Sukses

Jangan Dikorek, Ini Cara Ampuh Atasi Telinga Gatal

Telinga gatal memang sangat mengganggu aktivitas. Jangan buru-buru dikorek, ketahui cara aman dan ampuh untuk mengatasi telinga yang gatal!

Ketika telinga gatal, rasanya ingin langsung menggaruk atau mengorek hingga rasa gatalnya hilang. Belum lagi kalau keluhan ini terus muncul, aktivitas sehari-hari jadi sangat terganggu.

Penyebabnya sangat beragam. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, telinga gatal bisa disebabkan oleh infeksi telinga luar, misalnya akibat jamur.

"Selain itu, bisa disebabkan oleh telinga kering, alergi, atau iritasi, misalnya karena anting atau penyakit tertentu. Contohnya, psoriasis atau dermatitis yang memang bisa bikin gejala gatal," kata dr. Sepriani. 

Saat terinfeksi, telinga gatal bisa disertai dengan demam, pembengkakan, dan keluarnya cairan dari telinga. 

Untuk mengatasinya, lupakan cara mengorek telinga. Ikuti tips-tips berikut agar telinga gatal cepat hilang!

1 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Telinga Gatal

Beberapa cara mudah dan aman yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Oles Minyak Zaitun atau Baby Oil

Jika kulit kering menyebabkan telinga gatal, coba oleskan beberapa tetes minyak zaitun atau baby oil pada telinga.

Selain itu, minyak zaitun atau baby oil juga bisa membantu meredakan rasa gatal akibat alat bantu dengar. Tapi, minyak tersebut tidak boleh menyentuh alat bantu dengar. Sebaiknya oleskan sebelum tidur.

2. Pakai Alat Bantu Dengar dengan Tepat

Bila Anda menggunakan alat bantu dengar, pasanglah dengan tepat. Karena, alat bantu dengar yang tidak pas dapat menyebabkan iritasi. 

Lalu, ketahui juga apakah Anda mengalami alergi akibat alat bantu dengar. Periksa ke dokter untuk mengetahui ada atau tidaknya reaksi alergi dari alat tersebut.

Artikel Lainnya: Waspada 7 Bahaya Telinga Berdenging

3. Bersihkan Telinga dengan Benar

Jika kotoran telinga agak sulit dikeluarkan, maka coba teteskan baby oil atau obat tetes telinga untuk membantu mengeluarkan kotorannya.

Kalau cara ini tidak efektif, dokter bisa menyemprotkan larutan garam ke dalam telinga untuk membuang semua kotoran. 

Anda juga dapat melakukan prosedur ini di rumah dengan peralatan irigasi telinga atau penyedot. Ketahui cara penggunaan dengan benar dan disarankan untuk konsultasi ke dokter agar lebih aman.

4. Penggunaan Obat Topikal

Jika kondisi kulit seperti psoriasis yang menyebabkan telinga gatal, maka Anda perlu menggunakan obat topikal (oles) untuk mengatasinya.

Bila pemakaiannya tidak membuahkan hasil atau mengalami infeksi telinga lainnya, periksa ke dokter agar mendapat obat yang lebih tepat.

5. Antihistamin

Telinga gatal karena rhinitis alergi mungkin memerlukan antihistamin untuk mengatasinya. 

Kalau alergi makanan yang menjadi penyebab telinga gatal, Anda dapat melacak pola makan dan gejala alergi yang dialami untuk mengetahui makanan apa yang jadi pemicu.

Artikel Lainnya: 6 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan pada Telinga

2 dari 3 halaman

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika mengalami telinga gatal atau masalah telinga lainnya, Anda disarankan untuk langsung periksa ke dokter tanpa menunggu gejalanya parah. Jadi, penyebabnya bisa cepat diketahui dan diatasi.

"Saat telinga gatal, boleh langsung ke dokter untuk tahu penyebabnya. Terutama kalau ada cairan yang keluar dari lubang telinga, disertai nyeri, penurunan pendengaran, telinga mendenging (tinnitus), atau sudah berlangsung lama," ungkap dr. Sepriani.

"Harus tahu dulu penyebabnya apa. Nanti, mengatasinya sesuai dengan penyebab tersebut, makanya disarankan ke dokter khususnya dokter THT," lanjutnya.

Masalah telinga yang muncul harus segera diatasi. Jangan digaruk atau dikorek sampai dalam. Ikuti tips di atas untuk mengatasi telinga gatal. Bila tidak mempan dan gejala semakin parah, konsultasi lebih cepat ke dokter di LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar