Sukses

Tips Wajah Glowing dengan Bumbu Dapur

Anda ingin punya kulit glowing dan cantik? Tenang, ada beberapa bumbu dapur untuk wajah cerah. Apa saja sih bumbu dapur untuk kecantikan itu?

Mendapatkan wajah cantik dan glowing tak selalu mahal. Faktanya, banyak bahan-bahan alami yang bisa mencerahkan kulit Anda. Kabar baiknya lagi, bahan alami tersebut dapat dengan mudah ditemukan di dapur Anda!

Anda penasaran apa saja bahan dan bumbu dapur untuk wajah glowing? Yuk, sama-sama simak ulasannya di sini.

 

1 dari 3 halaman

Bahan Dapur untuk Cerahkan Kulit Wajah

Menurut dr. Devia Irine Putri, beberapa bumbu dapur memang bisa digunakan untuk kecantikan, termasuk mencerahkan kulit wajah. Di antaranya:

1. Timun 

Timun dapat mendinginkan kulit dan meremajakan kulit kusam dengan kandungan antioksidannya. Timun juga berkhasiat mencerahkan warna kulit serta mengurangi pembengkakan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengiris timun tipis-tipis lalu menempelkannya di kulit wajah. 

2. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera berkhasiat untuk menyembuhkan serta merangsang tumbuhnya sel kulit baru. Aloe vera juga bermanfaat untuk melembapkan sekaligus menenangkan kulit tanpa menyebabkan sumbatan di pori-pori.

Menggunakan lidah buaya setelah mencuci muka setiap hari dapat membuat kulit Anda bersinar sehat. Caranya, oleskan gel lidah buaya ke seluruh wajah sekitar 20 menit. Lalu bilas hingga bersih. 

Artikel lainnya: Beda Perawatan Wajah untuk Pria dan Wanita

3. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat memutihkan dan menghilangkan warna flek hitam pada kulit. Alhasil, buah asam ini dapat membuat wajah tampak lebih cerah dan bercahaya.

Caranya, potong lemon menjadi beberapa bagian dan letakkan pada kulit wajah. Lakukan secara teratur untuk hasil maksimal. 

4. Kunyit

Bumbu dapur untuk wajah glowing adah kunyit. Penyedap masakan ini diketahui mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi kuat. Kandungan tersebut dapat menghilangkan radikal bebas berbahaya yang dapat merusak kulit.

Di samping itu, kunyit juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit kenyal serta bercahaya. Untuk penggunaannya, Anda dapat mengolah kunyit menjadi masker yang kemudian bisa dioleskan ke seluruh wajah. 

5. Minyak Kelapa

Bumbu dapur yang bisa dijadikan masker berikutnya adalah minyak kelapa. Produk dari kelapa tersebut diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penyembuhan. Akan tetapi, penggunaannya mungkin tidak akan berhasil untuk semua jenis kulit.

Sementara itu, untuk mendapatkan khasiatnya, cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke wajah dan sedikit memijatnya. Biarkan minyak meresap beberapa menit sebelum dibilas dengan pembersih wajah. 

Artikel lainnya: Ini Tips Menggunakan Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal!

6. Minyak Zaitun

Kandungan flavonoid dan polifenol pada minyak zaitun mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan. Minyak zaitun memperbaiki kulit dan membuatnya sehat dan bercahaya.

Caranya, ambil beberapa tetes minyak zaitun dan oleskan ke seluruh wajah. Pijat sebentar dan biarkan minyak meresap. Bersihkan dengan air hangat serta lakukan setiap malam sebelum tidur untuk hasil maksimal. 

2 dari 3 halaman

Kombinasikan Juga dengan Kebiasaan Sehat Ini!

Untuk mendapat khasiat yang optimal dari berbagai bumbu dapur di atas, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat. Untuk itu, dr. Devia memberikan beberapa saran yang bisa Anda ikuti di rumah. Antara lain:

  • Minum air putih yang cukup.
  • Makan sayuran dan buah.
  • Tidur cukup.
  • Menjaga kebersihan kulit, terutama membersihkan muka setelah dari luar rumah dan setelah menggunakan make up.
  • Gunakan pelembap dan tabir surya untuk menjaga kulit agar tidak rusak akibat paparan UV.
  • Setop merokok dan jangan konsumsi alkohol berlebihan.

Itulah enam bahan dapur untuk wajah cerah. Meski bermanfaat, pastikan juga untuk tidak memaksakan perawatan jika kulit Anda alergi pada bahan-bahan dapur tersebut.

Lakukan tes singkat terlebih dahulu pada area yang kecil di kulit. Jika tidak muncul reaksi alergi, seperti gatal, sensasi panas, kemerahan, barulah aplikasikan ke wajah.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar manfaat bumbu dapur untuk wajah atau masalah kulit lainnya, konsultaskan kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar