Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sering Kebas Kesemutan? Awas Kekurangan Vitamin Neurotropik!

Sering Kebas Kesemutan? Awas Kekurangan Vitamin Neurotropik!

Jika Anda sering kebas kesemutan, hal ini bisa menjadi pertanda adanya kondisi kesehatan tertentu. Salah satunya adalah kekurangan vitamin neurotropik.

Kesemutan pada tangan, kaki, atau keduanya merupakan salah satu keluhan yang banyak ditemukan di masyarakat.

Walaupun lebih sering dialami oleh lansia, gejala ini dapat terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak, dewasa, laki-laki ataupun perempuan. Hal ini dikarenakan penyebab dari kesemutan sangatlah bervariasi.

Memahami Apa Itu Kesemutan

Kesemutan dapat merupakan gejala ringan dan sementara. Misalnya, ketika Anda terlalu lama duduk bersila. Hal tersebut akan menyebabkan saraf-saraf yang ada di kaki tertekan, sehingga timbullah kesemutan.

Untuk mengatasinya cukup mudah, Anda hanya perlu mengubah posisi duduk sehingga tidak ada anggota tubuh yang tertekan lagi.

Namun, pada beberapa kondisi, gejala kesemutan ini bisa terasa berat, berulang, dan berlangsung lama. Pada kondisi tersebut, biasanya kesemutan disertai oleh gejala lainnya, seperti nyeri, kebas, hingga melemahnya otot.

Bahkan pada beberapa kasus, kesemutan bisa menjadi gejala dari kerusakan saraf yang biasa dikenal sebagai neuropatiperifer. Dikatakan perifer karena saraf yang mengalami kerusakan berada jauh dari system saraf pusat, otak, dan tulang belakang. Neuropati perifer paling sering menyerang saraf pada tangan atau kaki.

Jika tidak diperhatikan, kerusakan saraf tersebut dapat berkembang menjadi gangguan mobilitas, bahkan kecacatan.

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan kesemutan akibat neuropati perifer? Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari trauma berulang pada tempat yang sama, infeksi bakteri atau virus, beberapa penyakit sistemik seperti diabetes, hingga, yang mungkin masih jarang diketahui, kekurangan vitamin neurotropik.

1 dari 3 halaman

Kesemutan Akibat Kekurangan Vitamin Neurotropik

Vitamin neurotropik merupakan jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh saraf Anda. Terdiri atas vitamin B1 (tiamin), B6 (piridoksin), dan B12 (kobalamin), vitamin neurotropik bekerja menyehatkan saraf dengan berbagai mekanisme.

Vitamin B1 bekerja dengan membantu menyediakan energy bagi sistem saraf Anda. Sementara vitamin B6 penting untuk perkembangan otak, menjaga kesehatan system saraf sekaligus system imun. Lalu vitamin B12 dibutuhkan untuk produksi myelin, di mana selubung myelin berfungsi untuk melindungi serat saraf Anda.

Apabila Anda mengalami kekurangan vitamin tersebut, maka tentunya akan berdampak pada kesehatan saraf. Salah satu gejala awal dari kerusakan saraf atau neuropati perifer adalah munculnya rasa kesemutan pada tangan atau kaki. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan vitamin neurotropik per harinya.

Anda dapat memperoleh berbagai vitamin neurotropik dari asupan sehari-hari. Ikan, daging, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan adalah jenis makanan yang kaya akan vitamin B dan turunannya. Dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan tersebut, maka kebutuhan vitamin B Anda pun akan terpenuhi.

Namun terkadang, akibat pola makan yang kurang baik atau menderita penyakit yang dapat merusak saraf (misalnya diabetes), seseorang bisa mengalami gangguan pada saraf perifer dan akhirnya mendapatkan gejala kesemutan hingga kebas-kebas.

Jika berlangsung lama dan tak tertangani dengan baik, kondisi tersebut bisa merusak saraf perifer.

2 dari 3 halaman

Bebas Kesemutan dengan Vitamin Neurotropik Pilihan

Bila Anda termasuk orang yang rawan mengalami kerusakan saraf perifer, baik karena kurangnya asupan maupun memiliki penyakit tertentu, maka Anda dapat membantu menjaga kesehatan saraf dengan mengonsumsi berbagai vitamin neurotropik.

Salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah Hemaviton Neuro Forte.

Hemaviton Neuro Forte merupakan salah satu jenis vitamin neurotropik yang mengandung vitamin B1 100 mg, vitamin B6 100 mg, dan vitamin B12 5.000 mcg. Dengan dosis tersebut, vitamin ini dapat bekerja optimal dalam memelihara kesehatan system saraf Anda.

Kata “forte” diartikan sebagai “kuat”, menandakan bahwa vitamin B12 yang terkandung lebih tinggi (5.000 mcg) sehingga dapat membantu mencegah atau mengatasi kerusakan saraf.

Konsumsilah satu tablet per hari (atau sesuai dengan anjuran dokter) untuk mendapatkan hasil maksimal dari Hemaviton Neuro Forte ini. Semoga bermanfaat!

[RS]

1 Komentar

  • aplikasi klik dokter ini sangat baik sangat membantu terutama bagi para lansia dan juga bagi terutama yang jauh dari kota / terpencil kita dapat dengan mudah kunsultasi dengan dokter, namun ada juga kekurangannya ,yg tidak mempunyai hp android ,bagi lansia yg kurang memahami aplikasi .