Sukses

Ladies, Ini Tips Pakai Sisa Essence Sheet Mask

Mau buang kemasannya tapi sayang karena essence-nya masih banyak? Sebelum Anda menyimpan sisa essence sheet mask, simak dulu penjelasan ini, ya.

Selain simpel karena tinggal tempel di wajah, banyak variannya, dan harganya ramah di kantong, ada satu hal lagi yang bikin pemakai sheet mask senang. Ya, sisa essence sheet mask yang banyak tertinggal di dalam kemasan bisa dipakai lagi. 

Sisa sheet mask tersebut kadang langsung dioleskan lagi ke wajah atau area sekitarnya seperti leher. Bahkan, kalau benar-benar masih banyak, kadang dioleskan juga ke bagian tangan.

Namun, karena ini sebenarnya produk yang diformulasikan untuk wajah, ada aturan khususnya tidak, ya, kalau mau pakai sisa essence sheet mask di bagian tubuh lain?

1 dari 3 halaman

Pakai Sisa Essence Sheet Mask di Bagian Lain, Apa Benar Bermanfaat?

Menurut dr. Arina Heidyana, sisa essence itu sendiri memang bisa digunakan di bagian tubuh lain. 

Misalnya, di punggung tangan, lengan bawah, dan siku. Bila sisanya masih banyak, Anda juga bisa mengaplikasikannya di bagian yang kering, seperti lutut dan mata kaki. 

“Penggunaan sisa sheet mask tetap memberikan manfaat, seperti menghidrasi kulit supaya tidak kering. Untuk manfaat lainnya, tentu bergantung pada kandungan masker yang Anda gunakan,” jelas dr. Arina. 

Sebagai contoh, Anda punya sheet mask lidah buaya (aloe vera). Selain bisa melembapkan, juga bisa menenangkan dan memberikan sensasi dingin di bagian kulit yang sering terpapar matahari (punggung tangan misalnya). 

Kalau yang Anda punya masker green tea lalu mengoleskan sisa essence-nya di bagian yang agak kasar dan kemerahan, juga bisa membantu meredakan peradangan. 

Begitu pula dengan varian sheet mask tea tree. Bila Anda punya jerawat di bagian dada atau punggung, juga bisa dioleskan ke situ. 

Jangan langsung buang kemasan masker Anda bila sisa essence-nya masih banyak! Biar tak rugi, aplikasikan saja langsung sisa essence ke bagian kulit tubuh lain yang memang dirasa butuh sedikit perawatan. 

Artikel Lainnya: Ini Tips Menggunakan Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal!

2 dari 3 halaman

Tips Pakai Sisa Essence Sheet Mask

Nah, dilansir Healthline, ilmuwan produk kecantikan, Michelle Wong, Ph.D, memberikan tips apabila Anda ingin memakai sisa essence dari masker. Adapun tipsnya sebagai berikut:

  1. Oleskan Sisanya ke Leher dan Dada

Tuangkan sedikit essence ke telapak tangan dan oleskan ke area leher juga dada. Kebanyakan orang sering melewatkan dua bagian ini saat melakukan rutinitas perawatan kulit.

  1. Basahi Masker yang Mulai Kering

Bila masker mulai mengering tetapi Anda ingin terus melembapkannya, basahi lagi masker dengan essence yang tersisa. 

Anda bisa melepaskannya dulu sebentar atau langsung saja pakai tangan yang bersih untuk mengoleskan lagi. 

  1. Kulit Wajah Sangat Kering? Lakukan Ini!

Setelah masker diangkat dan essence telah meresap, oleskan lagi cairan yang tersisa dalam kemasan ke wajah Anda. Kemudian, oleskan krim pelembap.

  1. Bikin Masker untuk Bagian Kulit Lain

Kalau ada essence berlebih, rendam kapas kering di dalamnya lalu gunakan sebagai masker untuk bagian tubuh lain. Sama seperti sheet mask, bila kapas sudah mengering, Anda bisa mengangkatnya. 

  1. Jadikan Body Moisturizer 

Tak mau repot-repot pakai beberapa kapas? Anda bisa kok langsung mengaplikasikannya seperti pakai body lotion ke tangan dan kaki. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Menggunakan Sheet Mask Setiap Hari?

  1. Hindari Menyimpan Terlalu Lama

Dokter Arina tidak merekomendasikan untuk memindahkannya ke wadah, sekali pun itu wadah tertutup.

“Sebaiknya tidak usah dipindahkan dan disimpan terlalu lama. Harus langsung dipakai saja semuanya. Dikhawatirkan, wadah dan cara penyimpanannya tidak steril. Yang ada malah tumbuh bakteri atau jamur pada essence-nya dan mengiritasi kulit,” saran dr. Arina. 

Mungkin Anda berpikir dengan menyimpannya di kulkas, sisa essence jadi lebih awet. Namun, dr. Arina tetap tidak merekomendasikan karena bakteri tetap bisa tumbuh. 

  1. Hindari Mengoleskan di Area Luka

Pada dasarnya, tidak ada bagian kulit spesifik yang tidak boleh dikenai sisa essence sheet mask. “Kecuali untuk bagian yang ada lukanya. Bagian tersebut sebaiknya dihindari,” ucapnya. 

  1. Hindari Mencampurkan Essence Satu dengan yang Lain

Maskeran bareng teman-teman dan ingin menggabung sisa essence kalian? Jangan! Kita tidak tahu bagaimana interaksi dari kandungan beberapa masker tersebut.

“Bisa jadi juga, di teman Anda tidak masalah, tetapi pas di kulit sendiri malah timbul alergi atau jerawat. Sayang, kan?” kata dr. Arina.

Jadi, kalau ingin pakai sisa essence sheet mask, coba lakukan sesuai dengan tips di atas biar tak ada efek samping yang merugikan. 

Bila ada pertanyaan seputar produk kecantikan, konsultasikan kepada dokter lewat LiveChat di aplikasi Klikdokter

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar