Kesehatan Anak

Pentingnya Sinbiotik untuk Jaga Imun Anak Lahir Caesar

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 27 Jan 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Anak lahir caesar dapat tetap memiliki imunitas yang baik. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memberikan asupan sinbiotik.

Pentingnya Sinbiotik untuk Jaga Imun Anak Lahir Caesar

Daya tahan tubuh merupakan kunci utama untuk mencegah risiko penyakit, tak terkecuali pada si buah hati. Sayangnya, tidak semua anak memiliki daya tahan tubuh yang setara.

Salah satu faktor yang membuat daya tahan tubuh anak berbeda antara yang satu dengan lainnya adalah proses persalinan caesar.

Disebutkan bahwa metode persalinan tersebut dapat mempengaruhi komposisi bakteri pada tubuh si kecil, yang turut berperan menjaga daya tahan tubuhnya.

Pertanyaannya, apakah medis setuju dengan anggapan bahwa anak lahir caesar memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah?

Daya Tahan Tubuh Anak Lahir Caesar Lebih Sensitif?

Bayi yang dilahirkan secara normal dan caesar memiliki paparan bakteri baik yang berbeda.

Bagi bayi yang lahir normal, ia berkesempatan untuk berkontak dengan bakteri baik yang ada di jalan lahir.

Alhasil, bakteri tersebut akan masuk ke saluran cernanya guna mengoptimalkan sistem imunitas si kecil.

Lain halnya dengan bayi yang lahir caesar. Metode ini dilakukan dengan sangat steril, sehingga bayi tidak memiliki kesempatan untuk berkontak dengan bakteri baik.

Oleh karena itu, bayi yang lahir caesar memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih sensitif.

Terdapat sebuah dugaan bahwa bayi yang lahir caesar memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami alergi, infeksi, asma, dan gangguan kesehatan lainnya di kemudian hari.

Artikel Lainnya: Mungkinkah Melahirkan Normal Setelah Pernah Caesar?

Atasi Dengan Pemberian ASI

Salah satu cara menurunkan risiko penyakit lantaran bayi yang lahir caesar memiliki sistem kekebalan tubuh rendah adalah dengan memberikan ASI eksklusif.

Faktanya, ASI memiliki kandungan protein, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan oleh bayi untuk terus bertahan selama masa awal kehidupannya.

ASI juga merupakan sumber gizi sempurna dan mengandung bakteri baik yang berasal dari saluran pencernaan ibu.

Selain itu, ASI juga mengandung oligosaccharide yang merupakan sumber gizi bagi bakteri di sepanjang saluran pencernaan bayi.

ASI juga diketahui memiliki kandungan prebiotik dan probiotik, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan saluran pencernaan bayi.

Pemberian ASI pun dapat menyokong pertahanan tubuh si kecil dan terbukti dapat menurunkan risiko penyakit di kemudian hari.

Artikel Lainnya: Kapan Waktu Menyusui yang Tepat Usai Operasi Caesar?

Manfaat Sinbiotik bagi Imunitas Anak Lahir Caesar

Sinbiotik adalah sinergi dari probiotik dan prebiotik. Probiotik itu sendiri merupakan bakteri yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Contoh bakteri probiotik adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Bagaimana dengan prebiotik? Ini adalah ‘makanan’ yang tidak dicerna sehingga dapat menjadi asupan bagi probiotik untuk terus berkembang. Contoh prebiotik adalah fructo-oligosaccharide (FOS) dan galacto-oligosaccharide (GOS).

Nah, sinbiotik dipercaya memiliki efek sinergis yang menguntungkan kekebalan dan metabolisme anak.

Sinbiotik dapat mengompensasi kolonisasi bakteri yang tertunda pada anak yang lahir dari operasi caesar. Hal ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mikrobiota di usus si kecil.

Sinbiotik dapat dijumpai pada ASI. Atas dasar itu, setiap ibu dianjurkan untuk berupaya memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan pertama kehidupan. Pemberian ASI dapat terus dilanjutkan hingga si kecil berusia 2 tahun.

Jangan lupa kombinasikan pemberian ASI dengan makanan pendamping (MPASI) saat si kecil berusia 6 bulan atau lebih.

Dengan demikian, kebutuhan gizi bayi terus terpenuhi sehingga sistem kekebalan tubuhnya dapat berfungsi lebih optimal dalam menangkal penyakit.

Untuk informasi lebih lanjut tentang persiapan persalinan caesar, Mama bisa membaca mengenai informasi #SiapLewatiCaesar. Jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter juga ya, Ma.

ASI eksklusif adalah kunci penting untuk sinbiotik anak lahir cesar, agar dirinya tetap dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal.

Jika Anda punya kendala dalam pemberian ASI atau pertanyaan mengenai sinbiotik, tak perlu ragu untuk konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui fitur Tanya Dokter atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

sistem kekebalan tubuhAnakASI Eksklusif

Konsultasi Dokter Terkait