Sukses

Menyingkap Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan

Daun sirsak ternyata juga bisa diolah menjadi teh. Bahkan, teh daun sirsak diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

Anda mungkin sudah tidak asing dengan rebusan teh daun sirsak. Lantas, bagaimana dengan teh daun sirsak? Pernahkah Anda mendengar atau melihat langsung sajian yang satu ini?

Teh daun sirsak alias graviola dikabarkan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, teh daun sirsak juga konon aman bagi lambung karena tidak mengandung kafein di dalamnya.

 

1 dari 3 halaman

Menilik Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan

Teh daun sirsak disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat teh daun sirsak yang sering digaungkan adalah dapat mencegah, bahkan mengobati dan menyembuhkan penyakit kanker. Manfaat tersebut ada karena teh daun sirsak memiliki potensi kemopreventif dan terapeutik.

Sayangnya, manfaat teh daun sirsak untuk kanker masih diragukan oleh dr. Arina Heidyana. Menurutnya, manfaat tersebut masih bersifat dugaan alias masih belum dapat dipastikan. Masih butuh banyak penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kepastian manfaat teh daun sirsak dalam mencegah dan mengobati kanker.

Artikel Lainnya: Efek Samping Konsumsi Daun Sirsak Ini Perlu Anda Waspadai

Lantas, apakah itu artinya manfaat teh daun sirsak hanya bualan belaka? Tidak juga. Berdasarkan dr. Arina, daun sirsak itu sendiri sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh.

"Mengonsumsi teh daun sirsak bisa memberikan manfaat, seperti mengatasi infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan imunitas, dan mengoptimalkan kesehatan saluran pencernaan," ungkap dr. Arina.

2 dari 3 halaman

Teh Daun Sirsak Juga Punya Efek Samping

Manfaat teh daun sirsak memang bervariasi. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Organisasi kanker di Amerika Serikat, Memorial Sloan Kettering Cancer Center menyarankan Anda untuk tidak mengonsumsi teh daun sirsak jika sedang harus rutin minum obat tekanan darah dan/atau obat diabetes.

Hal senada diungkapkan juga oleh dr. Arina. Ia mengatakan, kedua obat tersebut bisa menyebabkan interaksi obat yang buruk apabila dikonsumsi bersamaan dengan teh daun sirsak.

Artikel Lainnya: Efektifkah Air Rebusan Daun Sirsak untuk Mengobati Kanker Payudara?

"Konsumsi teh daun sirsak bersamaan dengan obat tekanan darah tinggi atau diabetes dikhawatirkan malah dapat menyebabkan penurunan gula dan tekanan darah secara signifikan,” ucap dr. Arina.

“Selain itu, kombinasi tersebut juga berpotensi menyebabkan kerusakan organ hati dan ginjal," tegasnya.

Mengingat adanya kemungkinan efek samping tersebut, Anda yang hendak mengonsumsi teh daun sirsak sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui cara mengonsumsi yang aman, sehingga efek samping merugikan dapat dihindari.

Penasaran dengan teh daun sirsak dan kemungkinan manfaat yang dikandungnya? Anda bisa memastikannya dengan berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar