HomeInfo SehatKulitManfaat Masker Spirulina untuk Wajah Cantik dan Sehat
Kulit

Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah Cantik dan Sehat

dr. Nadia Octavia, 11 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Masker spirulina yang mengandung banyak bahan antioksidan mampu mempercantik kulit wajah Anda. Meski begitu, tetap gunakan dalam batas yang normal.

Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah Cantik dan Sehat

Masker spirulina sempat mencuri perhatian publik. Katanya masker ini memiliki ragam kandungan alami yang dibutuhkan untuk menyehatkan kulit wajah.

Spirulina merupakan algae atau ganggang dengan warna hijau kebiruan yang dapat hidup di air laut maupun air tawar.

Manfaat masker spirulina untuk wajah hadir berkat berbagai kandungan di dalamnya. Mulai dari protein, asam lemak omega-3, vitamin B, hingga zat besi.

Jika dijabarkan, masker dengan bahan spirulina memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah Penuaan Dini

Spirulina kaya akan fitonutrien dan karotenoid. Keduanya memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi kulit dan tubuh dari radikal bebas.

Oleh karena itu, masker spirulina bermanfaat untuk mengatasi beberapa tanda penuaan, seperti kulit keriput akibat paparan sinar matahari dan noda hitam.

2. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Salah satu manfaat masker spirulina adalah dapat mencerahkan kulit. Khasiat ini hadir berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

Ingin mendapatkan manfaat ini? Anda tinggal mengoleskan masker spirulina secara merata ke wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Detoksifikasi Wajah

Sering menggunakan make up dan terpapar sinar matahari membuat racun menumpuk di kulit wajah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan masker spirulina.

Masker alami ini dapat mendetoksifikasi kulit wajah Anda karena mengandung antioksidan.

4. Menghilangkan Jerawat

Manfaat masker spirulina lainnya adalah sebagai antiradang.  Karena itu, masker ini dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat jerawat dan mencegah kemunculannya kembali.

Artikel Lainnya: Bagaimana Efek Samping Masker Spirulina untuk Kulit?

Kegunaan masker spirulina dalam metabolisme kulit memungkinkan penyembuhan lebih cepat dan mencegah pertumbuhan bakteri berlebih.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Molecule pada tahun 2020 melaporkan, spirulina dapat berperan sebagai antioksidan dan antibakteri. 

5. Mengencangkan Kulit Kendur

Khasiat masker spirulina tidak hanya melindungi dari tanda-tanda awal penuaan, tetapi juga dapat mengencangkan tampilan kulit yang kendur.

Spirulina mengandung asam amino yang baik, yaitu glycine dan proline untuk mendukung produksi kolagen kulit.

Kolagen itu sendiri merupakan protein yang berfungsi menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di International Journal of Molecular Medicine pada tahun 2019, spirulina dapat meningkatkan growth factor pada sel-sel fibroblas kulit yang berperan untuk produksi kolagen. 

6. Mencegah Kerutan

Spirulina mampu mencegah kerutan berkat kandungan fikosianin di dalamnya. 

Penelitian yang diterbitkan di jurnal PLoS One pada tahun 2014 mengemukakan, fikosianin berperan sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas penyebab kerutan serta tanda-tanda penuaan lainnya.

Artikel Lainnya: Pilihan Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

7. Mengurangi Gejala Eksim 

Menurut penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Pharma Medicine and Biological Sciences pada tahun 2020, spirulina dapat mengurangi gejala eksim.

Manfaat spirulina tersebut akan didapatkan jika dioleskan 2x/hari selama 3 minggu berturut-turut.

Meski begitu, tetap diperlukan penelitian lebih lanjut terkait khasiat spirulina yang satu ini.

Jika Anda memiliki alergi terhadap spirulina, iodine, rumput laut, dan makanan laut, sebaiknya hindari mengonsumsinya secara langsung, termasuk mengoleskannya.

Selain itu, spirulina tidak dianjurkan bagi mereka yang mengalami kondisi phenylketonuria atau PKU. Sebab, spirulina mengandung zat yang tidak dapat dimetabolisme oleh penderita PKU. 

Bila ingin mencoba masker wajah spirulina, pastikan bahan yang Anda dapatkan berasal dari sumber terpercaya dan telah melalui pengolahan yang bersih sehingga terhindar dari kontaminasi. 

Konsultasikan terlebih dahulu seputar penggunaan masker spirulina kepada dokter. Anda dapat menggunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk chat langsung dengan dokter.

[WA]

Kecantikan

Konsultasi Dokter Terkait