Sukses

Manfaat Buah Nangka, Cegah Sembelit hingga Kanker!

Meski memiliki bau yang menyengat, buah nangka juga punya segudang manfaat kesehatan untuk tubuh. Apa saja?

Siapa yang tak tahu buah nangka? Buah yang tidak sulit ditemukan di Indonesia ini memang terkenal dan punya rasa yang manis serta aroma yang cukup tajam. 

Tak heran bila nangka sering dijadikan bahan campuran untuk membuat kue maupun minuman segar. Selain memiliki rasa yang manis, buah nangka juga punya manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, lho. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Melansir Healthline, beberapa nutrisi yang terkandung di dalam buah nangka ialah karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, riboflavin, magnesium, kalium, tembaga, mangan, lemak, dan sebagainya. 

Karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam, nangka dapat memberi manfaat untuk tubuh, di antaranya: 

  1. Mencegah Kanker 

Berdasarkan riset dari American Institute for Cancer Research, phytochemical di dalam buah nangka memiliki kandungan antioksidan yang secara efektif bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker

Tidak hanya itu, buah nangka juga mengandung zat lainnya yang dapat menangkal radikal bebas, seperti tanin dan flavonoid. 

Dokter Theresia Rina Yunita menambahkan, kandungan fitonutrien dalam nangka merupakan senyawa alami yang mungkin memiliki manfaat melawan kanker. Senyawa itu bisa mencegah pembentukan sel kanker di tubuh.

  1. Melindungi Kulit 

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah nangka dipercaya bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

Agar manfaatnya lebih maksimal, tetap gunakan sunscreen tiap kali ingin ke luar rumah.

Artikel lainnya: Tak Terduga, Ini Manfaat Biji Nangka dan Cara Makan yang Benar

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular 

Kandungan kalium di dalam buah nangka dipercaya bisa mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Pada akhirnya, kalium akan menurunkan risiko stroke dan serangan jantung

Tidak hanya itu, kandungan resveratrol buah nangka juga bisa membantu mengatasi penyakit kardiovaskular seperti hipertensi

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Tidak hanya kalium, buah nangka juga mengandung kalsium yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. 

Menurut dr. Theresia, kandungan magnesium buah nangka juga bisa membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. 

Inilah sebabnya, makan nangka dengan porsi yang tepat setiap hari bisa mengurangi gejala osteoporosis di kemudian hari. 

  1. Mengontrol Gula Darah 

Buah nangka memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Hal ini juga berkaitan erat dengan kandungan seratnya yang tinggi untuk membantu memperlambat sistem pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah. 

Selain itu, nangka juga menyediakan beberapa protein yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan. 

Artikel lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

  1. Melindungi Tubuh dari Penyakit 

Vitamin C di dalam buah nangka membantu mencegah peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. 

Lalu, kandungan karotenoid-nya juga sudah terbukti bisa menurunkan peradangan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2

Kandungan flavanon nangka mengandung sifat antiinflamasi yang bisa membantu menurunkan gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol. 

  1. Mengontrol Tekanan Darah 

Menurut American Heart Association, potassium di dalam buah nangka dipercaya secara efektif bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini bekerja dengan mengurangi tegangan yang ada di dinding pembuluh darah. 

  1. Mengatasi Sembelit 

Nangka adalah sumber serat yang baik. Jadi, bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu melancarkan BAB. 

Sebaiknya, imbangi juga dengan jenis buah lainnya, seperti pisang, pepaya, dan lainnya. 

Artikel lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Makan Buah Nangka

Jangan khawatir, setiap orang boleh kok makan buah nangka, baik anak-anak, ibu hamil dan menyusui, maupun lainnya. 

Meski begitu, dr. Theresia mengingatkan, apa pun yang dimakan secara berlebihan – termasuk buah nangka – pasti memiliki risiko yang tidak baik juga untuk tubuh. Misalnya, kenaikan gula darah akibat makan buah nangka terlalu banyak. 

Itulah beberapa manfaat sehat buah nangka yang mungkin tidak pernah Anda sangka. Konsumsilah dalam porsi yang tepat agar manfaatnya dapat dirasakan lebih maksimal.

Bila ingin konsultasi ke dokter lebih mudah seputar asupan buah, pakai Live Chat dari KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar