Sukses

Inilah Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan Anda

Meski terkesan ‘eksklusif’, olahraga bowling nyatanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Mulai dari untuk membakar kalori hingga mengencangkan otot-otot.

Bowling adalah salah satu olahraga yang asyik untuk dilakukan, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Apabila dilakukan bersama-sama dengan orang lain, terkadang rasa lelah pun tidak terasa.

Meski begitu, olahraga ini terkesan ‘eksklusif’ karena orang-orang tertentu saja yang ingin memainkannya. Sebab, bowling biasanya terdapat di pusat perbelanjaan sehingga memerlukan biaya.

Namun jangan salah, bowling merupakan olahraga yang punya banyak manfaat. Manfaat olahraga bowling bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, melainkan untuk kesehatan mental. 

Olahraga ini pun cocok untuk segala jenis usia. Lalu, apa saja manfaat bowling bagi kesehatan?

1 dari 4 halaman

1. Membakar Kalori

Sama seperti olahraga lain, olahraga bowling juga mampu membakar kalori. Jadi jangan salah, walaupun terlihat santai, manfaat bowling sudah tidak diragukan lagi dalam mengurangi jumlah kalori dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: Benarkah Olahraga 30 Menit Lebih Efektif Ketimbang Satu Jam?

Seorang pemain bowling kurang lebih berjalan sampai sekitar 18 meter tiap giliran. Itu berarti dalam waktu satu jam, ia bisa mencapai sekitar 800 meter. Kalori yang terbakar setara dengan melakukan lompat tali selama 25 menit. 

2. Melatih Fleksibilitas

Dalam permainan bowling, Anda harus belajar bagaimana cara melakukan gerakan-gerakan tertentu. Gerakan tersebut tentunya akan membantu Anda untuk mengarahkan bola ke pin.

Anda harus meregangkan bagian-bagian tubuh pada saat mengarahkan bola agar tepat sasaran. Gerakan-gerakan inilah yang membuat manfaat bowling baik untuk melatih fleksibilitas tubuh Anda.

3. Melatih Keseimbangan

Manfaat bermain bowling lainnya adalah melatih keseimbangan. Bola bowling cukup berat sehingga Anda tentunya butuh keseimbangan yang baik untuk menggulingkannya dengan satu tangan.

Nah, keseimbangan bisa didapatkan melalui bagaimana Anda mengatur posisi tubuh. Posisi yang benar saat akan menggulingkan bola dapat mencegah Anda terjatuh ketika melakukannya. 

Artikel Lainnya: Mau Olahraga Tapi Enggan Banjir Keringat, Coba Lakukan Ini!

2 dari 4 halaman

4. Memperkuat Koordinasi

Bowling dapat melatih koordinasi mata dan tangan Anda. Manfaat bowling yang satu ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, ketika Anda bermain, mata akan berperan sebagai penunjuk kemana tangan akan menggelindingkan bola.

Lalu, bagaimana, koordinasi antara mata dengan tangan dapat terjadi? Jawabannya, arah mata ketika Anda bermain bowling tentu saja harus akurat sebagai petunjuk bagi tangan Anda untuk menggelindingkan bola ke arah yang tepat.

5. Mengencangkan Otot-Otot

Manfaat lainnya dari olahraga bowling tentu dapat dirasakan otot-otot Anda. Olahraga ini melibatkan banyak otot. Posisi otot yang benar dibutuhkan agar bola dapat menggelinding dan menabrak pin.

Gerakan mengangkat, memutar, dan memintal yang dilakukan berulang-ulang dapat mengencangkan otot-otot tubuh, tangan, dan kaki Anda.

Artikel Lainnya: Tak Semua Olahraga Cocok untuk Anda, Ini Tandanya!

6. Baik untuk Kesehatan Kognitif

Bowling membutuhkan koordinasi, strategi, dan kelincahan. Memikirkan taktik dan berkonsentrasi dalam waktu lama tidak hanya bermanfaat bagi kemampuan motorik, melainkan juga kesehatan otak.

Oleh karena itu, manfaat bowling juga dapat berguna dalam membantu menjaga kesehatan kognitif, sekaligus mencegah penuaan otak.

3 dari 4 halaman

7. Meredakan Stres

Baik dilakukan sendiri maupun bersama dengan teman-teman, manfaat bermain bowling nyatanya dapat membantu Anda untuk rileks sehingga turut mencegah depresi

Bila bersama teman-teman, Anda bisa bermain bowling sembari mengobrol dan bersenda gurau. Hal ini akan membuat Anda melupakan segala kejenuhan yang mungkin Anda rasakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Demikian berbagai manfaat olahraga bowling bagi kesehatan. Tidak hanya sebagai rekreasi, bermain bowling merupakan salah satu cara untuk hidup sehat secara menyenangkan. Jika Anda ingin berolahraga sekaligus bersosialisasi, maka bowling merupakan pilihan yang tepat.

Informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat bisa Anda dapatkan hanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda dan keluarga kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar