Kesehatan Anak

Penyebab Kemaluan Anak Bengkak yang Mesti Diwaspadai

dr. Devia Irine Putri, 14 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penis bengkak juga dapat dialami anak-anak. Yuk, cari tahu penyebab kemaluan anak bengkak dan cara terbaik mengatasinya menurut dokter!

Penyebab Kemaluan Anak Bengkak yang Mesti Diwaspadai

Anak belum dapat merawat tubuhnya dengan saksama. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin jika ia lebih rentan terserang penyakit akibat paparan kuman.

Salah satu penyakit yang bisa terjadi akibat kurang perawatan pada area kelamin adalah penis anak bengkak. Kondisi ini mesti diwaspadai dan segera diatasi agar tidak berlanjut dan bertambah parah.

Penyebab Kemaluan Anak Bengkak

Kelamin anak laki-laki bengkak bisa disebabkan oleh beberapa kondisi berikut:

1. Balanitis

Balanitis adalah penyebab umum pembengkakan penis. Sekitar 3-11 persen laki-laki pernah mengalami balanitis seumur hidupnya. Kondisi ini ditandai dengan kepala penis yang meradang.

Balanitis biasanya menyerang laki-laki yang tidak atau belum disunat. Mereka yang tidak merawat kebersihan penisnya dengan baik juga lebih berisiko mengalami kondisi ini.

Selain penis anak bengkak, balanitis juga biasanya disertai gejala:

  • Kemerahan
  • Kulit mengilap dan tebal
  • Gatal
  • Bau tidak sedap
  • Sakit saat buang air kecil
  • Luka
  • Kelenjar getah bening bengkak di selangkangan
  • Smegma, yaitu keluarnya cairan putih tebal di bawah kulup

Sebagian besar kasus balanitis disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur Candida albicans. Penyebab tersering kedua dari balanitis adalah bakteri Streptococcus.

Artikel lainnya: Kelainan Kelamin yang Bisa Terjadi pada Anak Laki-Laki

2. Fimosis

Penyebab kelamin bayi laki-laki bengkak juga bisa berupa fimosis. Kondisi ini dapat dikategorikan normal.

Fimosis ditandai dengan kulup atau kulit kepala penis yang melekat, sehingga tidak bisa ditarik ke belakang. Hal ini akan membuat penis bengkak dan mengalami beberapa gejala lainnya, seperti:

  • Nyeri
  • Gatal
  • Ruam
  • Perubahan warna pada kulup penis

Tidak perlu khawatir, bengkak dan infeksi akibat fimosis biasanya akan sembuh dengan sendirinya pada masa pubertas atau usia 17 tahun. 

Namun, jika kondisi itu berulang menempel atau bahkan menjadi infeksi yang lebih parah, maka prosedur sunat bisa menjadi pilihan.  

3. Alergi

Penyebab lain penis anak bengkak adalah dermatitis kontak. Kondisi ini melibatkan reaksi alergi terhadap zat atau cairan tertentu yang menyebabkan iritasi pada penis, misalnya sabun.

Selain menyebabkan penis bengkak, alergi biasanya juga dibarengi gejala lain, seperti:

  • Kemerahan
  • Gatal
  • Penis kering
  • Lecet

4. Digigit Serangga

Hal lain yang juga dapat menyebabkan kemaluan anak bengkak yaitu gigitan serangga. Apabila penis anak bengkak akibat gigitan serangga, maka tidak ada pengobatan spesifik yang harus dilakukan. Umumnya kondisi ini akan membaik dengan sendirinya. 

Kendati demikian, orangtua harus memerhatikan agar anak tidak menggaruk penis yang bengkak akibat digigit serangga. Gunakan juga kompres air dingin untuk mengurangi bengkak.

5. Parafimosis

Parafimosis adalah penyebab lain kelamin anak laki-laki bengkak, khususnya yang belum disunat. Kondisi ini terjadi ketika kulup penis yang ditarik tidak dapat kembali ke posisi semula.

Parafimosis juga dapat terjadi akibat prosedur medis yang melibatkan bergeraknya kulup penis, misalnya pemasangan kateterisasi, sistoskopi, atau pemeriksaan penis secara umum. 

Jika dibiarkan, pembengkakan dapat menyumbat aliran darah ke penis dan menyebabkan perubahan warna kulit menjadi biru atau keunguan.

Parafimosis adalah salah satu kondisi berbahaya karena dapat menyebabkan kematian jaringan apabila tidak ditangani segera.

Artikel lainnya: Waspadai Bila Testis Bayi Tidak Turun

Solusi Kemaluan Anak Bengkak

Cara mengatasi penis anak bengkak harus disesuaikan dengan penyebabnya. Mengingat banyak kemungkinan penyebab kelamin anak laki-laki bengkak, penting dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Apabila disebabkan infeksi, maka perlu diketahui infeksi apa yang memicunya. Pemberian antibiotik atau antijamur diperlukan apabila terbukti infeksi bakteri atau jamur merupakan penyebab penis anak bengkak. Obat yang diberikan pun dapat berupa obat minum maupun krim.

Selain itu, pertolongan pertama saat menangani penis anak bengkak di rumah adalah mengompresnya dengan kain atau handuk dingin. Jaga pula kebersihan penis, Ibu bisa membersihkan penis dan bagian dalam kulup dengan air mengalir. 

Cara mengatasi penis anak bengkak lainnya adalah mengonsumsi obat antinyeri, misalnya parasetamol maupun ibuprofen yang dapat dibeli di apotek. Berikan dosis sesuai yang tertera pada label kemasan obat. 

Segera bawa si kecil ke dokter apabila penis bengkak disertai:

  • Nanah atau bau
  • Nyeri hebat
  • Bengkak dengan perubahan warna penis jadi kebiruan atau keunguan
  • Bengkak semakin parah atau tidak ada perbaikan
  • Bengkak dengan nyeri saat berkemih

Jangan anggap remeh masalah kemaluan anak bengkak. Konsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui penyebab dan pengobatannya.

#JagaSehatmu dan anak dengan selalu menjaga kebersihan area kelamin. Download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan banyak info penting seputar kesehatan organ intim.

(FR/JKT)

Referensi:

Medscape. Diakses 2022. Balanitis: Practice Essentials.

National Library of Medicine US. Diakses 2022. Paraphimosis.

National Library of Medicine US. Diakses 2022. Phimosis.

Kesehatan AnakPenisHari Anak Nasional

Konsultasi Dokter Terkait