Gigi Mulut

Cara Tepat Menghilangkan Bau Mulut Akibat Alkohol

dr. Muhammad Isman S, 29 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mengalami bau mulut setelah minum alkohol? Jangan khawatir. Ini beberapa cara menghilangkan bau alkohol di mulut yang ampuh dan cepat

Cara Tepat Menghilangkan Bau Mulut Akibat Alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan. Jenis minuman ini sering dihubungkan dengan penyakit hati, penyakit jantung, dan menurunkan fungsi otak.

Tidak hanya itu, minum alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan bau mulut atau halitosis. Bau mulut dapat menurunkan rasa percaya diri, terlebih jika terjadi berkelanjutan.

Ketika mengonsumsi alkohol, produksi air liur di dalam mulut akan menurun. Hal ini akan menyebabkan mulut kering dan pada akhirnya mencetuskan bau mulut atau halitosis.

Namun, kamu tidak perlu khawatir berlebihan dengan bau mulut akibat minum alkohol. Berikut beberapa cara menghilangkan bau alkohol di mulut.

1. Mengurangi Asupan Alkohol

Cara paling tepat untuk mengatasi bau mulut akibat mengonsumsi alkohol adalah dengan menghindari minuman itu sendiri. 

Selain alkohol, hindari juga konsumsi minuman manis. Minuman tersebut bisa meningkatkan risiko dehidrasi dan membuat mulut terasa bau. 

2. Sikat Gigi 

Menyikat gigi dengan cara tepat dan dilakukan rutin juga bisa menjadi cara menghilangkan bau alkohol di mulut. 

Agar lebih efektif, kombinasikan dengan berkumur menggunakan cairan khusus setelah menyikat gigi. Lakukan dengan tepat, agar manfaatnya optimal.

3. Mengunyah Daun Mint

Mengunyah daun mint bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut orang minum alkohol.

Sediakan selalu daun mint di dalam kulkas jika kamu sering mengonsumsi alkohol. Kunyah satu hingga dua lembar daun mint agar mulut terasa segar kembali.

4. Berkumur dengan Cairan Pembersih Mulut atau Mouthwash

Berkumur dengan menggunakan cairan pembersih mulut bisa jadi cara menghilangkan bau alkohol di mulut secara alami. Untuk memaksimalkannya,kamu dapat menggunakan pembersih mulut yang mengandung bahan alkohol.

Selain dapat menghilangkan bau mulut, kamu juga akan merasakan sensasi segar di mulut setelah berkumur dengan mouthwash.

Artikel Lainnya: Kenapa Alkohol Bisa Tingkatkan Risiko Radang Tenggorokan?

5. Minum Kopi

Kopi terkenal memiliki aroma yang khas. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau minuman keras di mulut.

 

6. Kunyah Permen Karet

Cara menghilangkan nafas bau alkohol terakhir yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau alkohol di mulut adalah dengan mengunyah permen karet yang memiliki aroma kuat. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah bau mulut walaupun hanya sementara.

Perlu diketahui, beberapa cara menghilangkan bau alkohol di mulut yang dijelaskan di atas hanya bersifat sementara waktu.

Aroma alkohol di dalam tubuh umumnya akan hilang sendiri setelah zat tersebut dimetabolisme total di dalam tubuh.

Durasi hilangnya bau alkohol di dalam tubuh sulit diketahui karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut, seperti jenis kelamin, persentase lemak tubuh, serta ada atau tidaknya makanan di dalam tubuh ketika mengonsumsi alkohol.

Apabila keluhan bau alkohol di mulut tidak kunjung membaik setelah melakukan cara di atas, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

#JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat agar terbebas dari berbagai penyakit. Bijaklah dalam mengonsumsi alkohol dan jangan sampai mengonsumsinya melewati batas.

Kini, kamu bisa mengonsultasikan masalah kesehatan kepada dokter melalui layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

AlkoholMinuman KerasBau Mulut

Konsultasi Dokter Terkait