Sukses

Jangan Dikorek, Ini Cara Ampuh Atasi Telinga Gatal

Ketika telinga Anda gatal, jangan langsung dikorek. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak panduan lengkapnya di sini.

Telinga gatal merupakan keluhan yang sering didengar. Ketika hal ini terjadi, rasanya  ingin langsung menggaruk atau mengorek hingga rasa gatalnya hilang.

Belum lagi ketika keluhan ini terus muncul, aktivitas sehari-hari pun bisa sangat terganggu.

Penyebab telinga gatal cukup beragam. Bisa disebabkan oleh infeksi, alergi, telinga kering, penggunaan alat bantu dengar, atau penyakit tertentu seperti psoriasis dan dermatitis.

Meskipun bukan hal yang serius, mengatasi telinga yang gatal tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa cara mudah dan aman mengatasi telinga gatal yang bisa Anda lakukan sendiri.

1 dari 4 halaman

1. Oles Minyak Zaitun atau Baby Oil

Jika kulit kering menyebabkan telinga gatal, coba oleskan beberapa tetes minyak zaitun atau baby oil pada telinga.

Selain itu, minyak zaitun atau baby oil juga bisa membantu meredakan rasa gatal akibat alat bantu dengar.

Namun, pastikan minyak tidak mengenai alat bantu dengar. Sebaiknya dioleskan sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Gangguan Telinga yang Paling Sering Terjadi, Apa Saja?

2. Pakai Alat Bantu Dengar dengan Tepat

Bila Anda menggunakan alat bantu dengar, pasanglah dengan tepat. Karena, alat bantu dengar yang tidak pas dapat menyebabkan iritasi.

Lalu, ketahui juga apakah Anda mengalami alergi akibat alat bantu dengar. Periksa ke dokter untuk mengetahui ada atau tidaknya reaksi alergi dari alat tersebut.

3. Bersihkan Telinga dengan Benar

Jika kotoran telinga agak sulit dikeluarkan, coba teteskan baby oil atau obat tetes telinga untuk membantu mengeluarkan kotorannya.

Ketika cara ini tidak efektif, dokter bisa menyemprotkan larutan garam ke dalam telinga untuk membuang semua kotoran.

Anda juga dapat melakukan prosedur ini di rumah dengan peralatan irigasi telinga atau penyedot. Ketahui cara penggunaan dengan benar dan disarankan untuk konsultasi ke dokter agar lebih aman.

2 dari 4 halaman

4. Penggunaan Obat Topikal

Apabila kondisi kulit psoriasis yang menjadi telinga gatal, Anda perlu menggunakan obat topikal (oles) untuk mengatasinya.

Periksakan ke dokter ketika penggunaan obat tidak berhasil atau menimbulkan infeksi telinga lainnya.

5. Antihistamin

Telinga gatal akibat rhinitis alergi mungkin memerlukan antihistamin untuk mengatasinya.

Namun, jika disebabkan oleh alergi makanan, cara mengatasi telinga gatal yang dapat dilakukan adalah dengan melacak pola makan. Begitu pula gejala alergi yang dialami untuk mengetahui makanan apa yang jadi pemicu.

Artikel Lainnya: 9 Kondisi pada Telinga Ini Tunjukkan Kesehatan Anda

6. Hindari Menggunakan Alat Korek Telinga

Salah satu penyebab telinga gatal adalah akibat penumpukan serumen atau kotoran di dalam telinga.

Nah, penggunaan alat korek telinga bisa semakin mendorong kotoran telinga ke bagian dalam lagi dan menyebabkannya mengeras di sana.

Inilah yang membuat telinga tambah terasa gatal. Jadi, tidak disarankan untuk memaksa mengurangi rasa gatal dengan menggunakan alat korek telinga.

3 dari 4 halaman

7. Gunakan Obat Tetes Telinga

Cara mengobati telinga gatal pada bagian dalam juga bisa dengan menggunakan obat tetes telinga khusus.

Contohnya adalah hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Obat-obatan tetes telinga tersebut dapat melunakkan kotoran telinga sehingga akan lebih mudah dikeluarkan. Namun, penggunaan obat-obatan ini harus sesuai anjuran pada kemasan.

Jika tidak membaik, hentikan penggunaannya dan kunjungilah dokter untuk penanganan selanjutnya.

Artikel Lainnya: Ini Dampak Malas Membersihkan Telinga

8. Hentikan Penggunaan Produk Tertentu

Cara mengatasi telinga gatal secara alami juga tidak melulu menggunakan obat ataupun minyak tertentu.

Saat penyebabnya adalah karena alergi produk tertentu seperti sampo atau kosmetik, maka mengatasinya adalah dengan menghindari penggunaan produk tersebut.

Dari penjelasan di atas, Anda sekarang tahu berbagai cara mengatasi telinga gatal tanpa dikorek. Mulai dari penggunaan bahan alami sampai penggunaan obat khusus bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Namun, Anda juga perlu tahu dulu apa penyebabnya, agar lebih efektif dalam mengatasinya.

Untuk keluhan gatal disertai dengan rasa berdengung, nyeri telinga, rasa penuh di telinga, keluar cairan dari telinga, hingga penurunan pendengaran, sebaiknya segera hubungi dokter.

Seputar telinga dan masalah kesehatan lainnya bisa Anda tanyakan kepada dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

3 Komentar

  • AL **

    3/ ... Amarga aku saiki wis mari. Mungkin iki uga bisa mbantu wong liya sing duwe kuping sing gatel kronis. Godd luck kanggo kabeh.

  • AL **

    Akeh dokter / dokter ENT. Kabeh gagal! Aku pungkasane nggunakake, sawetara wulan kepungkur, perawatan tanduran (oplantamednaturo / saka apotek lokal). Aku wis mari kabeh. Mung butuh sawetara dina, sawise perawatan. Akeh dokter ngandhani yen aku ngalami eczema. Aku nganggep eksim salah diagnosis. Ama

  • AL **

    Halo, aku bali sawise sawetara wulan. Matur nuwun kanggo kabeh informasi sing migunani. Kasusku minangka kasus khusus. Kabeh tips apik sampeyan ora cocog kanggo aku (utawa mung sawetara dina / minggu). Cekakipun; Kupingku saya gatel pirang-pirang taun (luwih saka 20 taun!). Aku wis nyoba meh kabeh.