Sukses

Ragam Manfaat Kesehatan di Balik Asamnya Jeruk Kasturi

Jangan salah. Meski masam, jeruk kasturi ternyata menyimpan segudang manfaat sehat untuk Anda, lho.

Jeruk kasturi, atau limau kasturi, merupakan jenis jeruk berukuran kecil yang menyerupai jeruk nipis. Bila dibelah, jeruk ini memiliki daging buah yang berwarna jingga.

Awalnya, jeruk kasturi pertama kali ditemukan di Tiongkok. Namun sekarang, jeruk yang dikenal dengan rasanya yang masam ini sudah dapat ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia.

Meski rasanya masam, jeruk kasturi banyak dikonsumsi dan dijadikan sebagai campuran dalam makanan ataupun minuman. Jeruk ini juga menyimpan segudang manfaat sehat untuk tubuh. Apa saja, ya, manfaat jeruk kasturi untuk kesehatan?

1 dari 5 halaman

1. Memperkuat Sistem Imun

Limau kasturi mengandung antioksidan dan vitamin C. Keduanya berfungsi untuk melawan dampak buruk radikal bebas akibat polusi yang didapatkan dari aktivitas sehari-hari.

Karena kandungannya tersebut, manfaat jeruk kasturi tidak hanya mencegah penyakit seperti flu dan pilek, tetapi juga dapat mencegah terjadinya kanker.

Artikel Lainnya: Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Jeruk kasturi dapat mencegah penyakit kardiovaskular dengan menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Manfaat jeruk kasturi untuk kesehatan jantung diperoleh dari kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada jeruk.

Sementara itu, limau kasturi juga memiliki efek menurunkan kolesterol karena kandungan serat dan antioksidannya. Kadar kolesterol yang terkontrol dapat mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.

2 dari 5 halaman

3. Mengontrol Gula Darah

Manfaat jeruk kasturi lainnya adalah mengontrol gula darah. Jeruk kasturi memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak mudah meningkatkan gula darah.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi seperti vitamin C, mineral, dan antioksidannya juga mengurangi resistensi insulin. Dengan demikian, limau kasturi bermanfaat tidak hanya untuk penderita diabetes, tetapi juga orang dengan faktor risikonya.

Artikel Lainnya: Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging

4. Baik untuk Pernapasan

Limau kasturi termasuk buah yang baik untuk pernapasan Anda, lho. Manfaat jeruk kasturi untuk kesehatan pernapasan salah satunya dapat meredakan radang tenggorokan. Kadar asam sitrus pada jeruk ini juga bisa mengurangi dahak dan lendir akibat infeksi saluran pernapasan.

Tidak cukup sampai di situ, vitamin C dan antioksidan pada jeruk kasturi ternyata baik untuk mempercepat pemulihan flu.

3 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Pembentukan Kolagen

Tidak hanya untuk kulit, kolagen merupakan bahan dasar jaringan tubuh lainnya seperti otot, jantung, tulang, dan pembuluh darah, serta mempercepat penyembuhan luka.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk kasturi bisa merangsang pembentukan kolagen. Namun, manfaat jeruk kasturi yang satu ini tidak bisa diperoleh begitu saja. Konsumsinya harus diimbangi dengan makanan bernutrisi lainnya sebagai sumber kolagen utama.

Artikel Lainnya: Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap untuk Batuk, Apakah Efektif?

6. Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk kasturi dapat mencegah terbentuknya endapan mineral kalsium yang menjadi cikal bakal terbentuknya batu ginjal. Asam sitrat di sini berperan sebagai antioksidan.

Namun demikian, Anda tetap harus minum air putih yang banyak dan hindari kebiasaan menahan buang air kecil, ya. Pasalnya, kedua hal tersebut merupakan upaya pencegahan batu ginjal yang paling utama.

4 dari 5 halaman

7. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat jeruk kasturi juga bisa dirasakan oleh kesehatan pencernaan Anda, lho! Kabar baiknya, jeruk kasturi bisa meredakan konstipasi dan menjaga pergerakan usus tetap normal.

Selain itu, jeruk kasturi juga cocok untuk dijadikan pencuci mulut. Pasalnya, vitamin C dari air jeruk kasturi dapat mencegah kerusakan gigi dan peradangan pada gusi.

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat jeruk kasturi untuk kesehatan? Dengan berbagai nutrisi yang dimilikinya, jeruk kasturi bisa menjadi pilihan makanan pendamping sehari-hari.

Namun, bagi yang memiliki masalah lambung, Anda sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsi jeruk kasturi. Bila ingin, Anda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu melalui Live Chat mengenai konsumsi jeruk kasturi yang aman sesuai keadaan kesehatan Anda.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar