Sukses

Manfaat Makan Buah Pisang untuk Mengatasi Mag

Pisang merupakan buah yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Bahkan, pisang dipercaya dapat mengatasi mag dan baik bagi pencernaan.

Orang yang memiliki kondisi mag harus memerhatikan pola makannya sehari-hari. Apabila salah mengonsumsi makanan atau minuman, mag bisa kambuh dan aktivitas pun jadi terganggu. 

Akan tetapi, tidak untuk buah pisang. Konon, buah yang satu ini aman untuk penderita mag. Bahkan, makan buah pisang disebut-sebut dapat meredakan mag dan membantu fungsi pencernaan menjadi lebih baik. Benarkah demikian?

1 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Mag

Dalam dunia medis, mag disebut sebagai dispepsia. Mag umumnya ditandai dengan gejala sakit atau tidak nyaman di tengah-tengah perut bagian atas. 

Mag juga dapat disertai rasa mual, ingin muntah, serta rasa panas atau terbakar di dada. Rasa sakit akibat mag bisa hilang dan timbul. Mag pada dasarnya bukan penyakit, namun merupakan gejala dari sekumpulan gangguan pencernaan. 

Kalau sudah punya mag, pantangannya banyak sekali. Mulai dari menghindari makanan pedas dan asam, harus menghindari minuman tertentu, bahkan tidak boleh stres berlebihan. Mag juga memaksa penderitanya untuk makan tepat waktu dan jangan sampai telat! 

Artikel Lainnya: Anda Penderita Mag, Hindari Jenis Buah Ini

2 dari 4 halaman

Makan Pisang Baik untuk Penderita Mag

Nah, ada beberapa kalangan beranggapan bahwa makan dapat meredakan kondisi mag, salah satunya pisang. 

Menanggapi ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa pisang adalah buah rendah asam. Pisang dapat membantu meredakan masalah pencernaan dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut. 

"Pisang sangat aman untuk penderita mag. Pisang memang tergolong buah yang kadar asamnya rendah, jadi penderita mag bisa mengonsumsinya tanpa khawatir akan timbul mag," ungkap dr. Devia Irine.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga dapat membantu memperkuat dan mencegah adanya gangguan di sistem pencernaan.

Perlu diketahui bahwa pisang mengandung pektin, yaitu serat larut yang baik bagi pencernaan. Pektin akan membantu mendorong makanan melewati pencernaan untuk mencegah penumpukan kadar asam di lambung. 

Selain itu, pisang merupakan buah yang hambar dan dapat membantu menahan atau menetralkan keasaman di lambung. Bagi Anda yang punya masalah mag, buah pisang bisa dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari di sela waktu makan. 

Artikel Lainnya: Mag Menyerang di Saat Penting? Makan Ini!

3 dari 4 halaman

Pengobatan Mag

Kendati begitu, pisang bukanlah satu-satunya obat untuk mengatasi mag. Untuk mengobati gejala mag ringan, perubahan gaya hidup seperti berikut ini kemungkinan dapat membantu:

  • Menghindari atau membatasi asupan makanan pemicu, seperti gorengan, coklat, dan makanan pedas.
  • Minum air putih cukup.
  • Membatasi asupan kafein dan alkohol.
  • Makan makanan kecil dalam porsi kecil tapi sering.
  • Makan atau mengunyah secara perlahan.
  • Pertahankan berat badan ideal.
  • Menghindari atau berhenti merokok.

Bagi orang yang mengalami gejala mag parah atau sering kambuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter dapat memeriksakan kondisi kesehatan Anda dan memberikan obat yang dengan sesuai kondisi kesehatan masing-masing.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter langsung melalui fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

2 Komentar