buah pala bisa membantu mengontrolnya. Menurut dr. Devia, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pala yang tinggi, serta kaya akan mineral untuk membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

5. Meningkatkan Libido

Melansir Healthline, penelitian pada hewan menunjukkan buah pala dapat meningkatkan gairah dan kemampuan seksual. Peneliti berpendapat efek tersebut dihasilkan dari peran buah pala dalam menstimulasi sistem saraf dan kandungan senyawa tanamannya.

Buah pala lebih mudah dikonsumsi dalam bentuk bubuk. Anda dapat menambahkannya ke kopi, hot chocolate, teh, atau susu hangat. Lalu, hidangan sayuran atau oatmeal pun bisa ditambahkan bubuk buah pala.

Buah pala sangat mudah dipadukan dengan berbagai macam makanan dan minuman. Yang penting, jangan konsumsi buah pala berlebihan dan perhatikan bila ada keluhan kesehatan yang muncul setelahnya.

Gejala yang bisa muncul berupa pusing, disorientasi, muntah, dan lain sebagainya. Bila hal itu terjadi segera hentikan konsumsinya dan konsultasikan ke dokter. Jadi, Anda bisa mengetahui apakah keluhan timbul akibat buah pala atau bukan.

Ketahui beragam jenis rempah dan manfaatnya bagi kesehatan di KlikDokter. Layanan Live Chat dengan dokter pilihan Anda juga bisa dilakukan untuk konsultasi hanya lewat smartphone!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar