Sukses

Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah Cantik dan Sehat

Masker spirulina yang mengandung banyak bahan antioksidan mampu mempercantik kulit wajah Anda. Meski begitu, tetap gunakan dalam batas yang normal.

Salah satu kosmetik yang belakangan ini sempat mencuri perhatian adalah masker spirulina. Masker bahan alami ini katanya memiliki ragam kandungan alami yang dibutuhkan untuk menyehatkan kulit wajah.

Pertanyaannya, apakah manfaat masker spirulina untuk wajah diakui medis? Apakah masker ini aman digunakan berkelanjutan?

1 dari 3 halaman

Mengenal Spirulina Lebih Dekat

Dilansir Healthline, spirulina merupakan salah satu jenis cyanobacteria. Sebagai famili mikroba bersel tunggal, spirulina juga sering dikenal sebagai alga hijau biru.

Alga berukuran kecil tersebut diketahui kaya akan nutrisi. Dalam 1 sendok makan (7 gram) bubuk spirulina kering mengandung:

  • Protein: 4 gram
  • Vitamin B1 (tiamin): 11 persen dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin B2 (riboflavin): 15 persen dari AKG
  • Vitamin B3 (niacin): 4 persen dari AKG
  • Tembaga: 21 persen dari AKG
  • Besi: 11 persen dari AKG
  • Magnesium, kalium, dan mangan.

Spirulina dapat menghasilkan energi dari matahari melalui proses fotosintesis, sama seperti tumbuhan hijau lainnya. Oleh sebab itu, bubuk spirulina yang diolah menjadi produk kecantikan juga disebut sebagai masker klorofil.

Artikel Lainnya: Ini Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah

2 dari 3 halaman

Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, ekstrak Spirulina platensis mengandung campuran protein dan karotenoid yang memiliki efek sinergis pada penyembuhan luka dan regenerasi jaringan kulit.

“(Terdapat) kandungan phycocyanin di dalam spirulina yang kaya antioksidan,” sebut dr. Dyah Novita.

Phycocyanin merupakan komponen aktif dalam spirulina. Zat antioksidan tersebut juga memberi spirulina warna hijau biru yang unik. Phycocyanin dapat melawan radikal bebas dan memberikan efek antioksidan serta antiradang yang luar biasa.

Jika dijabarkan, masker dengan bahan spirulina memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah Penuaan Dini

Spirulina kaya akan fitonutrien dan karotenoid. Keduanya memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi kulit dan tubuh dari radikal bebas.

Oleh karena itu, masker spirulina mampu mengatasi beberapa tanda penuaan, seperti kulit keriput akibat paparan sinar matahari, dan noda hitam.

2. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Sarat dengan antioksidan, spirulina juga dapat mencerahkan kulit. Caranya, Anda tinggal mengoleskan masker spirulina secara merata ke wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Artikel Lainnya: Agar Tak Sia-Sia, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

3. Detoksifikasi Wajah

Sering menggunakan make up dan terpapar sinar matahari membuat racun menumpuk di kulit wajah. Masker spirulina dapat mendetoksifikasi kulit wajah Anda berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

4. Menghilangkan Jerawat

Sifat antiradang Spirulina membantu mengurangi pembengkakan akibat jerawat dan mencegah kemunculannya kembali.

Spirulina meningkatkan metabolisme kulit yang memungkinkan penyembuhan lebih cepat dan mencegah pertumbuhan bakteri berlebih.

5. Mengencangkan Kulit Kendur

Spirulina tidak hanya melindungi dari tanda-tanda awal penuaan, tetapi juga dapat mengencangkan tampilan kulit yang kendur.

Spirulina mengandung asam amino yang baik untuk mendukung produksi kolagen kulit. Kolagen itu sendiri merupakan protein yang berfungsi menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Tertarik dengan manfaat spirulina untuk wajah? Berdasarkan dr. Dyah Novita, Anda disarankan untuk tetap berhati-hati dalam memakai masker spirulina.

“Tetap tidak boleh berlebihan. Gunakan sesuai aturan pakai di kemasan,” imbau dr. Vita.

Selain itu, Anda juga patut berhati-hati apabila memiliki alergi. Pasalnya, kandungan spirulina bisa saja mencetuskan reaksi alergi berupa gatal-gatal, atau ruam kemerahan.

Manfaat masker spirulina untuk wajah memang sangat beragam. Namun, Anda disarankan untuk tetap harus berhati-hati dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya. Ini dilakukan untuk mencegah efek samping yang merugikan.

Masih penasaran dengan manfaat spirulina untuk wajah? Ingin tahu fakta medis lainnya? Tanyakan pada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter secara gratis!

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar