Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Obat Lianhua Qingwen Efektif Sembuhkan COVID-19?

Benarkah Obat Lianhua Qingwen Efektif Sembuhkan COVID-19?

Belakangan ini, produk Lianhua Qingwen ramai diperbincangkan sebagai obat penyembuh COVID-19. Benarkah obat ini ampuh sembuhkan COVID-19?

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi mendengar nama obat yang berasal dari Cina, yakni Lianhua Qingwen. Kini, obat Lianhua Qingwen sedang banyak diburu dan digunakan oleh beberapa orang yang terinfeksi COVID-19.

Obat ini dipercaya dapat menyembuhkan pasien yang terkena COVID-19. Namun, apa  benar obat ini ampuh untuk atasi virus corona? Simak tanggapan dari dokter beserta bukti penelitian mengenai hal ini.

 

1 dari 3 halaman

Mengenal Kandungan dan Penelitian tentang Obat Lianhua Qingwen

Dilansir dari Hindawi Journal, Lianhua Qingwen Capsule (LQC) dikembangkan dari dua formula pengobatan tradisional Tiongkok, yaitu Maxing-Shigan-Tang dan Yinqiao-San.

Obat ini umumnya digunakan oleh tenaga medis Cina untuk mengobati infeksi virus influenza dan severe acute respiratory syndrome (SARS) pada tahun 2002-2003 lalu.

Di dalam obat Lianhua Qingwen terdiri dari 11 tumbuhan berikut ini:

  • Fructus Forsythiae (Lianqiao).
  • Flos Lonicerae Japonicae (Jinyinhua).
  • Herba Ephedrae (Mahuang).
  • Semen Armeniacae Amarum (Kuxingren).
  • Radix Isatidis (Banlangen).
  • Rhizoma Dryopteridis Crassirhizomatis (Mianmaguane ).
  • Herba Pogostemonis (Guanghuoxiang).
  • Radix et Rhizoma Rhei (Dahuang).
  • Radix et Rhizoma Rhodiolae Crenulatae (Hongjingtian).
  • Radix et Rhizoma Glycyrrhizae (Gancao).
  • Bersama dengan mentol dan obat mineral tradisional Cina, Gypsum Fibrosum (Shigao).

Masih melansir dari Hindawi, sebuah studi farmakologi modern menunjukkan Lianhua Qingwen juga memiliki kandungan antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi.

Artikel Lainnya: Virus Corona Bisa Dibunuh Dengan Herbal, Mitos atau Fakta?

Lalu, penelitian di Shanghai, Cina, pada tahun 2014 melaporkan efektivitas obat Lianhua Qingwen untuk menangani penyakit paru obstruktif kronis eksaserbasi akut.

Dalam proses studi, peneliti melibatkan 100 partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan kapsul Lianhua Qingwen dan kelompok kedua mengonsumsi kombinasi obat konvensional.

Menurut hasil penelitian, kondisi kelompok yang mengonsumsi obat Lianhua Qingwen membaik di hari kelima. Sedangkan kelompok yang diberi obat konvensional, kondisinya baru membaik setelah melakukan perawatan berkala.

Data penelitian mengatakan, obat Lianhua Qingwen dapat mempercepat perbaikan kondisi pasien penyakit paru obstruktif kronis eksaserbasi akut, terutama bagi subkelompok berisiko tinggi.

Obat asal Cina ini kemungkinan bekerja dengan menurunkan pelepasan mediator peradangan di dalam tubuh.

Terakhir, diwartakan dari National Centre for Biotechnology Information), obat Lianhua Qingwen secara signifikan dapat menghambat replikasi SARS-CoV-2 dan memperbaiki gejala demam, batuk, dan kelelahan.

Artikel Lainnya: Uji Klinis Jahe Merah sebagai Imunomodulator terhadap COVID-19

2 dari 3 halaman

Lantas, Apakah Lianhua Qingwen Efektif Mengatasi COVID-19?

Menanggapi ini, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan obat Lianhua Qingwen belum bisa dikatakan efektif dalam mengobati COVID-19. Sebab, belum ada metode penelitian yang menunjang mengenai keefektifan dari obat tersebut.

“Ada penelitian dari NCBI yang menunjukkan obat Lianhua Qingwen efektif dalam mengobati pneumonia virus corona. Tapi, karena kualitas metode penelitian yang masih buruk dan jumlah literatur yang sedikit, maka belum bisa dijadikan acuan untuk menentukan seberapa efektif metode tersebut,” tegas dr. Iqbal.

Merangkum berbagai penelitian di atas, obat Lianhua Qingwen belum bisa disebut ampuh untuk mengatasi COVID-19. Hampir sebagian besar laporan menyatakan bahwa obat asal Cina ini hanya meredakan gejala penyakit di organ paru dan bukan benar-benar mujarab untuk mengatasi COVID-19.

Artikel Lainnya: Izin Obat Klorokuin untuk COVID-19 Dicabut, Ini Alasannya!

Tak hanya itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM) menegaskan belum ada obat herbal, termasuk kapsul Lianhua Qingwen, yang disetujui untuk pengobatan COVID-19.

BPOM memang telah mengeluarkan izin edar obat Lianhua Qingwen dengan nomor TI144348471. Akan tetapi, Lianhua Qingwen disetujui BPOM untuk membantu meredakan gejala panas dalam seperti batuk dan tenggorokan kering.

BPOM mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan promosi produk herbal atau obat yang disebut-sebut bisa menyembuhkan COVID-19, termasuk Lianhua Qingwen. Pasalnya, sampai saat ini belum ada obat yang terbukti dapat menyembuhkan COVID-19.

Itu dia tadi penjelasan mengenai obat herbal Lianhua Qingwen asal Cina. Ikuti terus perkembangan virus corona di Indonesia dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter langsung via Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar