Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatCovid-19Benarkah Obat Lianhua Qingwen Efektif Sembuhkan COVID-19?
Covid-19

Benarkah Obat Lianhua Qingwen Efektif Sembuhkan COVID-19?

Tim Redaksi KlikDokter, 02 Agu 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Belakangan ini, produk Lianhua Qingwen ramai diperbincangkan sebagai obat penyembuh COVID-19. Benarkah obat ini ampuh untuk mengatasi COVID-19?

Benarkah Obat Lianhua Qingwen Efektif Sembuhkan COVID-19?

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi mendengar nama obat yang berasal dari Cina, yakni Lianhua Qingwen. Kini, obat Lianhua Qingwen sedang banyak diburu dan digunakan oleh beberapa orang yang terinfeksi COVID-19.

Obat ini dipercaya dapat menyembuhkan pasien yang terkena COVID-19. Namun, apa  benar obat ini ampuh untuk atasi virus corona? 

Simak penjelasan lengkap mengenai efektivitas obat Lianhua untuk COVID-19 dalam artikel berikut.   

Mengenal Kandungan dan Penelitian Tentang Obat Lianhua Qingwen

Dilansir dari Hindawi Journal, Lianhua Qingwen Capsule (LQC) dikembangkan dari dua formula pengobatan tradisional Tiongkok, yaitu Maxing-Shigan-Tang dan Yinqiao-San.

Obat ini umumnya digunakan oleh tenaga medis Cina untuk mengobati infeksi virus influenza dan severe acute respiratory syndrome (SARS) pada tahun 2002-2003 lalu.

Di dalam obat Lianhua Qingwen terdiri atas 11 tumbuhan berikut ini:

  • Fructus Forsythiae (Lianqiao).
  • Flos Lonicerae Japonicae (Jinyinhua).
  • Herba Ephedrae (Mahuang).
  • Semen Armeniacae Amarum (Kuxingren).
  • Radix Isatidis (Banlangen).
  • Rhizoma Dryopteridis Crassirhizomatis (Mianmaguane ).
  • Herba Pogostemonis (Guanghuoxiang).
  • Radix et Rhizoma Rhei (Dahuang).
  • Radix et Rhizoma Rhodiolae Crenulatae (Hongjingtian).
  • Radix et Rhizoma Glycyrrhizae (Gancao).
  • Bersama dengan mentol dan obat mineral tradisional Cina, Gypsum Fibrosum (Shigao).

Masih melansir dari Hindawi, sebuah studi farmakologi modern menunjukkan Lianhua Qingwen juga memiliki kandungan antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi.

Lalu penelitian di Shanghai, Cina, pada tahun 2014 melaporkan efektivitas obat Lianhua Qingwen untuk menangani penyakit paru obstruktif kronis eksaserbasi akut.

Artikel Lainnya: Suplemen untuk Mengatasi Kelelahan Setelah Sembuh dari COVID-19 

Dalam proses studi, peneliti melibatkan 100 partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan kapsul Lianhua Qingwen dan kelompok kedua mengonsumsi kombinasi obat konvensional.

Menurut hasil penelitian, kondisi kelompok yang mengonsumsi obat Lianhua Qingwen membaik di hari kelima. Sedangkan kelompok yang diberi obat konvensional, kondisinya baru membaik setelah melakukan perawatan berkala.

Data penelitian mengatakan, obat Lianhua Qingwen dapat mempercepat perbaikan kondisi pasien penyakit paru obstruktif kronis eksaserbasi akut, terutama bagi subkelompok berisiko tinggi.

Obat ini kemungkinan bekerja dengan menurunkan pelepasan mediator peradangan di dalam tubuh.

Terakhir, diwartakan dari National Centre for Biotechnology Information, obat Lianhua Qingwen secara signifikan dapat menghambat replikasi SARS-CoV-2 dan memperbaiki gejala demam, batuk, dan kelelahan.

Lalu, Apakah Lianhua Qingwen Efektif untuk Mengatasi COVID-19?

Obat Lianhua Qingwen belum bisa dikatakan efektif untuk mengobati COVID-19. Sebab, belum ada metode penelitian yang menunjang mengenai efektivitas dari obat tersebut. 

Terdapat penelitian dari NCBI yang menunjukkan obat Lianhua Qingwen efektif dalam menangani pneumonia virus corona. 

Namun, karena kualitas metode penelitian yang masih buruk dan jumlah literatur yang sedikit, maka belum bisa dijadikan acuan untuk menentukan seberapa efektif metode tersebut.

Merangkum berbagai penelitian di atas, obat Lianhua Qingwen belum bisa disebut ampuh untuk mengatasi COVID-19

Hampir sebagian besar laporan menyatakan bahwa obat ini hanya meredakan gejala di organ paru dan bukan benar-benar mujarab untuk mengatasi COVID-19.

Artikel Lainnya: Pentingnya Vitamin D3 bagi Pasien COVID-19 Varian Omicron

Tak hanya itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM) menegaskan belum ada obat herbal, termasuk kapsul Lianhua Qingwen, yang disetujui untuk pengobatan COVID-19.

BPOM memang telah mengeluarkan izin edar obat Lianhua Qingwen dengan nomor TI144348471. Akan tetapi, Lianhua Qingwen disetujui BPOM untuk membantu meredakan gejala panas dalam seperti batuk dan tenggorokan kering.

BPOM mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan promosi produk herbal atau obat yang disebut-sebut bisa menyembuhkan COVID-19, termasuk Lianhua Qingwen.

Pasalnya, sampai saat ini belum ada obat yang terbukti dapat menyembuhkan COVID-19.

Selain itu, pada tahun 2020 terdapat persetujuan pemasukan produk Lianhua Qingwen donasi yang diterbitkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas rekomendasi BPOM. 

Namun, dari kajian obat Lianhua jenis tersebut mengandung bahan ephedra yang dapat menimbulkan efek berbahaya untuk sistem kardiovaskular dan sistem saraf. 

Berdasarkan hasil tersebut, maka BPOM sudah memutuskan untuk tidak lagi memberikan rekomendasi pada obat Lianhua Qingwen donasi. Sementara obat Lianhua dengan nomor izin edar masih dapat dikonsumsi.

Itu dia penjelasan mengenai obat herbal Lianhua Qingwen asal Cina untuk COVID-19. Ikuti terus perkembangan virus corona di Indonesia dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter via fitur online Live Chat.

[RS]

virus coronaCovid-19

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter