Sukses

Kenapa Anak Kecil Suka Tak Mau Pakai Baju?

Kalau diperhatikan, banyak anak kecil yang menolak untuk pakai baju. Kenapa anak kecil sering tidak mau pakai baju, ya?

Beberapa balita kerap menolak untuk mengenakan pakaian setelah mengetahui cara melepasnya. Akan tetapi, banyak juga yang benar-benar tidak mau pakai baju. Sebenarnya, apa alasan anak-anak tidak mau pakai baju?

Terlebih bila ada acara tertentu. Jika anak sering membuka pakaian pada setiap kesempatan, maka pasti bikin repot! 

Dalam kondisi ini, Anda harus pelajari mengapa si kecil melakukannya dan bagaimana menghentikannya.

1 dari 3 halaman

Penyebab Anak Tak Ingin Kenakan Pakaian

Penyebab umum anak tidak mau mengenakan pakaian dan biasanya memilih telanjang dada adalah rasa tidak nyaman dengan pakaian tersebut. Misalnya, dari segi bahan yang membuat gatal dan kepanasan.

"Biasanya karena tidak nyaman dengan pakaian yang digunakan. Bisa jadi bahannya gatal, tidak menyerap keringat, atau tidak suka dengan model yang dipilihkan ibu atau pengasuh," ungkap dr. Devia Irine Putri.

Senada dengan dr. Devia, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengatakan anak-anak sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. 

"Misalnya yang berbulu atau agak kasar dan tebal. Bisa jadi anak ini sensorik sensitif banget. Oleh karena itu, ketika ia pakai pakaian yang mungkin agak kasar atau berbulu, langsung tidak nyaman dan menolak memakainya," jelas psikolog Ikhsan.

Artikel Lainnya: Ayah Pulang Kerja Langsung Gendong Bayi, Tularkan 5 Penyakit Ini

Dari sisi psikologi, penyebab anak tidak mau memakai baju bisa jadi karena si kecil sedang mengembangkan kemandiriannya. 

"Kalau memang sampai semua pakaian ia tolak, bisa jadi anak lagi berkembang kemandiriannya. Karena, ia tidak suka dengan pakaian yang dipilih orang tuanya. Bisa jadi anak memang ingin pakai pilihannya sendiri," jelas psikolog Ikhsan.

Selain itu, alasan untuk mencari perhatian juga bisa dipertimbangkan. Mungkin itulah caranya untuk mendapat perhatian dari Anda atau orang-orang di sekitarnya. 

Artikel lainnya: Anak Jadi Merengek Akibat Tak Beli Baju Lebaran Tahun Ini, Mengapa?

2 dari 3 halaman

Tips Menangani Anak yang Tak Ingin Pakai Baju

Kalau Anda kerap mengalami kondisi tersebut, jangan dibiarkan berlarut-larut. Berikut beberapa tips untuk menanganinya:

  1. Ajak Pilih Pakaian Bersama

"Kita bisa berikan dua atau tiga pilihan pakaian, biarkan ia memilih pakaian yang akan dikenakan. Dengan begitu, kita juga bisa mengasah kemandirian dan belajar mengambil keputusan," ungkap dr. Devia Irine.

  1. Belikan Pakaian yang Bahannya Nyaman

"Baju yang dimaksud misalnya katun, kaus yang menyerap keringat, modelnya yang nyaman atau simpel, ukurannya longgar atau pas, bukan yang kesempitan. Bisa juga yang ada motif, gambar karakter, atau warna yang disukai anak," saran dr. Devia Irine.

  1. Jangan Dimarahi

Ketika anak tak mau pakai baju, sebaiknya jangan dimarahi. Lebih baik jelaskan pelan-pelan bahwa tubuh adalah privasi.

"Jelaskan bahwa tubuh harus ditutup karena milik diri sendiri. Orang lain tidak boleh melihatnya. Kalau memang anak memaksa telanjang, berikan ia waktu di rumah 15-30 menit. Setelah itu, pelan-pelan bujuk untuk kenakan pakaian," pungkas dr. Devia Irine.

Itulah tips untuk orang tua ketika anaknya menolak pakai baju. Cari tahu tips mendidik anak yang tepat menurut dokter dan psikolog di aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar