HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi7 Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan

dr. Valda Garcia, 30 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Daun sirsak ternyata juga bisa diolah menjadi teh. Bahkan, teh daun sirsak diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

7 Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan

Kamu mungkin familier dengan jus buah sirsak. Namun, bagaimana dengan teh daun sirsak

Ternyata, selain buahnya bisa diolah sebagai jus, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan sebagai teh, lho. Teh daun sirsak bahkan diyakini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Apakah medis sepakat dengan hal tersebut? Yuk, simak manfaat teh daun sirsak di bawah ini: 

1. Mencegah Kanker

tumor

Teh daun sirsak diyakini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker. Diduga, hal ini berasal dari kandungan teh daun sirsak yang berpotensi sebagai agen terapeutik dan kemopreventif. 

Meski begitu, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi khasiat teh daun sirsak dalam mencegah dan mengobati kanker.

Artikel lainnya: Efektifkah Air Rebusan Daun Sirsak untuk Mengobati Kanker Payudara?

2. Mengatasi Infeksi

Teh daun sirsak dianggap bermanfaat untuk melawan berbagai infeksi. Namun, diperlukan riset lebih lanjut untuk mengetahui cara kerja teh daun sirsak dalam mengatasi infeksi.

3. Mengatasi Peradangan

Kandungan di dalam teh daun sirsak berpotensi sebagai antiperadangan. Komponen tersebut diduga dapat membantu mengatasi peradangan di dalam tubuh.

4. Meningkatkan Imunitas

Konsumsi teh daun sirsak dianggap dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imun). Meski begitu, kamu tetap harus mengimbanginya dengan menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang dan rutin berolahraga, ya.

Artikel lainnya: Segudang Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

5. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Pencernaan Sehat Daya Tahan Tubuh Meningkat? Kok Bisa?

Manfaat teh daun sirsak diyakini dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Sayangnya, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan khasiat tersebut.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Teh daun sirsak dianggap dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, bagi kamu penderita tekanan darah rendah, sebaiknya hindari konsumsi teh ini secara berlebihan.

Memorial Sloan Kettering Cancer Center, Amerika Serikat, juga menyarankan agar teh daun sirsak tidak dikonsumsi ketika kamu diharuskan rutin minum obat tekanan darah.

Interaksi obat yang buruk dapat terjadi ketika teh daun sirsak dikonsumsi bersama obat tekanan darah. Dikhawatirkan, penurunan tekanan darah drastis hingga kerusakan organ hati dan ginjal bisa terjadi ketika kamu minum obat tersebut bersama teh daun sirsak. 

7. Membantu Mengontrol Gula Darah

Kandungan di dalam teh daun sirsak dianggap dapat membantu menurunkan gula darah. Karenanya, teh herba ini sebaiknya tidak dikonsumsi penderita hipoglikemia maupun orang yang sedang menggunakan obat terapi diabetes.

Hal ini untuk mencegah terjadinya penurunan gula darah secara drastis maupun kerusakan ginjal dan hati.

Artikel lainnya: Benarkah Air Rebusan Daun Sirsak Bisa Atasi Mag?

Manfaat teh daun sirsak untuk kesehatan masih harus diteliti lebih jauh. Karena berpotensi menimbulkan sejumlah efek samping, #JagaSehatmu dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan teh daun sirsak, ya!

Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter agar konsultasi yang kamu lakukan lebih praktis!

(ADT/JKT)

Teh

Konsultasi Dokter Terkait