Sukses

Bahaya Makan Tauge Mentah bagi Ibu Hamil

Tauge adalah sayuran renyah yang bisa jadi campuran banyak makanan. Tapi, ibu hamil sebaiknya hindari makan tauge mentah, ini alasannya.

Tauge ialah salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh. Kecambah ini punya beragam manfaat kalau diolah dengan benar.

Selain rendah kalori, tauge juga merupakan sumber nutrisi. Kandungan vitamin dan mineralnya pun bermacam-macam.

Secara umum, proses bertunas tauge meningkatkan kadar nutrisinya. Hal ini membuat tauge lebih kaya protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, serta vitamin C dan K dibanding tanaman yang tidak bertunas.

Sayuran tauge juga lebih mudah dicerna dan mengandung antioksidan penting. Oleh karena itu, tauge sangat bermanfaat termasuk bagi ibu hamil. Tapi, jangan makan tauge mentah karena ada risiko di baliknya.

1 dari 3 halaman

Alasan Ibu Hamil Tak Dianjurkan Makan Tauge Mentah

Beberapa jenis makanan memang menggunakan tauge mentah sebagai campuran, misalnya sambal tauge mentah.

Nah, ini yang harus dihindari ibu hamil. Sangat tidak disarankan untuk makan tauge mentah saat hamil.

Tauge mentah jelas tidak aman dikonsumsi saat hamil. Bakteri seperti Listeria, Salmonella, dan E. coli dapat berpindah ke dalam biji kecambah melalui celah pada cangkang.

Begitu ada di dalam benih, bakteri tumbuh dalam kondisi lembap dan hangat. Bakteri ini bisa memicu kondisi yang sangat berisiko bagi ibu hamil.

Artikel Lainnya: Makan Tauge Bikin Subur, Mitos atau Fakta?

Listeriosis dapat menyebabkan bayi lahir mati (stillbirth), keguguran, infeksi berbahaya, dan kelahiran prematur pada bayi baru lahir.

Sementara, Salmonella dan E. coli dapat menyebabkan penyakit yang juga bisa berakibat fatal.

"Semua sayuran mentah, termasuk tauge mentah, tidak boleh dikonsumsi saat hamil. Meski sudah dicuci bersih, tidak menutup kemungkinan masih ada bakteri yang menempel, misalnya E.coli. Jadi, kalau menginfeksi ibu, malah bisa membuatnya mual, muntah, dan diare," ungkap dr. Devia Irine Putri.

Jika Anda sangat suka makan tauge, maka pastikan memasaknya dengan benar untuk menurunkan risiko penyakit.

Memasak tauge dengan api kecil tidak akan membantu. Karena, api kecil tidak akan menghasilkan panas yang cukup untuk membunuh bakteri.

Artikel Lainnya: Konsumsi Kacang Hijau Saat Hamil Bikin Rambut Bayi Lebat?

2 dari 3 halaman

Tips Makan Tauge untuk Ibu Hamil

"Ibu hamil boleh makan tauge, asalkan dicuci bersih dan dimasak sampai matang. Bisa juga dikombinasikan dengan sayuran atau bahan makanan lainnya, misalnya ikan, tahu, atau daging," ujar dr. Devia Irine.

Selain itu, membeli tauge juga harus hati-hati. Berikut beberapa tips untuk membeli dan menyimpan tauge:

  • Beli tauge segar yang disimpan dalam kondisi dingin.
  • Jangan beli tauge yang terlihat kurus atau berbau apek.
  • Setelah membeli tauge, masukkan ke kulkas bila Anda tidak langsung mengonsumsinya. Pastikan kulkas terjaga kebersihannya.

Jadi, lebih baik hindari makan tauge mentah atau sayuran mentah lainnya. Masaklah sampai matang agar terhindar dari risiko-risiko yang tak diinginkan.

Bila ingin tahu lebih lengkap seputar pantangan makanan bagi ibu hamil, yuk konsultasi dengan dokter lewat fitur LiveChat dari Klikdokter. Lebih mudah!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar