Sukses

Tips Pergi Kondangan Selama Masa Pandemi COVID-19

Meski sudah menetapkan protokol kesehatan, bahayakah datang kondangan saat pandemi virus corona? Simak apa kata dokter lewat ulasan berikut ini.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali memperpanjang masa PSBB transisi selama 14 hari ke depan. Kendati begitu, akad nikah atau resepsi pernikahan di Jakarta sudah boleh digelar. Syaratnya, pelaksana acara maupun para undangan wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Namun, amankah pergi kondangan saat pandemi? Adakah tips aman saat menghadiri acara pernikahan di masa pandemi?

 

1 dari 3 halaman

Pergi Kondangan saat Pandemi Virus Corona, Berbahayakah?

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan, meskipun sudah menegakkan aturan pemerintah terkait tata laksana pernikahan, datang ke kondangan di masa pandemi masih dianggap sangat berbahaya.

Sebab, pesta pernikahan akan membuat kerumunan orang berkumpul dan pada akhirnya meningkatkan risiko untuk tertular virus corona.

“Meski aturan dari pemerintah sudah memperbolehkan pergi ke kondangan dengan protokol kesehatan, tetap ada risiko penularan yang bisa saja terjadi. Kita tidak pernah tahu kondisi setiap orang itu seperti apa. Orang yang datang itu bergejala atau tidak, berisiko atau tidak. Jadi, sangat mungkin apabila event wedding jadi sumber penularan virus corona,” ujar dr. Devia.

Wedding itu ada banyak orang berada di satu ruangan yang sama. Ventilasinya jadi terbatas, para tamu juga pasti akan buka masker saat sedang menyantap hidangan. Belum lagi jika para tamu saling berbincang, berfoto, dan tertawa bersama. Pasti ada percikan droplet yang mungkin bisa menempel di suatu tempat kemudian terbawa ke tamu lain,” tambahnya.

Artikel Lainnya: Mau Pergi ke Luar Kota Selama New Normal COVID-19? Ikuti Protokolnya

2 dari 3 halaman

Tips Aman Datang ke Kondangan Saat Pandemi Virus Corona

Meski menghadiri pesta pernikahan selama masa pandemi masih tergolong tidak aman, tapi ada beberapa tips yang dapat dilakukan jika tetap ingin pergi kondangan. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan:

  • Mengetahui Kondisi Kesehatan Diri Sendiri

Apabila kondisi kesehatan Anda sedang tidak fit, sebaiknya hindari pergi kondangan. Pasalnya, Anda berisiko menularkan maupun tertular virus penyebab penyakit. Pertimbangkan juga jika nantinya Anda justru membawa dan menularkan penyakit tersebut kepada keluarga di rumah, orang tua, atau lansia yang punya daya tahan tubuh lemah.

  • Pertimbangkan Venue Acara Wedding

Jika ingin menghadiri undangan pernikahan, pertimbangkan untuk datang ke acara yang digelar outdoor atau di luar ruangan, seperti pesta kebun. Acara di luar ruangan dianggap memiliki risiko penularan COVID-19 yang lebih rendah dibandingkan dengan yang diadakan di dalam ruangan.

Alasannya, ruangan terbuka seperti taman memiliki sirkulasi atau pergantian udara yang lebih baik. Meski begitu, bukan berarti pesta outdoor ini tidak berisiko sama sekali, ya! Bila undangan yang hadir terasa penuh dan sesak, risiko penularan virus corona juga bakal semakin tinggi!

  • Wajib Pakai Masker

Anda wajib terus memakai masker selama acara pernikahan berlangsung. Anda hanya diperbolehkan melepas masker saat sedang makan dan minum. Saat makan dan minum, menepilah atau lakukan di tempat yang jauh dari keramaian.

Sisanya, selama sesi acara berlangsung, Anda tetap diminta untuk memakai masker, termasuk saat berbincang dan berfoto bersama pengantin.

Artikel Lainnya: Mau Mulai Beraktivitas? Ini Level Risiko Terinfeksi Virus Corona!

  • Hindari Kontak Fisik dan Jaga Jarak

Jangan lupa jaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan orang lain. Jaga jarak harus dilakukan, baik itu dengan keluarga, sahabat, maupun dengan pengantin. Menjaga jarak bertujuan untuk mencegah penularan virus corona dari satu orang ke orang lainnya.

  • Selalu Sedia Hand Sanitizer

Selalu sediakan hand sanitizer di dalam tas untuk membersihkan tangan setelah menyentuh benda umum, misalnya bolpoin untuk menulis daftar tamu, sendok, garpu, gagang pintu, dan sebagainya.

Bawa juga masker cadangan dan baju ganti di dalam tas atau mobil. Setelah kondangan, ganti baju dan masker. Baju yang dipakai untuk menghadiri pesta sebaiknya disimpan di dalam plastik atau tempat khusus dan langsung cuci setelah sampai di rumah. 

“Meski cara di atas bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona, bukan berarti Anda aman dari virus corona. Pikirkan dengan baik jika Anda diundang untuk datang ke pernikahan kerabat. Utamakan keselamatan diri dan orang terdekat di sekitar Anda,” tutup dr. Devia.

Itu dia beberapa tips kondangan saat pandemi. Sampai saat ini, risiko penularan virus corona masih sangat tinggi. Pertimbangkan kembali kondisi kesehatan, venue, dan faktor lain sebelum menghadiri undangan pernikahan. Untuk tahu tips atau informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar