Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Mengonsumsi Buah Zuriat Bisa Bikin Cepat Hamil?

Benarkah Mengonsumsi Buah Zuriat Bisa Bikin Cepat Hamil?

Buah zuriat memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sebagian orang percaya buah ini bermanfaat untuk mempercepat terjadinya kehamilan.

Berbagai buah dipercaya dapat meningkatkan kesuburan sehingga baik dikonsumsi saat program kehamilan. Misalnya, buah citrus seperti jeruk, lemon, alpukat, pisang, dan masih banyak lainnya.

Di samping itu, ada juga buah zuriat atau doum yang disebut-sebut bisa dikonsumsi agar pasangan cepat hamil.

Nama buah zuriat mungkin masih asing bagi sebagian orang. Sebab buah tersebut tidak lazim ditemukan di Indonesia.

Meski begitu, buah zuriat sejatinya telah menjadi alternatif bagi beberapa pasangan untuk mendapatkan momongan. Bagaimana faktanya?

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Buah Zuriat

Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi Amerika Serikat (NCBI) menjabarkan, zuriat atau Hyphaene thebaica adalah buah dari pohon palem Afrika yang umumnya ditemukan di sepanjang sungai Nil, Mesir, dan Sudan. Buah ini juga dapat ditemukan di bagian barat India.

Sekilas, zuriat tampak seperti buah kelapa tapi dalam bentuk lebih kecil. Zuriat berbentuk bulat berukuran  6 x 5 centimeter.

Buah tersebut berwarna kuning hingga kecokelatan.  Zuriat memiliki rasa yang manis seperti kue jahe.

Dari segi nutrisi, buah zuriat adalah sumber karbohidrat dan serat yang sangat baik. Selain itu, zuriat juga mengandung mikronutrien, terutama vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, B9 dan B12).

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

Zuriat juga kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, kalsium, mangan, dan fosfor. Kandungan tersebut dapat membantu proses biologis dalam tubuh dan banyak memberikan manfaat kesehatan.

Di samping itu, berbagai penelitian telah mengungkapkan fakta, ekstrak buah zuriat mengandung fenol dan flavonoid tingkat tinggi.

Sama seperti antioksidan lainnya, flavonoid berfungsi mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh.

Tak hanya itu, flavonoid memiliki sifat antihistamin, sifat antimikroba, serta dapat meningkatkan daya ingat dan mood.

Oleh masyarakat, buah zuriat biasanya diekstrak dan diminum airnya untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang baik bagi tubuh.

Artikel Lainnya: Mengenal Khasiat Biji Buah-buahan untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesuburan

Menanggapi ini, dr. Dyah Novita Anggraini atau yang akrab disapa dr. Vita mengatakan bahwa buah zuriat boleh dikonsumsi saat pasangan sedang menjalani program kehamilan. Sebab, kandungan antioksidan di dalam buah zuriat cukup tinggi.

“Jadi, buah ini bisa mencegah stres oksidatif. Nah, kalau misalkan stres oksidatifnya itu tidak ada, kemungkinan untuk kualitas spermanya itu bisa meningkat,” jelas dr. Vita.

Stres oksidatif diketahui dapat merusak sel, termasuk sperma. Mengurangi stres oksidatif dalam tubuh identik dengan peningkatan kesehatan reproduksi yang juga dapat menaikkan peluang kehamilan.

“Jadi, secara tidak langsung dia (buah zuriat) bisa membantu meningkatkan kesuburan,” tabah dr. Vita.

Manfaat serupa juga berlaku untuk wanita. Pencegahan stres oksidatif oleh kandungan antioksidan dapat membantu pematangan sel telur.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Dengan manfaat tersebut, tidak ada salahnya bila Anda mulai mengonsumsi buah zuriat untuk membantu mendukung program kehamilan.

Dokter Vita menyarankan kita untuk mengonsumsi buah zuriat dengan cara dihaluskan, lalu rendam buah tersebut di dalam air matang selama delapan jam untuk dijadikan minuman.

Selain itu, buah zuriat juga bisa dikonsumsi dengan cara direbus. Namun, perlu diingat jangan merebus buah zuriat terlalu lama karena dapat mengurangi kadar vitamin B-nya.

Itu dia informasi mengenai manfaat buah zuriat untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter, ya.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar