Sukses

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Menikah

Tidak sedikit orang yang mengalami kenaikan berat badan setelah menikah. Anda salah satunya? Tak perlu khawatir. Ini cara menurunkan berat badan setelah menikah!

Setiap orang pasti ingin memiliki bobot tubuh yang ideal. Sayangnya, hal tersebut tidak melulu dapat diwujudkan dengan mudah. Salah satu yang cenderung kesulitan untuk mendapatkan berat badan ideal adalah mereka yang telah menikah.

Tidak dimungkiri, menikah memang bisa menyebabkan berat badan bertambah. Tahukah Anda apa penyebabnya? Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan setelah menikah?

1 dari 3 halaman

Penyebab Berat Badan Bertambah Setelah Menikah

Berdasarkan Ikhsan Bella Persada, M. Psi, kenaikan berat badan setelah menikah merupakan suatu hal yang normal dan sangat umum terjadi. Hal tersebut dipengaruhi oleh rasa bahagia, karena telah memiliki hubungan yang sesuai ekspektasi. 

“Ketika seseorang sudah puas dengan pernikahannya, mereka cenderung tidak terlalu memperhatikan penampilan di depan pasangan. Selain itu, rasa bahagia juga dapat memicu rasa ingin makan terus-menerus,” ujar Ikhsan. 

“Berbeda dengan orang yang tidak puas dengan pernikahannya atau ingin bercerai, mereka justru memiliki motivasi menjaga bentuk tubuhnya agar bisa menarik perhatian lawan jenis,” sambungnya.

Meski demikian, hal tersebut bukanlah hukum pasti. Pasalnya, setiap orang memiliki sudut pandangan yang berbeda-beda. 

“Tidak bisa disamaratakan dengan semua orang; ada yang berolahraga bersama agar keduanya memiliki tubuh yang bagus,” tutur Ikhsan.

Artikel Lainnya: Benarkah Jatuh Cinta Bisa Bikin Gemuk?

2 dari 3 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Menikah

Kenaikan berat badan setelah menikah memang dapat menjadi indikator rasa bahagia. Namun, bukan berarti berat badan berlebih adalah hal yang dapat didiamkan.

Faktanya, berat badan berlebih atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan lainnya.

Oleh karena itu,  Anda dianjurkan untuk tetap meraih dan mempertahankan berat badan badan di rentang ideal sekalipun telah menikah. 

Berikut ini beberapa cara mengatasi kegemukan setelah menikah yang dapat Anda lakukan:

1. Terapkan Gaya Hidup Sehat 

Berbaring santai di atas sofa sambil nonton dan makan camilan memang menyenangkan. Tapi, jangan jadikan kegiatan buruk ini sebagai kebiasaan, karena dapat menyebabkan kegemukan dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Lebih baik atur ulang gaya hidup Anda. Ajak serta pasangan Anda untuk sama-sama menerapkan gaya hidup sehat, sehingga tidak mengalami kenaikan berat badan setelah menikah.

2. Olahraga 

Kini Anda sudah punya pasangan untuk diajak berolahraga bersama. Luangkan waktu libur untuk olahraga sejenak selama 30 sampai 60 menit, sebanyak 5 kali dalam seminggu. 

Anda bisa lari pagi bersama, atau sekadar bersepeda berkeliling rumah. Apapun jenisnya, olahraga pasti akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan dengan orang yang disayang. 

Artikel Lainnya: Ini Alasan Mengapa Pria Jadi Buncit Setelah Menikah

3. Pola Makan Sehat 

Terapkan pola makan sehat setiap saat. Sajian menu yang kaya sayur dan buah, serta makanan bergizi lainnya. 

Hindari makanan cepat saji; gorengan; dan asupan lain yang tinggi lemak, gula, maupun kalori. 

4. Hindari Makan di Luar Rumah 

Menikmati masakan restoran mewah memang menyenangkan. Tetapi, akan lebih menyenangkan lagi jika Anda menghabiskan waktu bersama dengan pasangan untuk memasak dan makan bersama di rumah. 

Selain meningkatkan ikatan antara Anda dan pasangan, mengolah makanan bersama juga cenderung lebih sehat dan terjamin kualitasnya.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan setelah menikah yang bisa Anda terapkan bersama pasangan. Ingat, berat badan ideal adalah salah satu kunci kesehatan untuk sekarang dan masa depan.

Apabila menemukan kendala dengan berat badan atau ingin tahu mengenai tips diet lainnya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar