Sukses

Cara Tepat Menghilangkan Bau Mulut Akibat Alkohol

Salah satu dampak buruk minum alkohol adalah menyebabkan bau mulut atau halitosis. Bagaimana cara menghilangkan bau mulut akibat alkohol? Ini kata dokter.

Minum alkohol secara berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan. Jenis minuman ini bahkan sering dihubungkan dengan penyakit hati, penyakit jantung, dan menurunkan fungsi otak.

Tidak hanya itu, minum alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan bau mulut atau halitosis. Hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri, apalagi jika terjadi berkelanjutan.

Lantas, harus bagaimana? Adakah cara efektif mengatasi bau mulut setelah minum alkohol?

1 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Alkohol

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, ketika seseorang minum alkohol dalam takaran yang secukupnya dan tidak terlalu rutin, permasalahan bau mulut mungkin tidak akan terjadi. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, permasalahan bau mulut pasti terjadi. 

“Ketika mengonsumsi alkohol, produksi air liur di dalam mulut akan menurun. Hal ini akan menyebabkan mulut kering, dan pada akhirnya mencetuskan bau mulut atau halitosis,” ucap dr. Iqbal.

Artikel Lainnya: Tidak Minum Alkohol Tapi Hasil Tes Positif, Kok Bisa?

Tidak perlu khawatir berlebihan dengan bau mulut akibat minum alkohol. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

  1. Mengurangi Asupan Alkohol

Cara paling tepat untuk mengatasi bau mulut akibat minum alkohol adalah dengan menghindari minuman itu sendiri. 

Selain alkohol, hindari juga minuman berkafein seperti kopi. Hindari pula minuman manis, karena bisa meningkatkan risiko dehidrasi dan membuat mulut terasa bau. 

  1. Sikat Gigi 

Menyikat gigi dengan cara tepat dan dilakukan secara rutin bisa bantu mengurangi bau mulut akibat minum alkohol. 

Agar lebih efektif, kombinasikan juga dengan berkumur menggunakan cairan khusus setelah sikat gigi. Lakukan dengan tepat, agar manfaatnya optimal.

  1. Mengunyah Daun Mint

Daun mint bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau mulut akibat minum alkohol. 

Sediakan selalu daun mint di dalam kulkas jika Anda adalah seorang peminum alkohol. Kunyah satu hingga dua lembar daun mint agar mulut terasa segar kembali.

Artikel Lainnya: Minum Alkohol Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?

2 dari 3 halaman

Gejala Bau Mulut yang Harus Diwaspadai

Bau mulut tak hanya disebabkan minum alkohol. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat penyakit lain, dan Anda perlu waspada karenanya.

  • Penyakit Gusi 

Mulut berbau seperti logam? Kondisi ini bisa jadi tanda Anda sedang mengalami penyakit gusi. 

Bau mulut akibat penyakit gusi akan semakin parah jika tidak segera diatasi. Kondisi ini pun bisa semakin parah jika Anda sedang gosok gigi. Penyakit gusi ditandai dengan nyeri dan bengkak pada gusi. 

  • Infeksi

Munculnya infeksi pada mulut juga bisa menyebabkan bau tidak sedap. Cedera atau luka dalam mulut akan memicu bakteri muncul, dan pada akhirnya buat mulut jadi bau.

  • Dehidrasi 

Kurangnya cairan dalam tubuh tidak hanya mengganggu fungsi organ tapi, juga menyebabkan bau mulut. Dehidrasi menyebabkan produksi air liur jadi berkurang, dan mulut jadi kering. 

Apabila keluhan tidak kunjung membaik setelah melakukan cara menghilangkan bau mulut akibat alkohol di atas, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Anda juga dapat mengonsultasikan masalah kesehatan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter. Gratis, lho!

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar