HomeInfo SehatPencernaanManfaat Makan Buah Pisang untuk Mengatasi Mag
Pencernaan

Manfaat Makan Buah Pisang untuk Mengatasi Mag

dr. Muhammad Isman S, 08 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pisang merupakan buah yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Bahkan, pisang dipercaya dapat mengatasi mag dan baik bagi pencernaan.

Manfaat Makan Buah Pisang untuk Mengatasi Mag

Dalam dunia medis, mag disebut sebagai dispepsia. Mag umumnya ditandai dengan gejala sakit atau tidak nyaman di tengah-tengah perut bagian atas.

Mag juga dapat disertai rasa mual, ingin muntah, serta rasa panas atau terbakar di dada. Rasa sakit akibat mag bisa hilang dan timbul. Mag pada dasarnya bukan penyakit, namun merupakan gejala dari sekumpulan gangguan pencernaan. 

Kalau sudah punya mag, pantangannya banyak sekali. Mulai dari menghindari makanan pedas dan asam, harus menghindari minuman tertentu, bahkan tidak boleh stres berlebihan. Mag juga memaksa penderitanya untuk makan tepat waktu dan jangan sampai telat! 

Akan tetapi, tidak untuk buah pisang. Konon, buah yang satu ini aman untuk penderita mag. Bahkan, makan buah pisang disebut-sebut dapat meredakan mag dan membantu fungsi pencernaan menjadi lebih baik. 

Seperti apa manfaat pisang untuk asam lambung? Ketahui lewat ulasan berikut ini. 

Manfaat Pisang untuk Asam Lambung dan Mag

Nah, ada beberapa kalangan beranggapan bahwa makan dapat meredakan kondisi mag, salah satunya pisang. Hal itu karena pisang merupakan buah rendah asam sehingga pisang dapat membantu meredakan masalah pencernaan dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut. 

Ditambah lagi, kandungan seratnya yang tinggi membuat pisang juga dapat membantu memperkuat dan mencegah adanya gangguan di sistem pencernaan lainnya.

Pisang juga mengandung pektin, yaitu serat larut yang baik bagi pencernaan. Pektin akan membantu mendorong makanan melewati pencernaan untuk mencegah penumpukan kadar asam di lambung. 

Selain itu, pisang merupakan buah yang hambar dan dapat membantu menahan atau menetralkan keasaman di lambung. Bagi Anda yang punya masalah mag, buah pisang bisa dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari di sela waktu makan. 

Artikel Lainnya: Jenis Buah untuk Mengobati Mag Kronis 

Jenis Pisang Apa yang Bagus untuk Asam Lambung?

Mengingat banyaknya jenis pisang yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia, pisang apa yang bagus untuk asam lambung?

Jenis pisang yang baik untuk lambung adalah pisang apapun asalkan sudah matang. Kenapa? Karena pisang matanglah yang mengandung semua kandungan di atas, utamanya serat. Satu buah pisang matang diketahui mengandung serat sebanyak 3 gram.

Namun tentu saja, pengobatan mag bukan hanya dengan pisang saja. Untuk mengobati gejala mag ringan, perubahan gaya hidup seperti berikut ini kemungkinan dapat membantu:

  • Menghindari atau membatasi asupan makanan pemicu, seperti gorengan, coklat, dan makanan pedas.
  • Minum air putih cukup.
  • Membatasi asupan kafein dan alkohol.
  • Makan makanan kecil dalam porsi kecil tapi sering.
  • Makan atau mengunyah secara perlahan.
  • Pertahankan berat badan ideal.
  • Menghindari atau berhenti merokok.

Itulah manfaat pisang untuk lambung. Bagi orang yang mengalami gejala mag parah atau sering kambuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter dapat memeriksakan kondisi kesehatan Anda dan memberikan obat yang dengan sesuai kondisi kesehatan masing-masing.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter langsung melalui fitur Live Chat 24 Jam.

(PUT/NM)

Asam LambungMag

Konsultasi Dokter Terkait