Sukses

Tips Menjaga Kebersihan Kamar Selama Pandemi

Pandemi virus corona membuat kita banyak menghabiskan waktu di rumah, terutama kamar pribadi. Bagaimana cara menjaga kebersihan kamar selama pandemi?

Pandemi virus corona yang sedang melanda membuat aktivitas sehari-hari menjadi terbatas. Kita pun semakin banyak menghabiskan waktu di rumah.

Salah satu ruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas atau work from home adalah kamar.

Momen pandemi seperti ini membuat kita harus peduli terhadap kebersihan kamar. Walaupun penularan utama virus corona diperkirakan terjadi antar manusia, kebersihan diri dan kamar tidur merupakan salah satu cara menghindari penyakit ini.

Artikel Lainnya: 4 Penyebab Risiko Virus Corona di Rumah Lebih Tinggi

Nah, bagaimana cara menjaga kebersihan kamar selama pandemi yang tepat?

1. Sapu dan Pel Lantai

Pembersihan lantai kamar tidak jauh berbeda dengan masa sebelum pandemi virus corona.

Sapu seluruh lantai kamar, dilanjutkan dengan mengepel. Umumnya cara ini cukup efektif dalam menjaga kebersihan.

Bila lantai menggunakan karpet, bersihkan dengan vacuum cleaner. Kalau ada area yang kotor, segera bersihkan dengan air dan sabun. Usahakan cuci atau laundry karpet secara berkala bila memungkinkan.

2. Bersihkan Meja Belajar

Meja belajar dan area permukaan keras lainnya dapat dibersihkan dengan air sabun secara rutin, khususnya bila ada kotoran menempel. Agar kebersihan lebih terjaga, semprotkan juga cairan disinfektan secara berkala.

Artikel Lainnya: Sekat Pembatas Jadi Pencegahan Virus Corona, Efektifkah?

3. Rutin Cuci Sarung Bantal dan Seprai

Seprai, sarung bantal dan guling, serta selimut perlu dicuci secara rutin agar kebersihan tempat tidur selalu terjaga.

Saat mencuci, usahakan menggunakan air panas. Kemudian, jemur dan pastikan benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Permukaan benda lunak lainnya di kamar, misalnya sofa atau kursi, juga dapat di-vacuum berkala atau dilap.

Lalu, menyemprotkan disinfektan di sofa atau kursi juga penting. Terlebih bila Anda terbiasa duduk-duduk dulu sebelum ganti baju rumah atau mandi setelah beraktivitas.

4. Bersihkan Kamar Mandi

Bila kamar tidur juga terdapat kamar mandi, perlu dibersihkan juga secara rutin.

Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah di mana kuman banyak berkembang biak.

Pertama, bersihkan area kamar mandi dengan sabun dan air atau pembersih khusus kamar mandi. Kemudian, pakai disinfektan khususnya pada area sekitar toilet.

Artikel Lainnya: Virus Corona Dapat Menyebar Melalui AC, Benarkah?

5. Semprot Disinfektan pada Benda yang Sering Disentuh

Benda-benda yang sering disentuh di kamar tidur memerlukan perhatian khusus. Gagang pintu dan jendela, remote, keyboard, ponsel, saklar lampu, dan sebagainya perlu disemprot disinfektan setidaknya sekali sehari.

6. Gunakan Semprotan Disinfektan yang Aman

Dalam Semprotan Disinfektan, pastikan pilih produk yang teruji klinis dan ampuh.

Saniter Air & Surface Sanitizer bisa jadi pilihan tepat dengan kandungan alkohol 70 persen dan benzalkonium chloride 0,05 persen, lebih efektif untuk membunuh kuman.

Cairan pembersih instan ini dapat digunakan pada udara ruangan dan permukaan benda. Selain itu, aman pula disemprotkan pada mainan dan stroller anak.

Pemakaiannya pun praktis dan cepat. Cukup semprotkan pada area yang diinginkan dan tunggu 5 menit. Pastikan tidak ada orang lain saat menyemprotkan.

Saniter Air & Surface Sanitizer cocok untuk menjaga kebersihan kamar. Wanginya pun segar dan tidak mengganggu pernapasan.

Artikel Lainnya: Bisakah Virus Corona Menular Lewat Air Banjir?

1 dari 2 halaman

Cara Aman Lakukan Pembersihan dan Disinfeksi Kamar

Melakukan pembersihan dan disinfeksi kamar sangatlah penting. Keduanya pun sebenarnya berbeda.

Membersihkan tujuannya adalah menghilangkan noda dan kotoran, juga mengurangi jumlah kuman. Sedangkan, disinfeksi secara khusus bertujuan untuk membunuh kuman.

Disinfeksi memerlukan semprotan khusus. Beberapa contoh disinfektan yang sering digunakan misalnya larutan pemutih atau cairan yang mengandung alkohol. Kalau untuk membersihkan, cukup menggunakan air dan sabun.

Kemudian, selama Anda membersihkan dan melakukan disinfeksi kamar, usahakan kamar tidur juga memiliki ventilasi yang baik. Caranya, buka jendela selama membersihkan kamar.

Untuk disinfeksi area kamar tidur, umumnya Anda cukup menyemprotkan cairan disinfektan pada area yang diinginkan.

Artikel Lainnya: Aturan Berenang di Kolam Renang Umum saat Pandemi

Kemudian, tunggu beberapa saat (misalnya 5-10 menit) agar disinfektan memiliki waktu bekerja untuk membunuh kuman secara efektif.

Kalau setelahnya permukaan masih terlihat basah, Anda bisa mengeringkannya dengan kain bersih.

Setelah selesai membersihkan dan disinfeksi area kamar, jangan lupa cuci tangan. Sama seperti protokol kesehatan pada umumnya, mencuci tangan disarankan menggunakan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.

Itulah beberapa cara menjaga kebersihan kamar selama pandemi virus corona. Bila ingin tanya kepada dokter seputar higienitas tubuh dan tempat tinggal, pakai LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

1 Komentar

  • Steven Orea

    Ingin bermain P0ker 0nline tapi ngga tahu mau main dimana? Ini dia s1tus 0nline game terpercaya, OSG168 Merupakan s1tus 0nline game yang menyediakan banyak g4me menarik. Kamu dapat d4ftar dengan mudah di s1tus OSG168, dep0sit pun murah hanya dengan 10rb. Dapatkan banyak jackp0t dan b0nus setiap ming