HomeInfo SehatGinjal dan Saluran KemihPenyebab Urine Berwarna Kuning Setelah Minum Vitamin
Ginjal dan Saluran Kemih

Penyebab Urine Berwarna Kuning Setelah Minum Vitamin

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 26 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minum vitamin memang dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tapi, kenapa urine jadi kuning setelah minum vitamin? Ini penjelasannya!

Penyebab Urine Berwarna Kuning Setelah Minum Vitamin

Banyak orang yang panik ketika warna urine mereka berwarna kuning setelah minum vitamin. Bahkan, sampai ada yang menduga bahwa tubuhnya keracunan vitamin! Apakah benar bahwa urine yang berwarna kuning diakibatkan keracunan vitamin?

Sebaiknya jangan panik dulu, ada penjelasan medis yang mendasari mengapa urine jadi berwarna kuning setelah minum vitamin tertentu, misal vitamin C. 

Berikut adalah penjelasan mengapa kencing Anda berwarna kuning setelah minum vitamin C

Kenapa Air Kencing Berwarna Kuning Setelah Minum Vitamin?

Urine merupakan zat yang dibentuk dan diproses oleh ginjal. Ginjal sendiri adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah. 

Zat yang masih diperlukan tubuh akan diserap kembali oleh ginjal, sementara zat yang tidak terpakai atau merugikan tubuh akan dibuang melalui urine.

Pada kondisi yang normal, urine akan berwarna jernih dan tidak berbau. Namun, pada kondisi tertentu seperti pada beberapa penyakit, urine akan berubah warna dan menjadi pekat. 

Artikel lainnya: Urine Berbau Manis Tanda Diabetes dan Ketoasidosis Diabetik

Lalu, bagaimana jadinya jika urine atau air kencing berubah jadi kuning setelah Anda minum vitamin, khususnya vitamin C?

Vitamin adalah zat mikronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah tertentu agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Vitamin itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air. 

Vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Sedangkan vitamin B dan vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air.

Terdapat dua alasan kenapa air kencing berwarna kuning setelah minum vitamin, yaitu:

Warna Vitamin Memengaruhi Warna Urine

Vitamin A dan vitamin C memiliki warna kuning atau warna terang lain yang menggunakan pewarna dalam jumlah cukup banyak. Pada akhirnya, zat pewarna yang kelebihan atau tidak diperlukan tubuh akan dibuang bersama urine.

Vitamin yang Anda Konsumsi Jenisnya Larut dalam Air

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin C dan vitamin B merupakan dua jenis vitamin yang larut dalam air. Mengonsumsi kedua jenis vitamin ini akan meningkatkan risiko urine berwarna kuning.

Artikel lainnya: Tanda-Tanda Air Kencing yang Tidak Normal

Berbahayakah Hal Ini?

Benarkah Minum Air Kencing Bisa Sembuhkan Penyakit?

Anda tak perlu khawatir jika kencing berwarna kuning setelah minum vitamin C, karena ini normal terjadi. 

Namun, jika perubahan pada warna urine disertai gejala yang tidak biasa atau mengganggu, maka Anda patut waspada.

Saat Anda mengalami dehidrasi, urine akan berwarna kuning disertai bau menyengat. Hal ini disebabkan jumlah zat urobilin di dalam urine meningkat karena kurangnya air untuk melarutkan senyawa urobilin. 

Warna kuning pekat pada urine juga dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual, peradangan di kandung kemih, gangguan di organ hati, atau konsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik, antiradang, dan lainnya.

Tak hanya itu, warna urine juga bisa berubah menjadi oranye. Jika hal ini sampai terjadi, penyebab paling umum adalah Anda baru saja mengonsumsi obat antiradang, obat pencahar, dan obat kemoterapi.

Itulah penjelasan kenapa air kencing dapat berwarna kuning setelah minum vitamin, terutama vitamin C. Sebenarnya ini bukan suatu kondisi yang mengkhawatirkan. 

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan seimbang serta minum air yang cukup setiap hari guna memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Dengan begitu, Anda tidak memerlukan suplemen yang dapat menyebabkan urine Anda berwarna kuning.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, gunakan layanan Tanya Dokter 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi dengan dokter. Gratis!

[RS]

urinevitamin

Konsultasi Dokter Terkait