Sukses

Sehatkah Bubur Kacang Hijau Pakai Santan?

Sajian bubur kacang hijau sering ditambah dengan beberapa sendok santan. Apakah santan menambah gizi atau justru bikin kolesterol naik?

Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan yang digemari masyarakat. Biasanya, bubur kacang hijau hangat dimakan sambil dicelup selembar roti tawar.

Agar semakin mantap, ada juga yang menambahkan bubur kacang hijau dengan santan. Lantas, apakah bubur kacang hijau semakin bergizi jika ditambah santan? Atau malah sebaliknya, malah bisa menambah kolesterol?

Kandungan dan Nutrisi Kacang Hijau

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), 100 gram kacang hijau rebus mengandung nutrisi berikut:

  • 7,02 gram protein
  • 19,15 gram karbohidrat
  • 2 gram gula
  • 7,6 gram serat makanan

Kacang hijau merupakan sumber vitamin B yang dibutuhkan tubuh dan dapat membantu menjaga kesehatan otak. Sumber vitamin B9 atau asam folat di dalam kacang hijau juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Bahkan, menurut Chemistry Central Journal kacang hijau memiliki beberapa manfaat zat baik, seperti antioksidan, antibakteri, dan antijamur.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Anak

1 dari 3 halaman

Kalau Ditambah Santan, Lebih Menyehatkan?

Di kedai atau warung kopi pinggir jalan, bubur kacang hijau umumnya disajikan dengan campuran beberapa sendok santan. Tak dimungkiri, rasa santan ini menambah rasa gurih yang membuat bubur kacang hijau jadi semakin enak.

Namun jangan salah, bukannya semakin menambah gizi, tambahan santan malah dapat menyumbang lemak atau kolesterol berlebih dalam tubuh Anda.

Pasalnya, dalam sajian semangkuk bubur kacang hijau saja sudah mengandung 137 kalori, lemak  6,3 gram, dan 134,5 gram natrium. Bagaimana jika ditambah santan beberapa sendok? Asupan lemaknya bukan semakin bertambah, ya?

dr. Devia Irine Putri mengatakan, "Lebih sehat tanpa santan sebenarnya. Karena kalau ditambah santan pasti menambah kadar lemak juga," ungkapnya.

Menurut American Heart Association, sering mengonsumsi makanan berlemak dapat memperparah kadar kolesterol tinggi dan membentuk plak di pembuluh darah. Jika didiamkan, kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung.

Artikel lainnya: Tips Memasak Santan agar Tak Kena Kolesterol Tinggi

2 dari 3 halaman

Cara Memasak Bubur Kacang Hijau agar Tetap Sehat

Untuk memasak bubur kacang hijau yang sehat sebenarnya mudah. Anda hanya perlu bersihkan kacang hijau dan masukkan ke dalam air mendidih selama 45 menit.

Setelah itu, angkat butiran kacang yang sudah matang. Jika ingin rasanya manis, gunakan pemanis rendah kalori. Untuk pengganti santan, Anda bisa menuangkan susu sapi rendah lemak atau susu kacang almond yang lebih sehat.

Kacang hijau rebus juga dapat dicampur ke dalam salad, sup, atau kari. Kacang hijau cocok untuk berbagai campuran masakan karena punya rasa yang hambar dan dapat menyatu dengan bumbu.

Apabila masih ada pertanyaan tentang manfaat bubur kacang hijau dan risiko  bertambahnya kolesterol dalam darah, konsultasikan langsung ke dokter. Mau lebih praktis? Gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar