Covid-19

Ini Manfaat Biji Pala untuk Kecantikan Kulit Wajah

dr. Dyah Novita Anggraini, 25 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Biji pala diyakini bermanfaat untuk kecantikan kulit. Apa saja khasiat yang bisa diperoleh?

Ini Manfaat Biji Pala untuk Kecantikan Kulit Wajah

Selama ini, biji pala hanya digunakan sebagai bumbu penyedap dan penambah aroma masakan. Namun ternyata, biji pala bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kecantikan kulit.

Kandungan dalam biji pala dapat berperan sebagai antiseptik, antibakteri, antiperadangan, analgesik, dan antioksidan. Sangat lengkap, bukan? 

Berikut adalah berbagai manfaat biji pala untuk wajah yang sayang jika dilewatkan: 

1. Mengatasi Jerawat

Biji pala diyakini mengandung sifat antimikroba dan antiperadangan. Hal ini membuat biji pala dapat mencegah timbulnya jerawat serta menghilangkan noda bekas jerawat di wajah.

Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menggunakan biji pala sebagai masker oles di wajah. 

Caranya, campurkan biji pala yang sudah dihaluskan dengan madu dan sedikit susu. Aduk bahan-bahan hingga tercampur rata, setelah itu oleskan ke wajah. Diamkan di wajah selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Artikel lainnya: Nutrisi dan Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh

2. Mencerahkan Kulit

Tahukah Anda, biji pala juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit? 

Kandungan minyak biji pala sering kali ditemukan dalam produk pembersih wajah atau pelembap. Kandungan ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

Anda pun bisa menggunakan minyak pala sebagai skincare sehari-hari. Caranya mudah, tuangkan sedikit minyak biji pala ke wajah dan beri pijatan lembut. Kemudian, diamkan sampai minyak pala meresap sempurna ke kulit.

3. Mengurangi Kerutan di Wajah

Salah satu manfaat biji pala untuk kulit wajah adalah dapat mengurangi kerutan. 

Zat antioksidan dalam biji pala kemungkinan bisa memperlambat tanda penuaan berupa kerutan di kulit. Guna mendapatkan khasiat tersebut, Anda bisa mengonsumsi biji pala yang dicampur ke dalam minuman dan makanan.

Tak hanya itu, Anda dapat membubuhkan sedikit bubuk biji pala ke dalam campuran satu sendok teh madu, satu sendok plain yoghurt, satu sendok sari lemon, dan sejumput bubuk kayu manis.

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut di kulit wajah dan diamkan 10-15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk berbahan lembut. 

Jangan menggosok wajah menggunakan handuk terlalu kasar agar kerutan di wajah tak semakin parah.

Artikel lainnya: Manfaat Buah Pala untuk Melegakan Tenggorokan dan Hidung saat Flu

4. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Manfaat biji pala untuk kecantikan yang lainnya adalah dapat mengangkat sel-sel kulit mati. 

Ya, biji pala kerap digunakan sebagai bahan tambahan untuk eksfoliasi kulit. Eksfoliasi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati di lapisan kulit terluar. Setelah eksfoliasi, kulit bisa tampak lebih cerah dan halus. 

Membuat bahan eksfoliasi ini cukup mudah. Campurkan satu sendok bubuk pala, satu sendok teh madu, satu sendok teh baking soda, dan satu sendok sari cuka apel. Setelah tercampur, gunakan di wajah selama 2 menit. 

Sesudahnya, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk secara perlahan.

Artikel lainnya: 6 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

5. Mengurangi Produksi Minyak Berlebihan di Wajah

Biji pala dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebihan di wajah dengan mengecilkan pori-pori dan membantu eksfoliasi kulit. 

Caranya, campur sejumput biji pala dengan 1 sendok teh witch hazel. Aplikasikan ke wajah, diamkan selama 2 menit lalu basuh dengan air dingin. Setelah itu, jangan lupa gunakan pelembap. 

Meskipun dipercaya berkhasiat untuk kecantikan kulit, manfaat di atas belum ada yang terbukti secara klinis dan medis. Maka itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan biji pala.

Sebelum menggunakan biji pala, lakukan uji alergi ke kulit. Caranya, oleskan bubuk atau minyak biji pala ke belakang kuping atau lengan bagian dalam.

Kemudian, tunggu satu jam dan lihat apakah ada tanda iritasi atau efek samping yang muncul seperti gatal dan kemerahan. Apabila tidak ada masalah kulit yang timbul, silakan gunakan biji pala untuk perawatan.

Penggunaan biji pala sebagai eksfoliasi dianjurkan digunakan sebanyak satu kali dalam seminggu. Sebab, melakukan eksfoliasi terlalu sering dapat membuat kulit menjadi lebih tipis dan sensitif.

Itu dia berbagai manfaat biji pala untuk wajah. Supaya aman, konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kecantikan sebelum menggunakan bahan alami ini untuk kulit. 

Nantinya, dokter dapat menentukan dosis atau cara pakai yang tepat. Dengan demikian, biji pala bisa aman digunakan tanpa menimbulkan efek samping. 

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[RS]

KecantikanPalaBiji Pala

Konsultasi Dokter Terkait