Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kapan Penderita Infeksi Saluran Kemih Boleh Berhubungan Seks?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Kapan Penderita Infeksi Saluran Kemih Boleh Berhubungan Seks?

Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang menyebabkan rasa tidak di organ genital dan sekitarnya. Lantas, kapan penderita penyakit tersebut boleh berhubungan badan?

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah masalah kesehatan dapat dialami oleh siapa saja, terutama wanita. Penyakit ini tidak hanya mengganggu kenyamanan saat buang air kecil, tapi juga bisa menghancurkan nikmatnya hubungan intim.

Penderita infeksi saluran kemih bahkan dianjurkan untuk tidak berhubungan badan sementara waktu. Namun, sampai kapan hal ini mesti dilakukan?

Sekilas Tentang Infeksi Saluran Kemih

Berdasarkan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, infeksi saluran kemih adalah penyakit yang umumnya bergejala nyeri atau panas ketika sedang buang air kecil. Penyakit ini pun bisa menimbulkan nyeri pada panggul, dan warna urine terlihat keruh. 

“Penyebab dari infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri yang masuk melalui saluran kencing,” kata dr. Iqbal.

“Lebih sering menyerang wanita, karena uretra pada tubuh wanita lebih pendek ketimbang pria. Selain itu, posisi vagina juga berada dekat dengan kandung kemih. Hal ini membuat bakteri lebih mudah masuk dan menginfeksi,” sambungnya.

1 dari 3 halaman

Kapan Penderita Infeksi Saluran Kemih Boleh Berhubungan Badan?

Penderita infeksi saluran kemih sebaiknya tidak berhubungan seks, karena bisa memperburuk kondisi yang dialami. 

Di samping itu, seks juga dapat menjadi awal mula terjadinya infeksi saluran kemih. Karena ketika berhubungan seks, ada banyak bakteri yang terdorong masuk ke dalam vagina, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

“Saat mengalami infeksi saluran kemih, Anda dilarang melakukan hubungan seks. Alasannya bisa memperburuk gejala dan menyebabkan iritasi, bahkan terjadi penularan pada pasangan,” tutur dr. Iqbal.

“Jadi, hubungan badan saat ISK memang tidak dianjurkan. Jika mau berhubungan seks kembali, penderitanya harus benar-benar dinyatakan sembuh dan sudah tidak ada bakteri penyebab infeksi tersebut,” tegasnya.

Artikel Lainnya: 6 Penyebab Umum Susah Buang Air Kecil

Sebelum sepenuhnya sembuh, penderita infeksi saluran kemih tidak dianjurkan untuk berhubungan seks dengan posisi apapun. 

Ini artinya, seks dengan jari, oral job, mainan seks, dan sebagainya sangat dilarang ketika infeksi saluran kemih belum sembuh. 

“Kalau emang mau berhubungan seks, pastikan Anda sudah ke dokter, minum obat antibiotik yang diberikan, dan gejala infeksi saluran kemih yang dirasakan sudah 100 persen hilang,” ucap dr. Iqbal.

2 dari 3 halaman

Tips Agar Infeksi Saluran Kemih Tak Terjadi Berulang

Saat sudah dinyatakan sembuh oleh dokter, Anda dapat kembali berhubungan seks dengan pasangan. 

Agar di waktu mendatang penyakit tersebut tak lagi terjadi dan mengganggu kenyamanan, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan:

  1. Minum Cukup Air Putih

Anda diwajibkan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, air putih juga menjaga saluran kemih tetap sehat dan berfungsi optimal. 

Selain itu, air putih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri jahat pun tidak akan mudah menyerang dan menyebabkan infeksi. 

  1. Buang Air Kecil Setelah Seks

Anda diwajibkan untuk buang air kecil setelah berhubungan seks. Hal ini berguna untuk mengeluarkan bakteri yang menempel pada organ intim setelah berhubungan. 

Setelah itu, cuci vagina maupun penis dengan air mengalir. Keringkan dengan saksama menggunakan handuk atau tisu.

Artikel Lainnya: Lakukan 7 Hal ini untuk Cegah Infeksi Menular Seksual

  1. Bersihkan Organ Intim Secara Rutin

Bersihkan organ intim dengan teliti setelah buang air kecil maupun air besar. Anda bisa mencucinya dengan air mengalir, dan menyeka menggunakan tisu kering. 

Hal ini penting agar tidak ada bakteri yang menempel setelah buang air kecil atau air besar.

  1. Basuh dengan Arah yang Benar

Bersihkan vagina dari arah depan ke belakang. Apabila sebaliknya, organ intim Anda berpotensi lebih tinggi kemasukan bakteri yang berasal dari anus.

Infeksi saluran kemih boleh berhubungan badan setelah dinyatakan sembuh oleh dokter. Jangan sekali-sekali melanggar, agar keluhan tidak semakin parah dan malah menularkan pasangan.

Apabila punya pertanyaan mengenai infeksi saluran kemih atau gangguan kesehatan lain, Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar