Sukses

Sederet Manfaat Pepaya Muda untuk Kesehatan Tubuh Anda

Hobi mengonsumsi pepaya muda sebagai lalapan atau campuran sayur? Jika ya, beruntunglah. Ini ragam manfaat pepaya muda untuk kesehatan tubuh Anda.

Berkulit hijau, berbentuk lonjong, dan punya biji kecil dengan jumlah yang sangat banyak. Ya, apalagi kalau bukan pepaya. 

Buah khas negara tropis ini memiliki rasa manis dan aroma yang khas, sehingga sering dijadikan konsumsi sehari-hari. Tidak hanya yang sudah matang, tapi juga ketika masih dalam keadaan mentah (muda).

Pepaya mentah atau yang masih muda sering dijadikan sebagai lalapan oleh orang Indonesia. Dengan tekstur yang sedikit garing dan rasa yang agak hambar, pepaya mentah sangat cocok untuk menjadi teman cocolan sambal dan dikonsumsi bersama nasi hangat.

Di balik itu, pepaya muda ternyata juga punya banyak kesehatan, lho! Manfaat pepaya muda ini bisa Anda rasakan, khususnya dengan mengonsumsinya dengan cara dan porsi yang tepat.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Pepaya yang Telah Teruji bagi Kesehatan

1 dari 3 halaman

Manfaat Pepaya Muda untuk Kesehatan Tubuh

Berdasarkan dr. Devia Irine Putri, pepaya muda memiliki enzim chymopapain dan papain, serat, antioksidan, serta vitamin.

Berkat adanya senyawa-senyawa tersebut, berikut ini adalah beberapa manfaat pepaya muda untuk kesehatan tubuh Anda:

  1. Melancarkan Saluran Pencernaan

“Enzim dan serat yang ada di pepaya dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan,” kata dr. Devia.

Konsumsi pepaya muda juga dihubungkan dengan buang air besar yang lebih lancar. Ini membuat Anda terhindar dari masalah konstipasi atau sembelit.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebuah penelitian pada tikus yang diterbitkan dalam jurnal National Library of Medicine menyebut, obat yang mengandung papain dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Temuan tersebut didukung oleh tinjauan sistematis yang dikeluarkan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. Papain diduga dapat membantu mengobati berbagai jenis luka luar.

  1. Menangkal Radikal Bebas

“Antioksidan yang ada di dalam pepaya muda dapat bantu menangkal dampak buruk radikal bebas pada tubuh,” ujar dr. Devia.

Seperti diketahui, radikal bebas adalah senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada tubuh bagian luar maupun dalam. 

Dampak buruk senyawa berbahaya tersebut bisa diturunkan, salah satunya dengan mengonsumsi pepaya muda secara rutin dan teratur.

Artikel Lainnya: Dikenal Pahit, Bunga Pepaya Punya Manfaat Manis untuk Kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

“Pepaya muda dapat bantu menjaga kesehatan kulit, terutama mengurangi flek hitam,” tutur dr. Devia.

Pepaya muda disinyalir mampu mengoptimalkan fungsi tubuh untuk membuang zat racun. Hal ini pun turut berkontribusi untuk mewujudkan kulit yang sehat, dan bebas flek hitam.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Antioksidan yang ada pada pepaya muda tidak hanya bisa membantu menjaga kesehatan kulit, tapi juga membuat tubuh memiliki daya tahan yang lebih optimal.

Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, manfaat pepaya mentah yang akan Anda rasakan adalah terhindar dari berbagai penyakit infeksi.

  1. Meredakan Nyeri Otot

Sebuah penelitian terbit dalam National Library of Medicine berpendapat, suplemen protease yang mengandung papain dan enzim lainnya dapat membantu meredakan nyeri otot pada partisipan studi yang diminta untuk menuruni bukit selama 30 menit.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, manfaat pepaya muda dalam meredakan nyeri otot masih bersifat terbatas. Dengan kata lain, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan manfaat tersebut.

Artikel Lainnya: Inilah Segudang Manfaat Konsumsi Daun Pepaya bagi Kesehatan Anda

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Pepaya Muda

Manfaat pepaya muda untuk kesehatan memang sangat banyak. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sembarangan ataupun secara berlebihan. Menurut dr. Devia, pepaya muda juga bisa menyebabkan alergi.

“Bisa alergi, mengingat ada kandungan lateks pada pepaya muda,” jelas dr. Devia.

“Pepaya muda juga bisa menyebabkan masalah GI (Glycemic Index), karena terlalu banyak konsumsi serat,” sambungnya.

Tidak berhenti di situ, konsumsi pepaya muda atau yang masih mentah juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Baca selengkapnya di artikel berikut ini: (Wajib Tahu, Ini Bahaya Pepaya Mentah untuk Ibu Hamil).

Anda yang sedang rutin mengonsumsi obat pengencer darah pun harus berhati-hati terhadap pepaya muda, karena diduga dapat menurunkan efektivitas obat.

“Sebaiknya konsultasikan dengan dokter apabila ingin mengonsumsi pepaya muda di saat harus rutin minum obat pengencer darah,” pungkas dr. Devia.

Manfaat pepaya muda untuk kesehatan sangatlah beragam. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dan memerhatikan segala hal yang telah disampaikan di atas, agar tidak malah mengalami efek samping yang merugikan.

Apabila Anda ingin lebih aman dan bisa sepenuhnya merasakan manfaat pepaya muda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar