Sukses

Berenang Malam Hari Ternyata Bermanfaat bagi Tubuh

Meskipun lebih umum dilakukan di pagi atau siang hari, berenang juga punya manfaat jika dilakukan saat malam hari. Yuk, kenali apa saja manfaat berenang malam bagi kesehatan!

Berenang merupakan olahraga yang tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental. Tak hanya itu, olahraga yang satu ini juga dapat menguatkan otot tubuh Anda.

Olahraga berenang sering kali dilakukan di pagi ataupun siang hari. Meski begitu, berenang juga bisa dilakukan di malam hari.

Faktanya, berenang di malam hari memiliki khasiat tersendiri. Yuk, ketahui apa saja manfaat berenang di malam hari bagi kesehatan.

1 dari 4 halaman

1. Mengatasi Masalah Tidur

Kebanyakan orang merasa lelah secara mental setelah beraktivitas seharian sehingga mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Pasalnya, meskipun Anda lelah, secara fisik, tubuh masih memiliki sisa energi.

Berenang di malam hari dapat membantu mengatasi gangguan tidur di malam hari. Saat berenang, seluruh otot tubuh dipakai untuk bergerak. Dengan demikian, tubuh akan merasa lelah secara fisik dan memudahkan Anda untuk tidur di malam hari.

Artikel Lainnya: Benarkah Berenang di Kolam Renang Berisiko Sebabkan Panu?

Selain itu, berenang juga bisa melepaskan hormon endorfin yang menurunkan stres dan memberi efek menenangkan sehingga tidur Anda akan lebih nyenyak. 

2. Mengurangi Paparan Sinar Matahari Berlebih

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, bila berlebihan, paparan sinar matahari justru berbahaya bagi kesehatan kulit. Hal inilah yang sebaiknya Anda perhatikan ketika berenang di siang hari.

Walaupun terasa menyegarkan, air di kolam saat Anda berenang di siang hari tidak akan melindungi tubuh dari radiasi sinar UV. 

Sebaliknya, berenang malam hari tentunya dapat membantu Anda terhindar dari sinar UV. Berenang di waktu ini juga lebih praktis, terutama bagi Anda yang tidak betah menggunakan tabir surya.

Nah, bagi yang suka olahraga tapi tidak suka dengan cuaca panas, Anda bisa mencoba berenang di malam hari. 

Artikel Lainnya: Berenang Dapat Tingkatkan Kecerdasan Anak, Ini Faktanya

2 dari 4 halaman

3. Olahraga Ideal Setelah Beraktivitas Sepanjang Hari

Olahraga setelah bekerja seharian merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Beraktivitas seharian pastinya sudah membuat Anda lelah dan merasa tidak punya tenaga lagi untuk olahraga.

Namun, hal ini berbeda dengan berenang, lho. Manfaat berenang di malam hari dapat membantu tubuh melepaskan hormon endorfin sehingga dapat mengurangi stres dan memberi efek menenangkan.

Di saat yang sama, berenang juga merupakan olahraga kardio yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Wah, berarti rasa lelah bukan alasan untuk kita tidak berolahraga, ya.

4. Melatih Fleksibilitas

Saat berenang, Anda dapat menggerakkan seluruh tubuh secara bebas. Otot-otot tubuh akan mengalami peregangan ketika kita melakukan berbagai gaya berenang. 

Artikel Lainnya: Apakah Berat Badan Bisa Turun dengan Berenang?

Bila dilakukan secara terus-menerus, lama kelamaan fleksibilitas akan meningkat dan tubuh menjadi lebih lentur. Lalu, adakah manfaat memiliki tubuh yang fleksibel? 

Fleksibilitas yang baik memudahkan Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, fleksibilitas juga dapat menurunkan risiko terjadi cedera di area-area tubuh tertentu.

3 dari 4 halaman

5. Membakar Karbohidrat Sebelum Tidur

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia. Sebagian besar masyarakat mencukupi kebutuhan karbohidrat dari nasi.

Namun, sebagian besar akan menghindari mengonsumsi karbohidrat sebelum tidur karena tubuh tidak banyak membakar karbohidrat saat tidur. Karbohidrat yang tidak terbakar akan diubah menjadi lemak sehingga meningkatkan risiko peningkatan berat badan.

Kabar baiknya adalah karbohidrat merupakan sumber energi yang pertama kali terbakar saat berolahraga. Salah satu olahraga yang tentunya dapat membuat Anda melepas stres sekaligus membakar karbohidrat adalah berenang.

Dengan berenang di malam hari, tubuh dapat membakar karbohidrat berlebih sebelum Anda tidur. Risiko peningkatan badan pun akan berkurang dengan membiasakan diri berenang di malam hari.

Bila Anda berencana untuk berenang di malam hari, ada berapa hal yang harus diperhatikan untuk keamanan dan kenyamanan Anda. Pertama, pastikan pencahayaan di sekitar kolam renang cukup untuk mengurangi risiko tergelincir saat akan terjun ke kolam renang.

Selain itu, lakukan pemanasan otot sebelum berenang. Anda bisa melakukan stretching ringan sebelum terjun ke kolam renang. Hal ini dilakukan untuk mencegah kram otot saat Anda berada di dalam kolam renang sehingga dapat mengurangi risiko tenggelam.

Bila ingin konsultasi dengan dokter mengenai topik ini, Anda dapat menggunakan Live Chat dari KlikDokter. 

[WA]

1 Komentar