HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBenarkah Diet Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat?
Diet dan Nutrisi

Benarkah Diet Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat?

dr. Arina Heidyana, 27 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain jadi camilan sehat, nanas juga dipercaya ampuh dalam menurunkan berat badan. Bagaimana cara diet dengan konsumsi nanas?

Benarkah Diet Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat?

Kalau kamu mencari makanan penurun berat badan yang sehat namun lezat, jangan lupakan nanas untuk diet! Ya, manfaat buah nanas sangat banyak, lho, salah satunya dipercaya baik untuk menurunkan berat badan (BB). 

Untuk mengetahui lebih lanjut khasiat nanas yang bisa menurunkan berat badan, simak artikel berikut beserta aturan makannya.

Manfaat Nanas untuk Diet

Makan Nanas Madu Bisa Bikin Sakit Ginjal, Benarkah? (Kaiskynet-Studio/Shutterstock)

Berikut beberapa manfaat buah nanas yang membantu turunkan berat badan:

1. Rendah Kalori

Nanas kaya kandungan vitamin, mineral, serat, dan fitonutrien. Selain itu, kalori nanas juga tergolong rendah. Satu cangkir nanas mengandung 82 kalori.

Kalori nanas yang sedikit itu tentunya tidak akan memberatkan diet kamu. Pasalnya, diet untuk menurunkan berat badan sangat memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh setiap harinya.

Selain itu, kandungan mikronutrien seperti tembaga, tiamin, dan vitamin B6 di dalam nanas juga penting untuk metabolisme tubuh. Diet kamu pun menjadi lebih baik.

Artikel lainnya: Manfaat Mengagumkan Buah Nanas untuk Kecantikan Kulit

2. Membakar Lemak Lebih Cepat

Buah nanas mengandung bromelain. Bromelain adalah enzim proteolitik yang membantu mengurangi peradangan dan memecah molekul protein di dalam tubuh.

Peradangan di dalam tubuh dipercaya bisa meningkatkan berat badan dan membuat hormon pengendali berat badan (leptin) menjadi kurang aktif. 

Lalu, efek lipolitik dan proteolitik dari nanas untuk diet juga dapat membantu membakar lemak tubuh secara keseluruhan. 

Penelitian pada tikus menjelaskan, nanas bisa menurunkan berat badan dan menekan obesitas dengan cara menurunkan jumlah sel lemak pada tikus yang obesitas.

3. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan bromelain dari nanas bersifat proteolitik, sehingga memecah molekul protein di tubuh. Setelah molekul protein dipecah, usus kecil dapat lebih mudah menyerap nutrisi.

Jika metabolisme tubuh dan penyerapan nutrisi berlangsung dengan baik, maka diet untuk menurunkan berat badan akan berjalan dengan sukses.

4. Menghidrasi Tubuh

Selain bisa membantu menurunkan berat badan, manfaat nanas untuk diet juga sebagai makanan yang dapat menghidrasi tubuh.

Kecukupan jumlah cairan per hari juga harus diperhatikan untuk menunjang diet yang sehat. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, maka kamu tidak akan mudah merasa lapar.

Artikel lainnya: Menilik Manfaat Nanas Madu bagi Kesehatan Anda

5. Tinggi Serat

Nanas memiliki kandungan serat yang larut di dalam air. Jika mengonsumsi nanas secara rutin dan dengan porsi tepat, kandungan seratnya bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Alhasil, kalori yang masuk ke tubuh bisa dibatasi atau tidak terlalu banyak.

6. Menekan Nafsu Makan

Manfaat nanas untuk diet juga dapat menekan nafsu makan. Kandungan serat dan air dari nanas berperan penting dalam hal ini.

Keduanya dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang, sehingga tidak akan makan terlalu banyak saat menurunkan berat badan.

7. Membantu Kamu Tetap Aktif dan Energik

Nanas juga memiliki kandungan vitamin B1 yang penting untuk diet. Vitamin B1 adalah senyawa enzimatik yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi.

Saat kamu bergerak aktif karena punya banyak energi, racun di dalam tubuh menjadi semakin sedikit dan metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik. Pada akhirnya, berat badan bisa turun dengan cepat!

Artikel lainnya: Bahaya Makan Nanas yang Mesti Diwaspadai Siapa Saja

Adakah Risiko Menurunkan Berat Badan dengan Nanas?

Bahaya Makan Nanas yang Mesti Diwaspadai Siapa Saja


Diet

Konsultasi Dokter Terkait