Sukses

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Keguguran

Ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi setelah keguguran. Tujuannya agar kondisi fisik dan mental ibu lebih baik. Apa saja makanan yang dimaksud?

Mengalami keguguran merupakan peristiwa yang paling tidak diinginkan oleh setiap wanita. Pasalnya, kondisi ini tak hanya berhubungan dengan kondisi fisik, namun juga erat dengan keadaan mental. 

Oleh sebab itu, setelah keguguran, ibu perlu mengambil waktu sejenak untuk merawat dirinya agar bisa sembuh hingga siap untuk hamil di lain waktu.  

Jadi, apabila baru saja mengalami keguguran, Anda perlu mengetahui hal-hal yang dapat membantu mempercepat pemulihan. Salah satu hal yang dimaksud adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Faktanya, memilih makanan setelah keguguran mesti yang bergizi dan sehat guna membantu mencukupi kebutuhan kalori dan mempercepat penyembuhan. 

Artikel Lainnya: Ibu Hamil, Waspadai Tanda-Tanda Keguguran Ini

Apa saja makanan-makanan yang dimaksud? Berikut ini beberapa di antaranya:

1 dari 10 halaman

1. Sumber Zat Besi

Keguguran bisa menyebabkan perdarahan dan dapat menurunkan kadar zat besi di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh pun terasa sangat lemas, dan pucat. 

Hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi asupan mengandung zat besi tinggi, seperti daging, sayuran hijau, kismis, beras merah, dan dark chocolate

Anda pun bisa mengonsumsi suplemen mengandung zat besi, khususnya setelah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

2 dari 10 halaman

2. Sumber Asam Folat

Ibu yang baru saja keguguran juga perlu mengonsumsi makanan kaya akan asam folat.

Jenis makanan ini dibutuhkan dalam jumlah seimbang untuk membantu mempercepat pemulihan setelah keguguran. Anda bisa mendapatkan asam folat dari brokoli, bayam, dan kale. 

3 dari 10 halaman

3. Vitamin C

Tak hanya baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan setelah keguguran, vitamin C juga bermanfaat untuk mengoptimalkan proses penyerapan zat besi.  

Anda bisa mendapatkan vitamin C dari aneka buah-buahan, seperti jambu, jeruk, pepaya, stroberi, dan lemon. 

Artikel Lainnya: Mitos Seputar Keguguran yang Perlu Diluruskan

4 dari 10 halaman

4. Kalsium

Saat hamil, tubuh ibu menggunakan simpanan kalsium untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Karena alasan ini, setelah keguguran, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya kalsium untuk mengganti simpanan yang sudah digunakan sebelumnya.

Beberapa sumber kalsium yang bisa Anda konsumsi, misalnya susu, keju, yoghurt, sayuran hijau. Kalsium juga bisa ditemukan dari ikan-ikanan, seperti salmon dan sarden. 

5 dari 10 halaman

5. Magnesium

Ibu yang baru saja keguguran sebaiknya memperbanyak asupan magnesium. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membantu memperbaiki sel tubuh dan mengatasi depresi setelah keguguran.

Beberapa sumber makanan yang mengandung magnesium, yaitu labu, sayuran hijau, dark chocolate, tahu, kacang almon, ikan, pisang, dan alpukat.

Artikel Lainnya: Abortus Komplit, Keguguran Tanpa Kuret dan Cara Perawatannya

6 dari 10 halaman

6. Protein

Usai keguguran, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih seperti sedia kala. Karena itu, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mengandung protein. 

Selain membantu mempercepat pemulihan, makanan berprotein juga membantu meningkatkan energi, lho.

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan asupan nutrisi tersebut, misalnya telur, ikan, susu, biji-bijian, dan daging tanpa lemak. 

7 dari 10 halaman

7. Serat dan Mineral Lainnya

Vitamin, mineral, dan serat sangat diperlukan oleh ibu yang baru saja keguguran untuk mengoptimalkan penyembuhan. 

Anda bisa menemukan vitamin, mineral, dan serat dari beragam jenis buah maupun sayuran. Pastikan untuk mengonsumsinya secara bervariasi, agar manfaatnya lebih optimal lagi.

Namun, untuk buah, Anda sebaiknya tidak mengolahnya dengan memberikan banyak gula atau kental manis. Pasalnya, racikan tersebut malah bisa merusak nutrisi. 

Sedangkan untuk sayur, hindari memasaknya terlalu lama, apalagi sampai lembek dan warnanya pucat. Sebab, hal tersebut bisa menurunkan rasa serta kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

8 dari 10 halaman

8. Comfort Food Sesekali

Setiap orang punya comfort food masing-masing. Istilah tersebut adalah untuk menggambarkan makanan yang bisa membuat tubuh, hati, dan pikiran menjadi lebih baik.

Ada orang dengan comfort food sup ayam, ada pula yang suka kue, minuman manis, atau lainnya. 

Jika comfort food Anda termasuk makanan yang kurang sehat, tak ada salahnya jika ingin mengonsumsinya sesekali untuk membangkitkan mood.

Setelahnya, Anda harus konsumsi makanan sehat yang direkomendasikan demi kesembuhan setelah keguguran.

9 dari 10 halaman

9. Jangan Lupa Cukupi Kebutuhan Cairan

Ibu yang baru saja keguguran juga wajib mengonsumsi cairan yang cukup setiap hari. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyembuhan, serta menghindari risiko dehidrasi. 

Cairan tak hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi air putih. Anda pun bisa mendapatkan asupan cairan dengan mengonsumsi minuman sehat lain, seperti air kelapa, jus buah tanpa tambahan apa pun, dan susu. 

Berduka setelah mengalami keguguran sangatlah wajar. Namun, jangan sampai perasaan duka tersebut terus-menerus menyelimuti dan mengendalikan diri Anda. 

Cobalah untuk bangkit dan memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang baik setelah keguguran. 

Apabila Anda terkendala atau kesulitan melewati masa-masa setelah keguguran, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar